-->

Fathkur Rozi, Alex Suhartono, Hedi Wibowo: Kepala Sekolah Tiga Serangkai



 TIGA KEPSEK ADU GAGASAN INOVASI PENDIDIKAN

404 x ditonton•1 Okt 2020


59


0


BAGIKAN


SIMPAN



SMA N 1 Pamotan

642 subscriber


www.sman1pamotanrembang.sch.id - The SMA N 1 Pamotan Vision and Mision is "Discipline of Achieving Achievements, Civilized Building Dignity"


There are three advantages if you study at the SMA N 1 Pamotan: First, you will be able to speak English actively. Second, you will be able to master the computer skills. Third, for moslem, you will be able to recite the holy Quran.



Alamat:


 JL. Lasem Km. 01, Kec. Rembang, Indonesia +62 295 531843, Mudal, Pamotan, Pamotan, Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah 59261

Telepon: (0295) 531843


Website


Blog: www.jurnalistiksmapa.blogspot.com

Web: www.sman1pamotna.sch.id


Social Media

Fb: jurnalistik.smapamotan

Twt: OfficialSmapa

Youtube: sman1pamotan

Googlemap: https://goo.gl/maps/expPMHyLPxF9mebu7

Ig: smapa.gallery


Link Youtube: https://www.youtube.com/c/sman1pamotan

Musik dalam video ini

Pelajari lebih lanjut

Dengarkan musik bebas iklan dengan YouTube Premium

Lagu

Our Future-15716

Artis

Peder B. Helland

Album

Bright Future

Dilisensikan ke YouTube oleh

AdRev for Rights Holder, dan 1 Komunitas Hak Musik

Lagu

Rose Petals-15716

Artis

Peder B. Helland

Album

Bright Future

Dilisensikan ke YouTube oleh

AdRev for Rights Holder, dan 2 Komunitas Hak Musik

Lagu

Relaxing Piano Music ★128-15716

Artis

Peder B. Helland

Dilisensikan ke YouTube oleh

AdRev for Rights Holder, dan 3 Komunitas Hak Musik

33 Komentar

MGMP Sosiologi Jateng

Tulis komentar publik...

Muhammad 'Arifuddin

Muhammad 'Arifuddin

6 hari lalu (diedit)

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh


Nama: Muhammad 'Arifuddin

Kelas: XI MIPA 2 


Saya setuju apa yang disampaikan bapak Fathkur Rozi tentang metode pembelajaran yang bisa ditingkatkan oleh bapak ibu guru dalam penyampaian informasi yang lebih menarik agar siswa siswi yang diajar bisa memahami apa yang disampaikan oleh bapak ibu guru yang mengajar. Salah satu metode penyampaiannya adalah audio/video visual dengan metode tersebut kita seolah-olah sedang diajar secara langsung oleh bapak ibu guru. Terima kasih pak Fathkur Rozi telah memberikan trik-trik dan alternatif pjj di masa pandemi seperti saat ini.

Saya kurang setuju dengan pendapat bapak Alex Suhartono tentang metode pembelajaran kooperatif berkelompok karena dengan berkelompok siswa yang pasif akan bergantung pada siswa yang aktif sehingga dengan metode tersebut kurang efektif.

Saya setuju dengan pendapat bapak Hedi Wibowo dengan strategi-strategi tersebut.

