-->

Pemberdayaan Komunitas Wisata Edukasi Pagar Pelangi

Hallo teman-teman kembali lagi nih di blog saya. Disini saya akan menceritakan tentang learning tour di pagar pelangi.

Pada hari Selasa,26 Oktober 2021 saya dan teman-teman beserta bapak ibu guru mengadakan pembelajaran di pagar pelangi,ndadapan,sedan. Awalnya kita berangkat pukul 08.00  WIB ,namun dikarenakan ada Bapak Bupati yang berkunjung di SMA N 1 PAMOTAN pemberangkatan diundur sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah Bapak Bupati selesai berkunjung, saya dan teman-teman beserta bapak ibu guru langsung berangkat kesana. Para siswa berangkat menggunakan sepeda motor masing-masing, sedangkan bapak ibu guru beserta tim studio smapa berangkat menggunakan mobil. Setelah sampai disana kita langsung parkir terlebih dahulu kemudian masuk ke area pagar pelangi. 

 Pagar pelangi merupakan wisata yang bisa dikatakan ada unsur pondoknya karena wisata tersebut dibuat dan dilestarikan oleh anak-anak pondok yaitu pondok RN ASA dan ketua pondoknya yang bernama Bapak Abadi.

Tiket masuk ke pagar pelangi sangat murah yaitu hanya Rp.2000 . Disana saya dan teman-teman langsung mengamati wisata tersebut. Disana juga sudah tersedia jajanan yang dijual oleh anak-anak pondok itu sendiri. Ada yang berfoto-foto ria, membeli jajanan, dan sambil menikmati keindahan dipagar pelangi. Disana juga ada toilet, kolam renang, gazebo, cafe dan masih banyak lagi.

Ternyata pagar pelangi adalah hasil kerja sama pembuatan dari anak-anak pondok RN ASA dengan bantuan Bapak Abadi yaitu owner wisata pagar pelangi sekaligus ketua pondok RN ASA. Disana kita mendengarkan Bapak Abadi bercerita tentang  filosofi wisata pagar pelangi tersebut, dari tahun berapa pagar pelangi dibuat, keluh kesah membangunnya, dan masih banyak lagi. 

Seperti yang dikatakan Bapak Abadi, pagar bukan diartikan sebagai pembatas, melainkan pagar diartikan sesuatu yang melindungi dari sesuatu yang berbahaya atau tidak enak didengar. Sedangkan pelangi diartikan kombinasi dari berbagai warna yang menjadi satu kesatuan rasa bahagia dan menjadi harmonisasi yang indah di dalam pondok pesantren RN. ASA. Disana juga terdapat anak-anak yang berkebutuhan khusus, anak terlantar dan masih banyak lagi, dan Bapak Abadi tersebut membantu mereka agar mereka bisa sembuh dan bisa seperti teman-teman sebayanya.

Lokasi wisata pagar pelangi yaitu berada di desa ndadapan, kecamatan sedan, kabupaten Rembang. Pagar pelangi adalah tempat yang cocok untuk berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara, karena disana sudah tersedia beraneka macam makanan ,minuman, jajanan tradisional dan masih banyak lagi. Serta disajikan nya sport foto indah yang dimana orang-orang pasti menyukainya.

Disana saya dan teman-teman banyak sekali mendapat pelajaran tentang filosofi wisata pagar pelangi. Setelah selesai, pada pukul 13.00 WIB saya dan teman-teman beserta Bapak Ibu Guru langsung pulang ke rumah masing-masing.

Dan itulah cerita saya saat beredukasi di pagar pelangi bersama teman-teman 🥰💗 Terimakasih yang sudah mau membaca blog saya, apabila ada kesalahan dan kekurangan saya mohon maaf🙏

Penulis Nida Kamilatunuha siswa Xll IPS 4, emailnidakamila121003@gmail.com, SMA N 1 Pamotan.