-->

Pesan dan Kesan Peserta Studi Gerabah Balongan - Edisi Learning Tour

www.smapamotan.com - Studi Gerabah Balongan, berikut ini merupakan testimoni peserta studi Gerabah Balongan, tepatnya oleh para siswa SMA Negeri 1 Pamotan kepada para perajin Gerabah Balongan. Sumber pesan dan kesan ini dikumpulkan dari kiriman wa peserta yang dikirim ke Guru Pendamping.  

baca juga artikel Testinomi Peserta Studi Gerabah Balongan - Edisi Learning Tour

Riska Nova Anisa, siswa SMA N 1 Pamotan kelasXI IPS 5. Saya sangat senang bisa mengikuti pembelajaran diluar lingkungan sekolah,terutama didesa Balungmulyo. Disini,saya mendapatkan banyak sekali ilmu tentang pembuatan gerabah dan pengalaman dari orang-orang pengrajin gerabah. Dari sini juga bisa menambah wawasan dan pengetahuan terhadap kerajinan bahan lunak.

Anik Hidayati, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS4. Ingin menyampaikan pesan dan kesan dalam learning tour di Balongmulyo. "Kesannya saya sangat senang dengan adanya kegiatan learning tour kali ini karena saya dapat mengetahui bagaimana proses dan cara pembuatan gerabah dan dapat bercakap-cakap dengan masyarakat di Balongan. Dan juga dapat mendapatkan ilmu dari pengrajin gerabah tersebut. Dan untuk pesanya semoga kegiatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua, dengan adanya ilmu tentang gerabah kita dapat memanfaatkan dan menggunakan ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya."


Muhammad Syifaul Huda
.siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas X1 IPS 4, Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping karena telah mendampingi kami dalam learning tour ini,inipengalaman pertama saya dan teman-teman saya.KESAN:Saya sangat senang sekali bisa melihat proses pembuatan gerabah secara langsung .PESAN: Semoga para penerus bangsa melanjutkan pembuatan gerabah.

Tsania Sabila Risqi, siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas Xl IPS 2, Alhamdulillah acara learning tour berjalan dengan lancar.Dari kegiatan learning tour ini dan meneliti kerajinan gerabah saya dapat mengetahui bagaimana cara membuat kerajinan gerabah dan dapat dibuat berbagai bentuk macam jenis.Saya senang bisa berjalan-jalan di pantai Balongan menikmati keindahan pantai bersama teman-teman.Terimakasih.


Yunia Fatkhatin
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2, Saya mengucapkan terimakasih kepada para bapak/ibu pembimbing,yang telah bekerja sama dalam kegiatan pelatihan ini. Saya pribadi bangga mengikuti  acara Learning tour yang luar biasa ini, Meskipun dalam keadaan pandemi seperti ini tetapi antusias peserta dari berbagai daerah sangat bersemangat. Banyak sekali hal baru yang saya dapatkan saat menjadi salah satu anggota yang mengikuti learning tour ini. Saya pribadi berharap semoga pelatihan ini banyak memberikan manfaat dan bisa diaplikasikan dalam intansi masing-masing. Semogak acara ini terus diakan setiap tahunnya agar bisa lebih dikenal di masyarakat. Semangat!

Ahmad Jalaludin, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2. Perasaan Kita setelah learning tour bahagia ,Karena pengetahuan kita menjadi lebih luas dan dapat mengenal lebih banyak kebudayaan atau peninggalan bersejarah. 

Reza Islam Deanova, siswa SMA Negeri 1 Pamotan kelas Xl IPS 2, Alhamdulillah acara learning tour berjalan dengan lancar.Dari kegiatan learning tour ini dan meneliti kerajinan gerabah saya dapat mengetahui bagaimana cara membuat kerajinan gerabah dan dapat dibuat berbagai macam jenis.Saya senang bisa berjalan-jalan di pantai Balongan menikmati keindahan pantai bersama teman-teman. Terimakasih.