Sekian dari saya.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


1



FAKHRINA SHEVANNY

FAKHRINA SHEVANNY

6 hari lalu

Assalamuaikum Wr Wb


Nama : Fakhrina Shevanny 

kelas : X MIPA 3



Saya sangat setuju dengan pendapat Dan Saran Dari Bapak Fathur Rozi , S.Pd M.Kom sebagai kepala sekolah SMA N 1 Pamotan . Karena menurut saya banyak guru yang hanya memberi materi serta tugas via classroom berbentuk teks saja . Guru memang dituntut lebih kreatif Dalam masa sekarang contohnya  dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Yang menyajikan materi berupa podcast yaitu Bu Noviani Afiqoh Sebagai Guru Sejarah Indonesia kelas X . Ada juga Beberapa guru yang memberi materi via video YouTube,tapi saya tidak bisa menjamin Semua mau membuka YouTube untuk sekedar melihat video berdurasi lebih Dari 5 menit tsb. Alasan saya memberi apresiasi  kepada Bu Novi  adalah Karena beliau memberi modul baru Yang berbeda Dari guru guru lainnya sehingga saya lebih faham untuk mempelajari sejarah Indonesia,jadi jika ada podcast pembelajaran lebih gampang untuk didengar dan di jangkau. Saya juga berterimakasih kepada bapak fathur rozi atas rekomendasi aplikasi pembelajaran nya. Saya kurang setuju atas pendapat Bapak  Drs. Alex Suhartono, M.Pd untuk Bab pembelajaran koopratif  berkelompok terkadang siswa malah senang berkelompok karena dia punya Teman untuk bergantung jadi kurang efektif untuk memiliki sifat jujur. Saya suka dengan inovasi strategi Dari Sma N 1 Sumber  yang disampaikan oleh Bapak Hedi Wibowo ,M.Pd selaku Kepala Sekolah Sma N 1 Sumber . Sekian Dari saya wassalamualaikum wr wb


1



Septina Praditia Malik

Septina Praditia Malik

5 hari lalu (diedit)

Nama : Septina Praditia Malik

Kelas : XI Mipa 1

No.Abs : 29



    Woww🤩👏👏,, podcast kali ini sungguh luar biasa karena 3 kepala SMA saling mengemukakan ide,strategi, dan Inovasi pembelajaran masa pandemi. Tentu ini akan sangat menarik . Oke, saya ingin menyampaikan argumen dan menanggapi ide,strategi,serta inovasi yang telah disampaikan dari ke 3 narasumber.

    Pertama, Untuk Bpk Fathkur Rozi,S.Pd M.Kom (Kepala SMA N 1 Pamotan), saya sangat setuju dengan apa yang beliau sampaikan bahwa dalam pjj ini guru harus lebih kreatif dalam menciptakan suasana belajar yang lebih bervariatif dan menyenangkan agar siswa juga tidak mudah bosan dengan metode pembelajaran yang hanya memberikan materi dalam bentuk teks. Kemudian kalau untuk pelajaran yang mengandung unsur hitung menghitung seperti matematika,fisika,kimia, dll mungkin bisa menggunakan video yang memaparkan rumus dan contoh penyelesaian soal atau mungkin pembahasan soal yang telah diberikan sebelumnya sebagai pendukung. Tentu ini akan sangat membantu siswa, dan saya kira kalau pelajaran² tsb hanya disampaikan melalui teks saja,maka beberapa siswa pun akan merasa kesulitan, " Kok bisa dapet ini? Hasilnya kok bisa begini?" Dll, karena tingkat pemahaman siswa itu berbeda². Lalu untuk pemberian tugas mungkin bpk/ibu guru bisa mengira² dan menyesuaikan durasi pengumpulan dengan jumlah tugas. Karena menurut pengalaman pribadi saya, terkadang dalam 1 hari itu,tugas tidak hanya dari satu mapel saja.

1 hari itu bisa 2,3,atau bahkan full tugas dari semua mapel dan waktu pengumpulannya pun hampir bersamaan.Tidak hanya itu, ada juga beberapa tugas yang tidak sesuai dengan materi,dalam arti materi belum sampai ke tema tugas yang diberikan .Kalau untuk ini,saya memaklumi ya, karena mungkin ini juga termasuk strategi agar siswa lebih aktif dan kreatif dalam mencari materi pembelajaran dari sumber lain,sehingga siswa tidak hanya bergantung pada materi yang diberikan guru. Namu perlu diketahui bahwa adakalanya, materi untuk menyelesaikan tugas tsb tidak ada dibuku referensi atau internet.Nah, hal semacam ini dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi siswa.Padahal apabila siswa merasa enjoy, senang, dan nyaman dalam belajar dan mengikuti pembelajaran pjj ini, saya rasa peluang tercapainya tujuan pembelajaran pun akan semakin lebar.

