-->

MENGENAL GURU SMA NEGERI 1 PAMOTAN

www.sman1pamotanrembang.sch.id - Assalamualaikum semuanya para siswa SMA Negeri 1 Pamotan. Kali ini Tim Jurnalis akan meluncurkan foto-foto Bapak Ibu Guru kalian. Sudah pada kangenkan sama beliau-beliau? Semoga deretan foto berikut akan mengobati rasa kangen kalian. Terlebih untuk kalian yang sedang duduk dibangku kelas sepuluh, artikel ini sangat cocok untuk kalian baca.

Pertama, Bapak Fatkhur Rozi, S.Pd., M.Kom.


Beliau adalah Guru Bahasa Inggris yang juga mendapatkan amanat menjadi Kepala SMA Negeri 1 Pamotan. Tergolong baru di SMA ini. Walaupun baru, Beliau langsung adaptif lho. Selain itu, beliau juga sangat taat menjalankan ibadah sholat lima waktu. Urusan motivasi, beliau jagonya deh.

Kedua, Ibu Sri Sukatri, S.Pd



Beliau ini adalah Guru Biologi SMA Negeri 1 Pamotan yang juga mendapatkan amanah menjadi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Itu bunganya cantik sekali ya bu. Beliau adalah salah satu Guru yang sangat tegas dan disiplin. Walaupun demikian, beliau tetap ramah dan suka senyum ketika menghadapi siapapun. Pokoknya ramah deh.

Ketiga, Ibu Sri Lestari, S.Pd 


Sri Lestari adalah yang mengampu mata pelajaran Kimia. Untuk kalian semua yang suka pelajaran aksi reaksi, langsung aja deh deket-deket dengan ibu yang satu ini. Ilmunya buanyak lho. Beliau juga suka buat jajan dan menanam bunga. Dan juga suka berbagi lho. Tiap hari hampir bawa sarapan dan jajanan untuk teman-teman guru yang lainnya. Jangan lupa ya, Sri Lestari namanya. Jangan hiraukan papan nama yang dipakai ya.

Keempat, Ibu Siti Nurhayati, S.Pd


Siti Nurhayati adalah pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Urusan tata bahasa dan intonasi serta pilihan diksi, beliau sangat jago. Bagi kalian yang pingin mendalami ilmu bahasa, misalnya pingin kuliah di jurusan bahasa, atau hingga berkeinginan menjadi master ceremony, beliau selalu siap memberi semua ilmunya. Oh iya, selain suka berbagi ilmu bahasa, beliau juga suka berbagi jajanan untuk teman-teman sekantornya. Mulia sekali hatinya.

Kelima, Bapak Guru Sukarno, S.Pd., M.Pd


Mendengar nama Sukarno, kalian pasti langsung ingat nama Presiden Indonesia pertama kali. Iya, bapak Soekarno. Tapi bapak Sukarno yang satu ini beda. Beliau adalah pengajar SMA Negeri 1 Pamotan untuk mata pelajaran Matematika. Beliau juga sangat disiplin setiap mengajar. Hampir semua nama siswa, hafal semuanya. Apalagi kalau urusan hafalan rumus, ratusan rumus matematika beliau hafal semua. Beliau juga termasuk guru yang istimewa, karena telah memberi contoh dalam menggunakan dan memanfaatkan keilmuannya secara nyata, yaitu dengan aktif dalam urusan kewirausahaan perbukuan. Nah ini dia, kalau kalian tertarik mengimplementasikan ilmu matematika di bidang kewirausahaan, langsung deh sama beliau. Di jamin 99% sukses.

Keenam, Ibu Indarti P N, S.Pd


Ibu Indarti adalah pengambu mata pelajaran Sosiologi. Beliau sangat humanis sekali, sangat menjiwai ilmunya. Beliau termasuk salah satu guru SMA Negeri 1 Pamotan yang terlihat awet muda. Wajahnya imut dan sangat kaya empatinya ketika berinterasi dengan para siswa. Sungguh menjiwai rasanya menjadi guru Sosiologi. Suatu ketika, beliau pernah bayarin jajan anak didiknya. Murah hati sekali beliau. Jika kalian ingin menjadi orang baik di dunia ini, beliaulah contoh nyata.

