-->

Kelompok 26 Ibu Sunartik - Edisi Dokumentasi Kegiatan Learning Tour Penelitian Sosial Tumpeng Pesisiran

Assalamualaikum Wr.Wb. Haiiiii perkenalkan kami dari kelompok 26. Kami merupakan peserta Learning Tour Tumpeng Pesisiran di Desa Dasun, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Kami beranggotakan 6 siswi dan 3 siswa yang dijumlahkan menjadi 9 siswa. Kelompok kami didampingi oleh Bu Eko Sulistiyani, S.Pd dan Bu Sunartik (pendamping dari desa)

Sulistania Primadani. Kesan Saya sangat senang karena dapat belajar sambil jalan-jalan. Saya merasa bahagia ketika saya dapat suasana baru dan ilmu baru dalam belajar,yang biasanya kami belajar didalam kelas dengan AC yang membuat saya sering kantuk menjadi sangat bersemangat karena belajar diluar sekolah. Pesannya sering - sering belajar diluar karena masih banyak diluar sana yang belum kita pelajari

Nama : Noor Ainaya Salsa B. cukup menyenangkan dan mengesankan


Nama : Rosita Rosanda. Pesan saya tentang learning tour kali ini cukup menyenangkan karena saya bisa menjalin hubungan baik antara masyarakat desa ndasun dan juga kerja kelompok dengan teman sekelompok saya, kami semua belajar tentang kebersamaan dalam penguatan profil pelajar pancasila mengenai "gotong royong" & "kreatif" karena kita bekerjasama dalam pembuatan tumpeng sampai menghias nya. Kesan saya untuk learning tour ini yaitu menambahkan pengalaman saya untuk meneliti tentang lebih dalam desa ndasun dan juga tentang rempah-rempah. Dan juga saya berharap untuk learning tour kedepannya gurunya lebih adil dan sama rata dalam memberikan fasilitas terhadap murid seperti tranportasi untuk pergi ke desa ndasun. Terimakasih apabila ada tutur kata yang kuran berkenan saya mohong maaf sebesar-besarnya.


Nama : Mudmainah Dewi Suryani. Learning tour Tumpeng Pesisiran ini sangat menyenangkan, tetapi juga melelahkan. Saat perjalanan kami begitu senang kita naik bis dengan satu kelas yang di bagi 2 bis kecil, setelah sampai kita kumpul di lapangan desa Dasun lalu kami diantr kerumah Ibu warga. Setelah sampai kami langsung membagi tugas agar pekerjaan lebih cepat selesai (ada yang memasak, membuat hiasan tumpeng, dan membuat dokumentasi/video). Setelah Tumpeng jadi kami lalu menghias bersama dan istirahat (sholat&makan). Ibunya sangat begitu baik kami juga dibantu oleh Mbah/nenek, mereka sangat baik dan ramah kami cepat akrap dengan mereka. Setelah istirahat salah satu teman kami mewakili wawancara dan yang tidak melakukan wawancara bersih-bersih (membereskan) dapur setelah itu, tumpeng dibawa ke gedung Dasun. Disana Tumpeng kami di nilai dan tumpeng dimakan bersama sama setelah itu kami pulang. Sebelum pulang kami tak lupa berpamitan dengan Ibu warga yang telah membantu kami. Pesan dan kesan yang dapat kita ambil


Nama : Putri Diyah Ayu C. Pertama tama, yang dapat saya rasakan dari acara tsb adalah bagaimana para muda mudi mengenal tradisi setempat, juga belajar mengenai bagaimana dan mengapa bisa adanya tradisi tersebut yang dapat membangun rasa cinta terhadap tanah air kita. Bagaimana mereka bekerja sama dalam membuat sajian tsb sangat bermakna. Mulai dri tahap penyiapan bahan baku sampai pengolahan yang dilakukan bersama dengan menyenangkan juga secara perlahan sembari menikmati kebersamaan sangatlah penting. Bagaimana anak-anak dapat bersenda gurau disela sela kegiatan membuat tugas tersebut menjadi lebih santai. Para warga yang bersedia membimbing para muda mudi pun sangat lah ramah dan baik hati, mereka bersedia mengajari kamis ecara perlahan bagaimana cara mengolah bahan bahan tersebut sehingga dapat menjadi suatu sajian yang apik dan menggiurkan.Singkatnya cukup menyenangkan mengikuti kegiatan tsb tetapi juga melelahkan