    Yang kedua, untuk Bpk Drs.Alex Suhartono,M.Pd ( Kepala SMA N 1 Sale ). Metode pembelajaran yang kooperatif seperti dengan berkelompok dan berkolaborasi. Sebenarnya ini tergantung dari pribadi dan sudut pandang/pola pikir masing² ya. Kalau kita lihat dari sisi positifnya, memang benar apa yang disampaikan oleh beliau bahwa metode belajar dengan berkelompok ini dapat memotivasi siswa untuk menyamai/ bahkan mengungguli temannya ( ke arah yang lebih baik lagi). Selain itu,siswa dapat berdiskusi,bertukar pikiran, dan saling membantu dalam memahami pelajaran. Siswa juga tidak merasa sendiri/ kesepian saat belajar. Namun jika dilihat dari sisi lain, metode pembelajaran seperti ini mungkin hanya akan mengembangkan siswa yang aktif dan kreatif saja, karena siswa yang pasif / memiliki semangat belajar yang rendah akan lebih cenderung memilih untuk menyandarkan dirinya pada siswa yang lain. 

    Yang ketiga,untuk Bpk Hedi Wibowo,M.Pd ( Kepala SMA N 1 Sumber), saya setuju dengan ide beliau terkait pemetaan kondisi dan situasi.Ide ini tentu sangat bermanfaat untuk mengetahui siswa mana yang belum memiliki fasilitas untuk pjj atau mungkin sudah memiliki tapi belum memadai.Karena dalam pjj ini tentu dibutuhkan Hp (android)/laptop/komputer,kuota,jaringan yang bagus,dll. Itu semua pasti membutuhkan biaya yang tentu tidak murah. Sedangkan tingkat perekonomian siswa itu berbeda² apalagi setelah ada pandemi covid-19 ini.Jika sudah diketahui siswa mana yang memiliki masalah dalam proses pjj,diharapkan nanti semua pihak bisa memberikan solusi atas masalah tersebut, seperti pemberian kuota belajar bagi siswa yang sudah mulai terlaksana.

    Sekian dari saya,mohon maaf apabila ada salah kata dalam penyampaian 🙏. Semoga Podcast kali ini,dapat menginspirasi dan membuka pikiran kita untuk lebih semangat belajar meskipun ditengah pandemi seperti ini,karena belajar tak kenal tempat dan waktu🤗.Dimanapun dan kapanpun kita dapat belajar 😁😁


    " Orang -orang yang BERHENTI BELAJAR akan menjadi pemilik MASALALU dan Orang - orang yang masih TERUS BELAJAR akan menjadi pemilik MASA DEPAN "

                    ~Mario Teguh~




Redmi 4a

Redmi 4a

6 hari lalu

X IPS 2,kami ingin belajar tatap muka langsung,kami rindu dengan teman-teman dan Bu/pak guru


1



Ainiyatur Rohmah

Ainiyatur Rohmah

6 hari lalu

X ips2 ,, melihat&mendengarkan beliau😁




Nur Kholivah

Nur Kholivah

6 hari lalu

XI ips 3 hadir pak😂




Sunarsih

Sunarsih

6 hari lalu

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Nama :sunarsih

Kelas :XI ips 5



Saya setuju atas saran dan pendapat dari pak Rozi, untuk memberikan materi dengan yang lebih menarik dengan audio atau video, bukan hanya sekedar teks aja. Dan tidak memberikan tugas yang terlalu rumit atau sulit,karena materi yang diberikan belum sepenuhnya kami fahami, sebagian besar banyak guru yang hanya memberikan materi atau tugas hanya dari Google Classroom dan whatsapp saja, lebih baik dari audio atau video karena lebih menarik, seperti bu Novi yang memberikan materi lewat Pocdact  yang lebih mudah kami fahami, walaupun tidak lewat tatap muka, tetapi dengan Pocdact lebih bisa kami fahami daripada disuruh baca baca buku sendiri tidak di terangkan malah di kasih tugas terus menerus,,,,,

Terimakasih 

W assalamu'alaikum Wr. Wb




Icha Amelia

Icha Amelia

6 hari lalu

Assalamualaikum wr.wb

Nama = Icha Amelia

Kelas = X MIPA 3


Menurut saya pembelajaran jarak jauh sangat sulit di lakukan bagi anak-anak karena pada saat kita di beri materi atau di beri soal, itu saja kadang kadang ada yang belum di jelaskan, sedangkan kita harus mengerjakannya dengan batas waktu yang di tentukan, kita harus memahami materi sendiri dengan cepat, maka dari itu saya sangat berharap bapak ibu guru supaya menjelaskan kalau bisa dengan rinci sekali supaya kita sebagai murid bisa mencerna materi itu dengan mudah.