Ketujuh, Bapak Drs. Wardi


Bapak Drs. Wardi adalah pengampu Guru Olahraga di SMA Negeri 1 Pamotan. Semua cabang olahraga hampir beliau kuasai semuanya. Beliau juga menjadi rujukan para guru olahraga di Jawa Tengah. Urusan mendampingi siswa saat POPDA, dijamin selalu mendapatkan medali deh. Pokonya mantab bapak guru yang satu ini, tidak diragukan lagi profesinya. Selain urusan ilmu olahraga, beliau juga sangat piawai dalam manajemen data siswa. Hampir urusan olah data siswa, beliau yang pegang. Ilmu keadministrasiannya juga kondang lho. Ayo kalian semua, yang pingin jadi guru olahraga dan atau jadi atlet, langsung saja minta bimbingan pada beliau.

Kedelapan, Ibu Eko Sulistiyani, S.Pd


Selanjutnya, mari kita mengenal guru yang satu ini, nama beliau adalah Ibu Eko Sulistiyani. Pada saat masih gadis, Sulis adalah nama panggilan beliau. Di SMA Negeri 1 Pamotan, ibu Eko mengampu mata pelajaran Geografi. Jika kalian ingin mendalami ilmu bumi, beliaulah orangnya. Beliau sangat mumpuni dalam menguasai materi cuaca, iklim, musim, karakter dan lapisan tanah, hingga tanah yang bagaimana yang cocok untuk ditanami apa. Beliau juga memiliki keistimewaan diantara teman-temannya, yaitu tentang urusan ketelitian. Walaupun guru geografi, beliau juga memiliki nafas guru ekonomi. Begitu deh, menarik kan guru-guru SMA Negeri 1 Pamotan.

Kesembilan, Ibu Windi Sri Astuti H,  S.Psi 


Nama beliau adalah Windi Sri Atuti H. Beliau adalah guru Bimbingan dan Konseling. Di SMA Negeri 1 Pamotan, beliau dikenal cukup penyabar dalam menghadapi siswa-siswa yang bermasalah. Dan hampir semua siswa yang mendapatkan bimbingan dan konseling beliau, hasilnya mantab semuanya. Ibu Windi juga dikenal sangat perhatian dengan siswa. Siapa siswa yang masuk dan yang sakit, beliau tahu semuanya. Dan keistimewaan beliau adalah selalu menggunakan data pada saat melakukan bimbingan dan konseling. Untuk kalian semua yang pingin belajar ilmu psikologi dan terapannya, langsung deh sama beliau.

Kesepuluh, Ibu Ari Setyanti, S. Pd



Selanjutnya adalah Ibu Ari Setyanti. Beliau di SMA Negeri 1 Pamotan mengampu mata pelajaran Biologi. Satu hal menarik untuk beliau adalah orangnya kreatif dalam mengembangkan konten sumber belajar. Beliau juga guru yang aktif dalam membuat konten-konten virtual untuk pembelajaran daring. Untuk kalian siswa SMA Negeri 1 Pamotan, dapat belajar bersama ibu Ari Setyanti, khususnya dalam mata pelajaran Biologi.

Kesebelas, Bapak Drs. Daryoto Eko Purnomo




Daryoto Eko Purnomo adalah guru SMA Negeri 1 Pamotan pengampu mata pelajaran Fisika. Beliau dikenal guru jenius karena mumpuni dalam menguasai teori-teori fisika dasar dan ilmu terapan fisika. Keseharian beliau sangat rajin membaca materi-materi tentang fisika, termasuk membaca materi tentang keastronomian. Beberapa siswa olimpiade fisika bimbingan beliau, berhasil meraih juara. Dan beliau sendiri sering memenangkan lomba olimpiade guru bidang fisika. Sungguh cinta sekali beliau terhadap ilmunya. Bagi kalian yang ingin mendalami teori fisika dasar hingga terapannya, dapat langsung belajar dengan bapak Daryoto Eko Purnomo.