Nama : Oshinda Noer Hidayah, pesan saya learning tour ini cukup menarik, karena kita dapat melihat secara langsung cara pembuatan tumpeng pesisiran. kesannya semoga learning tour selanjutnya dapat lebih disiplin


Nama : Abdul Faqih, Sangat menyenangkan


Nama : Lucky Hartono, Selama melakukan learning tour kali ini, saya merasakan kebersamaan yang erat karena tugasnya dibuat berkelompok. Saya sangat senang bisa mengikuti learning Tour di dasun karna saya bisa mendapat pelajaran dan pengalaman yang sebelumnya tidak saya ketahui tentang bagai mana cara memasak tumpeng dan bagaimana cara menghias tumpeng.


Nama : M.Reza Ardiyansah, Saya sangat senang bisa mengikuti learning Tour di dasun karna saya bisa mendapat pelajaran, pengalaman, serta pengetahuan yang sebelumnya pernah saya ketahui tentang bagai mana cara memasak tumpeng dan bagaimana cara menghias tumpeng. Karena sebelumnya saya juga belum pernah membuat/menghias tumpeng.dan warga penamping saya sangat ramah oranya juga seru dan baik hati membuat saya dan teman teman nyaman berada di rumah beliau.


Sebelum berangkat menuju Desa Dasun kami melakukan apel terlebih dahulu dilapangan bola Volly. Disini kami mendapatkan bimbingan dan juga sambutan - sambutan dari Bapak/Ibu Guru serta berdoa bersama demi kelancaran dan keselamatan dalam kegiatan Learning Tour kami.

Setelah melakukan perjalanan,kami tiba di Desa Dasun dan berkumpul di lapangan desa Dasun. Tujuan dikumpulkannya kami disini adalah untuk bertemu dengan ibu-ibu pendamping dari desa yang akan membimbing kami dalam pembuatan tumpeng pesisiran. Disini pendamping kami belum datang akhirnya kami diantar oleh Pak Exsan menuju kerumah Bu Sunartik. Kami menaiki bus untuk menuju kerumah Bu Sunartik karena jarak dari Lapangan ke rnmah Bu Sunartik cukup jauh.

Ada satu momen yang terlewat dalam proses kami yaitu dalam proses alat dan bahan yang diperlukan. Sehingga kami hanya mendapatkan momen saat kami membuat hiasan yang akan kami gunakan untuk membuat tumpeng pesisiran.


Setelah masakan selesai dibuat,kami membagi sekat menjadi 6 bagian untuk menaruh lauk pauk. Dalam menghias tumpeng pesisiran terdapat sedikit perdebatan untuk menaruh hiasan dalam tumpeng. Namun hal ini tidak menghambat proses menghias tumpeng kami.

Sebelum membawa tumpeng yang kami buat ke Gedung Pertemuan,kami terlebih dahulu melakukan sesi foto dengan Bu Sunartik untuk mengabadikan momen-momen yang kita dapatkan saat dirumah beliau. Tak lupa juga kami berpamitan dengan Si Mbah yang membantu kami dalam proses pembuatan tumpeng Pesisiran kami.

Sesampainya digedung serbaguna kami juga memfoto Tumpeng Pesisiran yang telah kami buat sebelum sesi melahap agar tidak kehilangan keindahan yang telah kami buat. Digedung banyak sekali tumpeng - tumpeng hasil dari kelompok lain yang sama-sama cantik dan indah.

Kami berkumpul di Gedung ini untuk makan bersama. Sebelum itu kami diberi pengetahuan dan informasi terkait tumpeng yang kami buat. Disana banyak Bapak/Ibu Tamu Undangan yang ikut meramaikan acara tumpeng pesisiran SMAN 1 PAMOTAN

Sekian dari kelompok kamiiiiii,apabila ada kesalahan mohon dimaafkan karena kesempurnaan hanya milik Tuhan. Wassalamu'alaikum Wr.Wb