-->

Cerita di Balik Pesanan Plakat Akrilik


www.sman1pamotan.sch.id - Semua siswa calon peserta studi banding ke SMA Negeri 1 Sokaraja berkumpul di Aula Sekolah. Adalah SMA Negeri 1 Pamotan yang akan bertandang kesana. Namun ditengah-tengah pengondisian para peserta kewirausahaan batik tercengang. Tiba-tiba Ibu Sukatri masuk gedung aula dengan tergopoh-gopoh sembari melirik informasi WA di group KWU SMAPA. Waka Kurikulum itu seakan tidak percaya. Sempat mati langkah, namun kemudian perlahan mendekati suara dengan tubuh nan menjauh.

"Pak, diundur pak," suaranya agak keras namun seakan lirih. Semua yang di aula sekolah pun terdiam sejenak. Dengan sigap Bapak Ibu Guru pendamping studi banding program kewirausahaan itu mengerubungi Ibu Sukatri. Tampak pagi itu ada Bapak Agus Basuki, Agus Sucipto, Didik Pudianto, Ibu Sri Lestari, Erna Wulandari, Indri, Nana, dan lima belas guru lainnya.

[09.12, 2/9/2019] Kepala Sekolah SMA Pamotan: Bapak Ibu guru karyawan team pkwu ada informasi dr kasi sma kcd3 perihal stidi banding ke sma sukaraja. Sehubungan adanya rotasi dan pelantikan kepala sekolah, maka study banding ke sma sukaraja di tata ulang tidak minggu ini tetapi minggu2 depan di bulan september ini. Sambil menunggu kesiapan sma sukaraja. Informasi hari dan tanggal menyusul. Mohon maaf atas ketidak nyamanan ini suwun

Jelas ini preseden buruk untuk rencana studi banding yang sudah matang. H-1, studi banding siap berangkat. Namun kabar wa dari Kepala Sekolah, Sukarno, dinyatakan dibatalkan.

Semua siswa dan guru sejenak tertegun. Entah apa yang ada dalam pikiran mereka. Perkawilan siswa dari semua kelas plus pendampingnya kembali duduk di kursi masing-masing. Padahal baru saja pembelakalan studi banding selesai. Beberapa guru masih tampak mendekatkan tubuhnya untuk sekedar bercakap mengatur strategi alternatif lainnya.

"Para siswa, kami umumkan, bahwa studi banding ke SMA Negeri 1 Sokaraja diundur," cakap Agus Basuki dengan mic di depan Aula. Basuki kemudian membacakan WA dari Kepala Sekoah. Isi Wa itu dibacakan tanpa di tambah dan tanpa dikurangi.

Seketika para siswa semakin luruh semangatnya. Mungkin saja sudah ada yang menyiapkan semua peralatan dan perlengkapan diri. Karena rencananya, malam Rabu pukul 10 malam, berangkat ke Banyumas sana. Tampak kecewa wajah mereka. Namun apa daya.

Tanpa ada perintah, satu persatu para siswa meninggalkan Aula tanpa sepatah kata. Muka mereka tampak menggerutu. Sedangkan Bapak Ibu guru masih tampak menggerombol ngebahas solusi, walalupun masih buntu untuk disampaikannya. Dan tak lama kemudian Aula lengang dari suara.

Semua sudah dipesan. Bus sudah pake DP. Konsumsi juga. Tugas siswa juga sudah dengan detail disampaikan hingga dengan tagihan laporan studi bandingnya. Panitia KWU SMAPA tampak diam dari Aula, dengan sesekali melihat group wa. Lantas bagaimana dengan pesanan plakat akriliknya?

[09.18, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: Inggih Pak
[10.35, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Mohon maaf...
Untuk masalah bis ... gimana..?
Positip batal nggih..
[10.36, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Saya tak lapor ke PO Bus..
[10.41, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: Kalo bilang ditunda pripun?
[10.42, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Ditundanya kapan ... tetap ada kepastian pak....
[10.45, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: WA nya p karno tetap di bln sept. Pak
[10.57, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Ya ... tapi tgl nya kan belum bisa ditentukan....
Dari pihak Bis kan... nanti merasa digantung
[10.58, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Karena tgl nya belum ada/blm  ditentukan
Suwun
[11.00, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: Njenengan bilang ke bis spt WA pak karno, trs tanggapan bis pripun? krn hari ini p karno tdk di sma pmt pak
[11.01, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Nggih pak
[11.07, 2/9/2019] Sukatri Guru SMA Pamotan: Termasuk memberitahu b. Intan pak. Bas, hubungannya dg konsumsi. dan persiapan beliaunya.
[11.08, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: Sampun bu katri
[11.08, 2/9/2019] Sukatri Guru SMA Pamotan: Suwun..
[11.12, 2/9/2019] Kepala Sekolah SMA Pamotan: Secara institusi kcd sudah memberi informasi. Tinggal kita men8ndak lanjuti secara personal 🙏
[11.23, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Maaf fihak Bus sudah tak kasih tau ...
Kalo besuk pagi gak jadi pergi..
[11.23, 2/9/2019] Sucipto Agus Humz: Ditunda lain hari...
[12.21, 2/9/2019] 🐾m@nungso: Bapak ibu, ini desain plakat sdh siap cetak. Ini bagaimana?
[12.22, 2/9/2019] 🐾m@nungso: Dicetak apa adanya, apa dicetak tanpa tanggal, apa dicetak lain waktu, apa dicancel?
[12.23, 2/9/2019] Sukatri Guru SMA Pamotan: Kalau saya usul dicetak tanpa tanggal pak.
[12.25, 2/9/2019] 🐾m@nungso: Ok
[12.25, 2/9/2019] 🐾m@nungso: Bagaimana dg ya lain? (dengan disertai desain plakat akrilik).