Terimakasih

Wassalamu'alaikum wr.wb🙏🏻




Laila BM 22

Laila BM 22

6 hari lalu

Paling relevan dipilih, sehingga beberapa komentar mungkin sudah di filter




Pesek Saja

Pesek Saja

6 hari lalu

Xl IPS 1,,,,rindu suasana kelas saat belajar




Puspito Rizky

Puspito Rizky

6 hari lalu

Setuju banget sama apa yang disampaikan pak fathur razi yang mana membahas tentang mode pembelajaran yang bisa di tingkat kan oleh bapak ibu guru karena dengan penyampaian informasi yang lebih menarik dan menyampaikan materi secara audio/ video visual karna hal tsb akan lebih memudahkan kita serta mmbuat kita bisa seolah bisa mersakn secara langsung diajar oleh bapak ibu guru sehingga pembelajaran tidak terasa jenuh dan membosankan .jadi belajar bisa tambah efektif sehingga dapat mencapai goals nya.

Apalagi aplikasi b inggris yg direferensikan pak fathur razi😍😍 terimakasih pak udah diberi tahu app nya pak .karna saya suka b inggris .jadi saya bisa coba download pak


1



rumahpanda

rumahpanda

6 hari lalu

Makasih mbak Puspito




Avina NurFtriya

Avina NurFtriya

6 hari lalu

XI Mipa 2 hehehe😂😂




Siti nur ma' rifah 34

Siti nur ma' rifah 34

6 hari lalu (diedit)

Saya hanya komen karna ingin mendapat pulsa kan mayan😂 (XI mipa2)


1



Siti Nur Aisyah 33

Siti Nur Aisyah 33

6 hari lalu

Disini tempat komen, bukan lalu lintas:v




Siti nur ma' rifah 34

Siti nur ma' rifah 34

6 hari lalu

@Siti Nur Aisyah 33 disini tempat orang" berpengetahuan bukan orang" ber kegabutan:v




Jose Ramadhika

Jose Ramadhika

6 hari lalu

X MIPA 2, hadir




Wahyu Risma

Wahyu Risma

6 hari lalu

blended learning:)🙄

(Xlmipa2)




Daimul Huda

Daimul Huda

6 hari lalu

IPS 2 hadir pak




Siti Nur Aisyah 33

Siti Nur Aisyah 33

6 hari lalu (diedit)

XI mipa 2, kami rindu belajar tatap muka langsung




M. Syukur Ali Ma'ruf

M. Syukur Ali Ma'ruf

6 hari lalu

Alhamdulillah




Ahmad Dewa Yudha

Ahmad Dewa Yudha

6 hari lalu

X Mipa 2 hadir 😭😭😭😭😭😂




Puspito Rizky

Puspito Rizky

6 hari lalu

Puspito Rizky 11 mipa 1 hadir pak




Avina NurFtriya

Avina NurFtriya

6 hari lalu

Hadir pak




D fye_

D fye_

1 hari lalu

Xl MIPA 2




Setiana Putri Kumala

Setiana Putri Kumala

6 hari lalu

Hadir pak Xll ips 3


1



Setiana Putri Kumala

Setiana Putri Kumala

6 hari lalu

Setiana Putri Kumala


1



NUR HASANUDIN

NUR HASANUDIN

6 hari lalu

Hadir




DIKI HERMAWAN

DIKI HERMAWAN

6 hari lalu

Wah bagus banget 

Gila sih👍👍👍


1



Azzula Safir Suwarno

Azzula Safir Suwarno

6 hari lalu

👏👏👏




Azzula Safir Suwarno

Azzula Safir Suwarno

6 hari lalu

Kelas 12 MIPA 1




FAKHRINA SHEVANNY

FAKHRINA SHEVANNY

6 hari lalu

X MIPA 3 mana woy


1



Suci Ainurrohimah

Suci Ainurrohimah

6 hari lalu

Hadirr😂