-->

Koordinasi Persiapan dan Perencanaan PKWU SMA N 1 Pamotan


www.sman1pamotan.sch.id - Tahun ini (2019) SMA Negeri 1 Pamotan mendapatkan Program Kewirausahaan SMA dari Direktorat PSMA (Pembinaan Sekolah Menengah Atas). Program tersebut adalah wujud nyata terhadap konsistensi SMA Negeri 1 Pamotan dalam membimbing para siswa dalam memiliki keterampilan kewirausahaan. Melalui program kewirausahaan dari Direktorat PSMA ini diharapkan mampu mendorong talenta para siswa untuk menjadi creator yang kreatif dan inspiratif.  Hingga terciptanya produk-produk unggulan siswa SMA N 1 Pamotan yang berdaya guna serta mampu bersaing di pasaran.

Adapun kegiatan pemantapan tersebut memuat tentang beberapa hal diantaranya; Penyiapan surat menyurat, Pembentukan Tim SMA Pelaksana Kewirausahaan, Sosialisasi program dan action plan hasil asistensi, dan Pembuatan SK dan uraian tugas tim.

Kali ini Sukatri, Guru Biologi dan Waka Kurikulum, adalah Ketua Program Kewirausahaan tersebut. Sesuai Diklat PKWU yang di selenggaran Direktorat PSMA, bahwa program kewirausahaan ini akan difokuskan pada pengayaan produk-produk kreatif unggulan karya siswa SMA Negeri 1 Pamotan.

Suasana pemantapan action plan dalam kegiatan Koordinasi Persiapan dan Perencanaan PKWU di ruang Kepala Sekolah (foto, Humas, 2019)
Terdapat delapan hal penting yang dibahas dalam Rapat Pemantaan Action Plan hari Kami (18/07) kemarin.  Delapan hal tersebut diantaranya; (1) Koordinasi Persiapan dan Perencanaan, (2) Sosialisasi pada Warga Sekolah dan Sekolah Sekitar/Imbas, (3) Pemetaan Potensi dan Ide Bisnis dalam bentuk FGD, (4) Pelatihan dan Motivasi dari Wirausahawan untuk siswa, (5) In House Training (IHT) Kewirausahaan melalui model PBL, STEAM DAN HOTS untuk guru, (6) Penyiapan Kegiatan Kewirausahaan melalui Pengembangan Design Thinking, (7) Implementasi Kewirausahaan melalui Kelompok Usaha Siswa, dan (8) Penyusunan Laporan dan Dokumentasi.

Kegiatan selanjutnya adalah Sosialisasi pada Warga Sekolah dan Sekolah Sekitar/Imbas yang akan dilangsungkan hari Senin (22/07) di Aula SMA Negeri 1 Pamotan, pukul 08.30 wib sampai selesai.

Penulis: Humas SMA Negeri 1 Pamotan