Safitri Mailinda, siswa SMA N 1 PAMOTAN kelas XI IPS 3,  pesan dan kesan saya setelah melakukan kegiatan learning tour  di Balongan adalah bisa menambah wawasan saya, disana saya melihat secara langsung pembuatan gerabah, dan  saya jadi tahu apa itu gerabah dan proses pembuatannya seperti apa, saya disana banyak belajar dari ibu-ibu pembuat gerabah tersebut. Dan selain itu kita bisa menikmati indahnya pantai Balongan yang begitu asri sejuk dan cuaca di sana kebetulan cerah. Saya dan teman-teman saya begitu sangat menikmati keindahan pantai tersebut, dan belajar di luar sekolah sangat menyenangkan.

Ramadhan Ardiyanto Siswa SMA N 1 PAMOTAN kelas Xl IPS 4.merasa senang dan gembira bisa mengikuti acara learning tour, dengan berkunjung ke objek wisata pantai balongan dan pengrajin gerabah. Pesan saya untuk selalu tetap mendampingi siswa pergi hingga pulang dan tak lupa saya berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah mendampingi ☺☺. Never give up.

Laelatul Fajriyah, siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas Xl IPS 5, Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping karena telah mendampingi kami dalam learning tour ini,ini pengalaman pertama saya dan teman-teman saya Saya berharap generasi muda juga bisa melestarikan pembuatan gerabah agar tidak pudar di masa-masa yang akan datang.pesan dan kesan saya bisa mengikuti learning tour mendapat pengalaman yang seru,mendapat ilmu cara membuat gerabah,cara bersosialisasi dengan masyarakat yg baik.

+62 896-0101-4866, kesan dari kegiatan ini senang bisa melihat proses pembuatan kerajinan gerabah yang sulit. Pesan dari kegiatan ini kita harus melestarikan budaya agar tidak punah dan lebih menghargai budaya-budaya yang masih ada. 

Hesty Ana Anissa'Ati, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 3. Saya senang banget bisa ikut dalam kegiatan learning tour kebalangon.Disana saya dapat banyak belajar mengenai cara proses pembuatan gerabah,asal usul mula pembuatan gerbah didaerah balongmulya(balongan),dan masih banyak lagi.Dan saya juga merasa senang karna mempunyai tambahan pengalaman lagi. Semoga selalu mengikuti kegiatan dalam setiap pembelajaran dan mengikuti acara learning tour lagi agar menambah pengalaman.Dan semoga diadakan acara learning tour lagii ya pakk☺️.Dan terimakasih untuk pak suahadi telah mengadakn acara learning tour kemarin. Itu pesan dan kesan yang dapat saya sampaikan Terima kasih banyak dan maaf telah menyita waktu bapak sebentar.Wassalamualaikum🙏.


+62 858-7092-9403, Siswa siswi SMA N 1 pamotan Xl merasa senang dan gembira, karena dapat berkunjung ditempat wisata balongan yaitu terdapat didesa balongmulyo,selain berwisata juga dapat banyak pengalaman tentang gerabah,dan juga dpt wawancara proses pembuatan awal hingga akhir dengan warga balongmulyo.kami banyak mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu guru yang sudah melaksanakan learning tour karena saya dapat banyak pengalaman tentang gerabah dan sekaligus dapat berwisata.

Ani fatmasari, Kesan yang kami dapat saat learning tour ,kami merasa senang berkumpul dengan temen teman& mendapatkan ilmu dari warga sekitar. Pesan saya sebagai siswa, untuk menikmati waktu kebersamaan di pantai kurang leluasa di karenakan waktu yang diberikan terbatas.

Siti Hajar Irawati
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2. Kegiatan pembelajaran ini sangat menyenangkan,saya berterimakasih kepada bapak dan ibu guru yang telah mendampingi kegiatan ini,juga masyarakat balongmulyo yang telah memberi ilmu yang bermanfaat,pesan saya semoga kerajinan gerabah bisa selalu diteruskan hingga ke generasi anak muda sekarang,dan harga gerabah bisa dipatok sesuai hasil kerja keras mereka.

+62 858-6934-4459
, Bagaimana perasaan kita saat learning tour bisa saja bahagia karena pengetahuan kita bisa lebih luas dan dapat mengenal lebih banyak daerah sekitar pantai Balongan serta dapat belajar tentang pembuatan gerabah.