Akhirnya diputuskan plakat akrilik tetap dipesan. Bagitupun dengan mobilnya. Bapak Agus Sucipto telah melobby pihak bus, bahwa bus tetap dapat dilanjut pesanannya walau pelaksanaannya lain waktu.

Alhamdulillah, semua tampak lega. Jelas ada harapan bahwa studi banding SMA Negeri 1 Pamotan ke SMA Negeri 1 Sokaraja tetap terlaksana. Semua akan bersama-sama, sembari menunggu kepastian dari SMA Sokaraja saja.

Menjelang sholat asyar, Bapak Suharnanto dengan wajah kurang percaya diri berucap, "Di SMA ..... 3," ucap kabar yang tidak pasti untuk siapa dan dari mana. Bapak-bapak yang ada di Gazebo Guru pun bingung. Namun entah mengapa, Daryoto Eko, guru Fisika tetap tenang dengan duduknya.

"Dipindah pak?" suara tanya dengan keras. Suharnanto kemudian menjelaskan bahwa Kepala SMA Negeri 1 Pamotan di rotasi ke SMA 3, tetapi SMA 3 mana, belum jelas.

Panitia Studi Banding Kewirausahaan semakin terdiam. Bapak Agus Sucipto dan Bapak Wijoyo Hadi juga tetap bersender di pasak gazebo yang agak lusuh. Bapah Cahyo Purnomo yang mondar-mandir sambil pegang sesuatu di keningnya. Bapak Anwar pun tampak memegangi gitarnya tanpa petikan. Semua tampak berspekulasi. Ada yang berspekulasi di SMA 3 Rembang, SMA 3 Blora, SMA 3 Purwodadi, hingga SMA 3 Semarang. Yang jelas, pesan jelasnya di SMA 3. Selang tiga puluh menit kemudian, Bapak Agus Basuki mengkonfirmasi, bahwa Kepala SMA Pamotan dirotasi di SMA 3 Rembang.

"Di SMA 3 Rembang. Barusan telpon saya. Menagis pak Karno," sembari duduk Agus Basuki bercerita dengan semua yang ada di gazebo.

Group WA KWU semakin sepi. Tampak lengang tanpa ada yang dibicarakan. Kemudian tepat pukul 16.09 wib, group KEDINASAN terdapat dua lampiran PDF yang di berisikan SK Pengangkatan Kasek dan SK Pemberhentian Kasek. Tak lama kemudian, ucapan selamat yang iringi rasa bingung itu mengguyur dengan derasnya.

[16.32, 2/9/2019] Bu Indarti SMA PAMOTAN: Selamat bapak Sukarno, M.PFis. Semoga selalu amanah. Mohon maaf apabila selama ini kurang sopan. ☺🙏
[16.51, 2/9/2019] Sukatri Guru SMA Pamotan: Mau komen apa ya...bingung, antara sedih dan senang, yg jelas sukses selalu buat bpk. Sukarno M. PFis, semoga selalu amanah dan tidak lupa dg SMA  Pamotan. Mohon maaf kalau selama ini ada yg kurang berkena.
[16.54, 2/9/2019] +62 857-3280-5637: Iya.. Sama dengan  bu Katri.. Semoga ditempat baru Bpk. Sukarno M. PFis.. Dapat mengemban amanah yang diberikan dengan baik.. Amiin
[16.55, 2/9/2019] Sukatri Guru SMA Pamotan: InsyaAllah ini calon penggantinya, beliaunya sekarang baru tindak haji.
[16.56, 2/9/2019] Kepala Sekolah SMA Pamotan: Amin
[16.57, 2/9/2019] +62 823-2888-7985: Selamat dan sukses pak Karno... Smg lbh baik lagi.. Sebetulnya mau nangis d tinggal.. Tp.. Apa daya.. Ada pertrmuan ada perpisahan.. ..smg yg sdh d cita2kan utk smapa bs terwujud.. Aamiin..
[16.57, 2/9/2019] Agus Basuki Guru Ekonomi Smapa: Selamat bapak Sukarno, M.PFis. Semoga selalu amanah. Mohon maaf apabila selama ini kurang sopan.😭😭😭😭😭
[17.05, 2/9/2019] Kepala Sekolah SMA Pamotan: Jangan 😭tetap💪💪Smapa tercintaku
[17.06, 2/9/2019] Windu Guru BK SMAPA: Selamat Bpk sukarno, M.PFis. Mohon maaf apabila selama di sma pamotan ada sikap maupun lisan saya yg kurang berkenan di hati panjenengan ....semoga di tempat yg baru panjenengan dapat menjalankan tugas lebih amanah lagi.... doa yg terbaik buat bpk sukarno, M.PFis....Aamiin

