-->

Guru SMA Negeri 1 Pamotan Mendorong Kebugaran Setiap Siswa




REMBANG, sman1pamotan.sch.id -Aris Susanto, guru olahraga SMA Negeri 1 Pamotan mendorong para siswanya untuk memiliki tubuh yang bugar. Kali ini (29/03) Ia bersama peserta didiknya (siswa kelas X IPS 1 dan X IPA 3), melakukan gerakan kebugaran sesuai dengan kompetensi dasar dan instrumen pada indikator pencapaian kompetensi kebugaran.

Berdasar informasi yang diberikan Aris Susanto saat di lapangan, terdapat beberapa fungsi penting saat melakukan gerakan kebugaran, diantaranya;

baca juga: 10 komponen kebugaran dalam olahraga 

Meningkatnya sistem sirkulasi darah, sistem saraf, dan fungsi jantung.
  • Meningkatnya komponen kelentukan, stamina, dan kecepatan.
  • Mempercepat pemulihan fungsi organ tubuh setelah berlatih atau bahkan pada kondisi-kondisi tertentu, misalnya ibu hamil, orang tua, dan pemulihan setelah sakit.
  • Bagi olahragawan, derajat kebugaran jasmani yang tinggi berfungsi untuk meningkatkan prestasi.
  • Merangsang perkembangan dan pertumbuhan bagi balita dan anak-anak.
Adapun fungsi keseharian saat melakukan gerakan kebugaran adalah untuk membiasakan tubuh agar setiap melakukan aktivitas, tidak harus mengalami kelelahan yang berlebihan.

"Pola hidup anak-anak sekarang kayaknya lebih deket dengan gadget, jadi kebugaran anak terkadang tidak diperhatikan," ungkap Aris Susanto dalam mengamati pola hidup anak-anak saat ini.


Beberapa komponen kebugaran yang diperagakan dan dilatihkan kepada peserta didik diantaranya; kekuatan (atreght), daya tahan (endurance), daya otot (muscular power), kecepatan (speed), daya lentur (flexibility), kelincahan (agility), koordinasi (cordination), keseimbangan (balance), ketepatan (accuracy), dan reaksi (reaction).

"Kami menekankan materi kebugaran ini dengan serius, karena bagaimanapun membiasakan pola hidup bugar siswa saat ini sangatlah penting, apalagi bagi para siswa yang punya mimpi menjadi Polisi dan TNI," harap Aris Susanato.

Reporter: Humas SMA Negeri 1 Pamotan
Editor: Admin
Penyelaras: Admin