Intan Nailatus Cinta Ningrum
, Siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 5. Kegiatan learning toor kemarin sangat menyenangkan,karena saya dapat melihat secara langsung cara pembuatan gebarah di desa Balong Mulyo. Selain melihat pembuatan kerajinan gerabah kegiatan ini saya juga dapat berwisata di pantai balongan.

Faridatul Ulya
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas  XI IPS 5. Kegiatan learning tour kemarin sangat menyenangkan,belajar sekaligus liburan.Dalam kegiatan ini saya mendapatkan banyak ilmu,pengetahuan,serta pengalaman salah satunya mengenai pembuatan gerabah.Selain melihat pembuatan gerabah juga diselingi dengan berwisata di Pantai Balongan yang suasana nya sejuk.

Mohammad Ari Aryanto,
siswa SMA NEGERI 1 PAMOTAN kelas Xl IPS 4. Merasa senang karena bisa mengikuti acara learning tour, berkunjung ke pantai Balongan dan pengrajin gerabah. Pesan saya selalu mendampingi para siswa dan siswi sampai tujuan dan pulang dengan selamat. Saya mengucapkan terimakasih untuk para guru karena sudah mendampingi. 

+62 812-9065-2556
. Kami sangat merasa senang karena telah diadakan kegiatan learning tour, kami bisa tahu macam macam gerabah dan cara membuatnya, dan diberi kesempatan untuk bersenang senang di pantai Balongan dengan cuacanya yang sangat mendukung dengan angin yang bikin suasana nyaman dan cocok untuk beristirahat. .

Dwi Kurniati, siswa SMA N 1 Pamotan, saya sangat senang bisa belajar sambil wisata di desa mbalongmulyo. Dari laerning tour ini saya bisa mendapatkan ilmu. Pesan saya sebaiknya pemborong gerabah tidak memborong gerabah dengan harga yang murah. Dan dari kegiatan ini para siswa dan generasi muda bisa belajar membuat gerabah tersebut untuk masa yang akan datang.

+62 812-2858-8681
, Sangat menarik dan sangat bermanfaat bisa tahu cara dan tempat pembuatan gerabah dan tahu jg cara pemasaran penghasilan sang perajin. Untuk pesan diharapkan ada penerus perajin gerabah muda dan bisa jg jdi tempat wisata gerabah yg maju. 

Rizki Ana Fajari
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 3. Saya sangat senang bisa learning tour di mbalongan karena bisa belajar membuat gerabah,dalam proses pembuatan ataupun   pemasaran dan perekonomiannya,fasilitas atau alat untuk pembuatan gerabah masih bersifat tradisional ,sehubung dengan perkembangan teknologi pembuatan gerabah mengunakan alat manual masih terbilang langka,sebaiknya pemasaran gerabah yang ada dibalongan dijual secara online agar bisa mendapatkan omset yang lebih besar. 

Ana Farida Widyaningrum, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 5. Saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan learning tour kemarin.Kegiatan kemarin mengajarkan saya banyak hal,dan saya mendapatkan banyak  ilmu,pengalaman dan pengetahuan.Salah satu ilmu yg saya dapatkan yaitu bagaimana cara membuat gerabah pesan kesan saya menjaga dan melestarikan budaya dan ciri khas kita  itu  sangat penting bagi generasi muda yang perlu tau wawasan atau sejarah pada zaman dahulu.

Khoirul Jannah, siswa SMA N 1 Pamotan kelas  XI IPS 5, Kesan yang saya dapatkan selama kami mengikuti kegiatan learning tour banyak sekali.saya merasa senang karena saya bisa mengikuti kegiatan learning tour bersama teman*seangkatan IPS 1-5, selain itu saya juga mendapatkan banyak ilmu seperti cara dan teknik oembuatan gerabah,gimana proses pembuatannya dan alat*yang di butuhkan untuk membuat gerabah.disana saya juga merasa senang karena bukan hanya melihat cara pembuatan gerabah,,disana juga saya bisa menikmati keindahan pantai Balongan dengan siliran angin yang sejuk.pesan yang saya dapatkan adalah kegiatan learning tour merupakan kegiatan pembelajaran di luar sekolah untuk menyejukkan pikiran dan juga menambah wawasan.