Ternyata, tidak hanya studi banding yang ditata ulang. Hari ini, SMA Negri 1 Pamotan yang tampak terlihat semakin bagus. IT nya sudah digadang-gadang. Program kewirausahaannya yang penuh harapan. Wajah bangunannya semakin molek dipandang. Warna hijau itu semakin nyaman dimata semua orang. Namun pada saat yang sama, SMA Negeri 1 Pamotan harus di tinggal seseorang yang baru genap satu tahun mengabdikannya. 


Group WA KEDINASAN masih dihujani ucapan mendua. Disatu sisi mengucapkan selamat bertugas di tempat yang baru. Di satu sisi, tak tega melihat perjuangan yang separuh nafas itu.

Jika masih ada kesempatan, jelas semua berharap, tidak sekarang. Ini bukan persoalan satu tahun saja. Ini bukan persoalan satu orang apalagi dua orang. Tapi lebih dari itu. Ini adalah kebersamaan yang baru saja tumbuh. Belum ranum. Ini adalah lanjutan perjuangan bersama yang semakin semangat dimulai, tetapi harus diputus tanpa rambu belok kiri.

Walaupun demikian, pesanan plakat akrilik tetap dilanjutkan. Kata Bapak Agus Basuki, "semoga plakat ini tidak menjadi saksi bisu," sembari finger sore ini.

Penulis: Suhadi
Editor: -
Penyelaras: -
Gambar Plakat: WA Art Printing Rembang
Sumber WA: Group KWU SMAPA & Group KEDINASAN

keterangan: tambahan penyertaan ucapan selamat dari group wa KEDINASAN

[17.12, 2/9/2019] Didik Pudianto: Selamat Bpk sukarno, M.PFis. Mohon maaf apabila selama di sma pamotan ada sikap maupun lisan saya yg kurang berkenan di hati panjenengan ....semoga di tempat yg baru panjenengan dapat menjalankan tugas lebih amanah lagi.... doa yg terbaik buat bpk sukarno, M.PFis....Aamiin
[17.13, 2/9/2019] +62 852-9033-2913: Selamat Bpk sukarno, M.PFis. Mohon maaf apabila selama di sma pamotan ada sikap maupun lisan saya yg kurang berkenan di hati panjenengan ....semoga di tempat yg baru panjenengan dapat menjalankan tugas lebih amanah lagi.... doa yg terbaik buat bpk sukarno, M.PFis....Aamiin
[17.16, 2/9/2019] Bu Sri Lestari Smapa: Selamat bapak Sukarno, M.PFis. Semoga selalu amanah. Mohon maaf apabila selama ini kurang sopan, 🙏🙏🙏🙏
[17.16, 2/9/2019] Kepala Sekolah SMA Pamotan: Bapak Ibu Guru Karyawan SMAPA TERCINTA ... terima kasih atas kerja sama selama ini... saya bangga menjadi bagian dari SMAPA TERCINTA... semoga SMAPA TERCINTA menjadi sekolah harapan dan kebangaan  masyarakat Pamotan dan sekitarnya. Tetaplah melangkah penuh semangat jadilah bagian perubahan .... mohon maaf jika ada kekhilafan .. dan jika ada pekerjaan yg masih tertunda... 💪🙏...

[17.17, 2/9/2019] +62 812-1533-8491: 😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭
[17.20, 2/9/2019] +62 821-1353-2599: Selamat dan sukses bpk Sukarno M.PFis. Mohon maaf apabila selama ini kurang sopan😭😭😭 Saya Berharap Semangat dan Kreativitas bpk menjadi Inspirasi dan Motivasi Kerja Kami🙏

[17.21, 2/9/2019] Bu Yani Guru Smapa 2018: Selamat Bpk sukarno, M.PFis. Mohon maaf apabila selama di sma pamotan ada sikap maupun lisan saya yg kurang berkenan di hati panjenengan ....semoga di tempat yg baru panjenengan dapat menjalankan tugas lebih amanah lagi.... doa yg terbaik buat bpk sukarno, M.PFis....Aamiin