Keduabelas, Bapak Nur Khamid, S.Ag 


Bapak Nur Khamid adalah guru Agama Islam di SMA Negeri 1 Pamotan. Beliau cukup rajin dalam mendapingi para siswa dalam menjalan ibadah sholat dzuhur berjama'ah di musalla.  Pembawaan orangnya cukup ceria, kalem, dan berwibawa. Beliau cukup menguasai kajian ilmu agama Islam. Selain berlatar belakang Sarjana Agama Islam, beliau juga memiliki latar belakang pendidikan agama dari pesantren. Dengan modal latar belakang dan khazanah kepesantrenan, beliau cukup piawai dalam hal kegiatan-kegiatan seremonial keagamaan di sekolah. Bagi para siswa SMA Negeri 1 Pamotan yang ingin belajar mendalami ilmu agama Islam, langsung saja hubungi beliau untuk diskusi. dijamin kalian semakin semangat menjadi insan yang taat beribadah.

Ketigabelas, Ibu Darmiati, S.Pd


Namanya ibu Darmiati, S.Pd. Beliau adalah guru SMA Negeri 1 Pamotan pengampu mata pelajaran Matematika. Beliau termasuk guru yang sangat perhatian dengan para siswa. Keaktifannya dalam PMR dan Pramuka, semakin mendukung kegiatan kesiswaan sekolah. Selain aktif mendalami ilmu matematika, beliau sangat semangat dalam pengembangan kegiatan kewirausahaan batik di sekolah. Bagi kalian yang ingin belajar matematika, menjadi orang yang humanis, dan memiliki karakter kewirausahaan, segera aja berkenalan dengan beliau.

Keempatbelas, Bapak Bayu Setyo Nugroho, S.Pd



Pak Bayu, adalah panggilan hangat untuk para siswa saat menyapanya. Beliau adalah Guru Sejarah yang memiliki wawasan yang cukup luas, khususnya kajian sejarah politik dan sejarah kontemporer. Dalam kesehariannya, beliau selalu menggerakkan anak didiknya untuk aktif diskusi saat pembelajaran. Beliau juga piawai dalam memainkan alat musik drum. Bagi para siswa yang pingin mendalami ilmu sejarah, dan sekaligus pingin belajar musik drum, dapat langsung berdekat-dekatkan dengannya. Orangnya tampan lho. Ayo ayo ayo....

Kelimabelas, Rita Damayanti, S.Pd


Ibu Ritadamayanti adalah Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Pamotan yang cukup awet muda. Tampilan yang selalu ceria dan bahagia selalu terpancar dari wajahnya. Seperti para guru yang lainnya, Ibu Rita itu orangnya supel dan murah senyum dengan siapa saja. Namun terkadang terlihat sesat bingung ketika menghadapi para siswa yang kurang pedhe dalam bercakap dengan bahasa inggris. Yang jelas, Ibu pengampu bahasa inggris ini orangnya baik, sabar, dan murah senyum. Bagi para siswa yang pingin belajar dan mendalami bahasa inggris, kalian dapat langsung berbincang dengan ibu Rita. Ingat, ibu Rita Radamayanti, buka Rita Sugiyarto ya. Jangan sampai keliru ya. Hehehehe....

Keenambelas, Pak Guru Drs. Agus Sucipto


Bapak yang satu ini sangat murah senyum kepada siapa saja, terlebih kepada para siswa SMA Negeri 1 Pamotan. Namanya adalah Agus Sucipto, pengampu mata pelajaran ekonomi. Kata temen-temen, pak Cip, panggilan akrabnya, mirip Rano Karno. Entah bagian mana yang mirip, yang jelas kata temen-temen, mirip Rano Karno. Mungkin kumisnya, mungkin gaya rambutnya, atau mungkin juga perawakannya. Pak Agus Sucipto cukup lama mengajar di SMA Negeri 1 Pamotan, tepatnya semenjak SMA ini buka sejak tahun 1992 hingga sekarang. Beliau banyak sekali cerita tentang sekolah favorit masyarakat Pamotan dan sekitarnya ini. Keistimewaan beliau adalah cukup mahir dalam ekonomi akuntansi. Perihal tentang debit dan kredit, saldo dan lain-lain sebagainya, pokoknya mahir deh. Untuk kalian semua, jika ingin memahami konsep ekonomi dan akuntasi perkantoran dan perusahaan, beliau ahlinya. Selamat berjumpa dengan pak Agus Sucipto ya semuanya.

