-->

Seragam Batik SMAPA Tahun 2019

Bunga peony menjadi motif batik seragam siswa SMA Negeri 1 Pamotan mulai tahun 2019


www.sman1pamotan.sch.id - Bunga peony menjadi motif batik seragam siswa SMA Negeri 1 Pamotan mulai tahun 2019 ini. Motif bunga peony ini dikenal sarat dengan urusan cinta, kemakmuran, kebahagiaan, dan juga nasib yang lebih baik. Sehingga setiap orang yang mengenakan batik motif peony, termotivasi memiliki rasa cinta kasih, sejahtera, bahagia, dan masa depannya baik.

Miftakhul Anwar, Guru Seni dan Budaya SMA Negeri 1 Pamotan adalah pembuat motif peony untuk seragam siswa. Pada awalnya, bunga peony di gambar di atas kertas, lalu dibuat dalam canting cap. Setelah itu, canting cap siap digunakan untuk membuat lembaran kain batik.

Kain batik segaram bermotif bunga peony ini dikerjakan melalui lima tahap. Pertama, mencanting kain dengan motif bunga peony. Kedua, mencolet kelopak bunga peony dengan warna kuning. Ketiga, menutupi kelopak bunga dengan lilin. Keempat, mewarnai lembaran kain dengan warna hijau. Kelima, melorot keseluruhan lilin di kain batik. Melalui lima tahapan inilah, kain batik bermotif bunga peony siap dijahit menjadi seragam.

Pengukuran baju siswa segera dilakukan. Hasil pengukuran baju itu kemudian dibawa ke penjahit untuk mendapatkan seragam yang ideal. 

Seragam batik siswa bermotif bunga peony ini sudah jadi. Semua siswa kelas X MIPA dan IPS akan segera mengenakannya.

Penulis: Humas SMA Negeri 1 Pamotan
Penyelaras: Admin
Editor: Admin