Shofiatun Nafisah, siswa SMA N 1 Pamotan kelas Xl IPS 5. Kesan yang saya dapatkan selama kami mengikuti kegiatan learning tour.saya merasa senang karena bisa mengikuti kegiatan learning tour bersama teman teman saya,selain itu saya juga mendapatkan banyak ilmu disana seperti cara membuat gerabah,alat-alat yang di butuhkan untuk pembuatan gerabahbdan tenkik pembuatannya.disana saya juga merasa senang karena kami tidak hanya melihat cara pembuatan gerabah,karena disana kami juga menikmati keindahan pantai balongan.pesan dan kesan yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan learning tour di Balongan adalah kegiatan learning tour merupakan kegiatan pembelajaran di luar sekolah yang menyenangkan dan juga menambah pengetahuan.

Rita Puspita Sari
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 5. Learningtour di Balongan sangatlah menyenangkan, begitu pula saya melihat pembuatan gerabah secara langsung, dan itu sangatlah bermanfaat bagi saya dari tidak tahu menjadi lebih tahu, dan saya berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang selalu membimbing dan mengajak ke Balongan, belajar di luar kelas memang menyenangkan, dan warga di sana orang nya sangatlah baik-baik, selain itu suasana di pantai Balongan sangatlah sejuk dan asri.

Mar'atus Sholikhah, Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas XI IPS 3 Peserta Studi Gerabah. Saya berharap generasi muda juga bisa melestarikan pembuatan gerabah agar tidak pudar di masa-masa yang akan datang. Bagi saya pribadi sangat senang bisa memperhatikan secara langsung proses pembuatan gerabah dari mulai awal sampai akhir pembuatan.

Gita Amelia Agustina siswa SMA Negeri 1 Pamotan Kelas Xl IPS 5, Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping karena telah mendampingi kami dalam learning tour ini,ini pengalaman pertama saya dan teman-teman saya Saya berharap generasi muda juga bisa melestarikan pembuatan gerabah agar tidak pudar di masa-masa yang akan datang.pesan dan kesan saya bisa mengikuti learning tour mendapat pengalaman yang seru,mendapat ilmu cara membuat gerabah,cara bersosialisasi dengan masyarakat yg baik.

Faris Tiana
siswa SMA N 1 Pamotan Kelas XI IPS 2 Saya ucapkan terimakasih kepada bapak ibu guru pendamping karena telah mendampingi kami dalam learning tour, Alhamdulillah akhirnya acara learning tour berakhir dengan baik dan lancar.Dari kegiatan learning tour ini dan meneliti kerajinan gerabah akhrinya saya tau cara membuat kerajinan gerabah itu bagaimana dan bentuknya seperti apa saja. Dan kegiatan kemarin juga saya dilatih  untuk bekerja sama dan kekompakan dalam berkelompok. Saya senang juga bisa berjalan² dipantai balongan menikmati keindahan pantai bersama teman².Terimakasih.

Siti Faiqoh
, siswa SMA N 1 Pamotan Xl IPS 5. Kegiatan dimana kita dalam tema pembelajaran dan dengan tujuan mengalami secara langsung di alam sekitar. Learning tour sendiri dapat membuat kita mengenal dunia luar dan tidak berdasarkan teori, membaur dengan sesama, dan semakin bersyukur kepada tuhan yang maha esa. Kebersamaan dan keceriaan bersama teman-teman, juga nikmatnya berada dalam suasana alam sambil belajar.

Sri Asih
, siswa SMA N 1 pamotan,kls XI Ips 4 . Alhamdulilah learning tour kemarin berjalan dengan baik2. Dan senang banget bisa juga menikmati berada dalam suasana alam sambil belajar. Dan learning tour kemarin kita bisa mendapatkan byk ilmu bermanfaay bagi kita semua. Waalaik slm.