Ketujuhbelas, Pak Guru Olahraga Aris Susanto, S.Pd



Ganteng sekali guru olahraga SMA Negeri 1 Pamotan yang satu ini. Namanya Aris Susanto, yang akrab dipanggil pak Aris. Beliau adalah guru olahraga berprestasi. Berbagai kejuaraan dan profesi keahlian keolahragaan diborong semuanya. Setiap ada turnamen Bulu Tangkis, beliau jagonya. Pak Aris juga memiliki profesi pendukung guru olahraga, yaitu menjadi wasit nasional cabang olahraga sepak bola. Dengan koleganya, pak Wardi, beliau berdua selalu terdepan dalam mendampingi popda tingkat siswa SMA. Mantab jiwa pokoknya. Ngak salah deh kalian sekolah di SMA Negeri 1 Pamotan ini. Kalian akan banyak mendapatkan ilmu keolahragaan dari beliau. Selamat belajar bersama beliau ya semuanya.

Kedelapanbelas, Ibu Indri Jatiningtyas, S.Pd


Berikutnya adalah Ibu Indri Jatiningtyas. Ibu guru cantik yang satu ini mengajar mapel Bahasa Jawa.

Kesembilanbelas, Erna Wulandari, S.E



Keduapuluh, Sri Yatiningsih, S.Pd



Keduapuluh satu, Nana Istiyani, S.Pd



Ibu Nana Istiyani, panggilan Bu Nana, adalah guru Seni Tari SMA Negeri 1 Pamotan. Bu Nana cukup mahir dalam melatih gerak tari para siswa-siswinya.


Keduapuluh dua, Drs. Didik Pudianto



Drs. Didik Pudianto adalah guru pengampu mata pelajara Ekonomi dai  SMA Negeri 1 Pamotan. Orangnya cukup murah senyum dan ekspresif. Setiap kali bertatap muka dengan teman dan koleganya, hampir dipastikan beliau selalu membawa kabar riang dan gembira. Telebih pada saat mengajar pada siswanya, cerita-cerita humor dan joke. Candaan, humor, dan guyonan seakan menempel pada diri guru Ekonomi yang sangat semangat ini. Dalam kecintaannya dengan ilmu ekonomi, Didik Pudiyanto menunjukkannya dengan praktik-praktik kewirausahaan. Teladan berwirausaha ini beliau awali dengan membuat home industri jajanan hari raya serta produksi roti dan kue rumahan. Sesekali pak Didik juga membawa jajanan dan kue untuk teman-teman dikantornya. Selain piawai dalam usaha home industri, hal yang paling disukai pak Didik adalah berkegiatan Pramuka dan Outbond. Para siswa yang ingin mengenal lebih jauh tentang ilmu ekonomi dan terapannya, kalian dapat belajar bersama dengan beliau.

Jumlah Guru SMA Negeri 1 Pamotan adalah 45 Orang. Dan Jumlah Staf Tata Usaha dan Karyawan SMA Negeri 1 Pamotan adalah 14 Orang. Namun untuk kali ini, proses pemotretan masih sedang berlangsung. Pemotretan dilakukan bertahap karena mematuhi protokol kesehatan. Untuk selanjutnya, artikel ini akan di update sesuai data yang ada. Ikuti terus ya liputan Tim Jurnalistik SMAPA.

Salam Literasi.

Penulis     : Tim Jurnalistik SMAPA
Fotografer: Tim Jurnalistik SMAPA