Rini Avinda Sari
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 1.Kesan yang saya dapatkan  selama kegiatan Learning Tour banyak sekali ,saya merasa senang karna saya bisa mengiikuti kegiatan  learning tour bersama  teman -teman  dan guru. Selain itu, saya juga mendapatkan  banyak sekali  ilmu pengetahuan baru seperti  apa itu yang dimaksut gerabah,gimana proses pembuatan gerabah,alat  yang digunakan  untuk membuat gerabah .Saya juga  mendapatkan  pengalaman baru  yang tidak pernah saya lupakan.Pesan saya,guru pendamping   lebih mengawasi siswa -siswanya  agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Nurmanissa Putri
, siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 2. Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak guru yang telah mendampingi kami dalam kegiatan learning ini dan berterima kasih kepada masyarakat balongmulyo yang telah kami kunjungi dan juga disambut dengan baik warganya setelah melihat beberapa aktivitas masyarakat di desa Balong Mulyo banyak sekali warga yang membuat gerabah. Saya sangat senang bisa berwisata sekaligus belajar. Kegiatan learning tour ini sangat bermanfaat dan juga menambah wawasan kami tentang cara pembuatan gerabah. Sekaligus berwisata dipantai Balongan yang sejuk membuat kita nyaman melakukan kegiatan learning tour ini.
Tetap rendah hati dan menghormati  beserta menghargai orang lain.jaga sikap jaga omongan.
Kegiatan belajar diluar sekolah tetapi tetap menjaga nama baik sekolah.

+62 815-4897-2385
, Setelah mengikuti learning tour perasaan bahagia bisa belajar bersama teman teman dan dapat pengetahuan kita bisa lebih puas dan dapat mengenal lebih banyak kebudayaan atau peninggalan bersejarah lainnya. 

Hariyati Puji Lestari
,siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 1.Kesan yang saya dapatkan  selama kegiatan Learning Tour banyak sekali ,saya merasa senang karna saya bisa mengiikuti kegiatan  learning tour bersama  teman -teman  dan guru. Selain itu, saya juga mendapatkan  banyak sekali  ilmu pengetahuan baru seperti  apa itu yang dimaksut gerabah,gimana proses pembuatan gerabah,alat  yang digunakan  untuk membuat gerabah .Saya juga  mendapatkan  pengalaman baru  yang tidak pernah saya lupakan.Pesan saya,guru pendamping   lebih mengawasi siswa -siswanya  agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.Terima Kasih.

Muhammad Abdul Khakim,
siswa SMA N 1 Pamotan kelas XI IPS 1. Terimakasih bapak ibu guru yang sudah sabar mengajar kami.Dan terimakasih juga sudah membimbing kami pada waktu lerning tourdi balong mulyo tepatnya pada hari selasa tanggal 23 november 2021. KESAN:Kegiatan learning tour kemarin sangat bermanfaat bagi saya karena saya bisa melihat secara langsung cara pembuatan gerabah. 


+62 838-2005-3918, Saya sangat senang dapat mengikuti leaning tour ini, karena saya mendapatkan banyak sekali ilmu tentang cara membuat gerabah balongan. Dan tidak hanya melihat, saya juga dapat bisa mempraktekkan secara langsung membuat gerabah itu. Pesan saya semoga gerabah balongan itu tetap dilestarikan.

Sinta Khoirinnisa
' XI IPS 2 Saya sangat senang dapat mengikuti kegiatan learning tour kemarin.Kegiatan kemarin mengajarkan saya banyak hal,dan saya mendapatkan banyak  ilmu,pengalaman dan pengetahuan.Salah satu ilmu yg saya dapatkan yaitu bagaimana cara membuat gerabah,bahan" nya apa saja,barang" yg dihasilkan apa saja dan masih banyak lainnya. Sarana pembelajaran seperti ini sangat bagus selain siswa bisa menambah pengetahuan dengan melihat langsung cara pembuatan gerabah hal ini juga bisa membuat siswa lebih rileks dan tidak membuat siswa jenuh karena diselingi dengan berwisata. Pesan : meskipun kita diluar sekolah kita tetap harus menjaga nama baik sekolah dengan kita harus menjaga omongan kita dan harus tetap sopan & santun.

+62 822-2587-9226, Saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman yang baru. Learning Tour kemarin sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk menyegarkan pikiran saat kebingungan ketika kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. 

+62 813-3613-0986, Terima kasih telah sabar menghadapi siswa IPS,semoga sehat selalu, di mudahkan rezekinya,selalu sabar dan apa yang telah bapak lakukan kepada kami dapat balasan dari Allah. 

Sumber: Pesan dan Kesan ini dikumpulkan dari kiriman wa peserta yang dikirim ke Guru Pendamping.