-->

GAPURA CINTA NEGERI HUT RI 74

Pada tanggal 14 Agustus 2019 tepatnya di Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawatengah. Saya mengunjungi dan sempat pentas di acara tasyakuran Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem yang telah memenangkan sebuah ajang bergengsi, yakni dalam ajang lomba Gapura Cinta Negeri tingkat Nasional yang mendapatkan peringkat 3 dari sekian banyaknya peserta.

Gapura Cinta Negeri HUT RI 74 Waktu Siang Hari Atau Sore Hari
(Fotografer By Suhadi S.Pd.


Saat Malam Hari
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Gapura ini didesign sesuai pendapat dan ide dari Bapak Nurrohman yang akhirnya dibuat dan dibangun oleh warga RT 05 dengan cara bergotong-royong ini ternyata sangatlah membuahkan hasil yang sangat menyenangkan.

Gapura Cinta Negeri ini menggunakan tema yang sangat unik yakni menggunakan tema dengan ciri khas orang Lasem, Kabupaten Rembang itu sendiri. Dimana ciri khas orang lasem yang terdiri dari para santri, alim, ulama  ( yang dilambangkan dengan tulisan surah Al-Fatihah sebagai atapnya) dan penduduk Tiong Hoa (yang berlambangkan rumah berwarna merah dan tulisan berpola seperti tulisan cina) yang dimana saling guyub rukun dan damai dalam satu desa bahkan satu kota yang disebut Kota Lasem. Ada juga kebiasaan orang Lasem yakni dimana mereka suka sekali dengan kegiatan "Ngopi bareng dan Ngelelet di sebatang rokok" yang dimana menjadi sebuah ikon cangkir miring dan kopi tumpah di sudut gapura. Adapula ikon Batik Tulis Lasem yang menggambarkan kearifan lokal Kota Lasem.

Dan fungsi gapura sebisa mungkin menjadi penanda identitas ekonomi kreatif masyarakat setempat. Sehingga keberadaan gapura diharapkan mampu menjadi media harmonisasi sosial yang mensejahterakan.



Arsip Foto Pembuatan Gapura
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Ini adalah papan cerita pembuatan mulai dari bongkar hingga renovasi ulang yang diberi nama oleh pemuda desa dengan nama "Cerita Cinta Gapura 2019". disini kita tahu bahwa tanpa adanya kerja sama dan gotong royong tak mungkin jadi dan memenangkan lomba tingkat nasional.





Arsip Foto Di Istana Negara RI
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Ini adalah kumpulan foto bersama di Istana Negara RI bersama Menteri dan Bapak Presiden RI ke-7 dan pemberian piagam serta piala atas kemenangan Gapura Cinta Negeri Desa Soditan RT 05 RW 03, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. 






(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Ini adalah piala yang yang diberikan oleh Bapak Joko Widodo selaku Presiden RI ke-7.  Tak hanya sebuah piala saja namun Pemuda RT 05 juga mendapatkan sebuah piagam dan uang sebesar 50 juta rupiah.

Dana tersebut digunakan untuk  pengembangan dan penataan wilayah Desa Soditan khususnya RT 05 yang secara bertahap akan membentuk Desa Destinasi Soditan yakni Desa Hidroponik Religi RT 05 RW 03 Soditan, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Dalam acara penerimaan piagam dan piala tersebut Nur Rahman sang pencetus ide berpendapat,  konsep gapura tidak harus selalu mahal. Nurohman menekankan keberadaan gapura harus mampu menjadi penguat identitas sosial yang membanggakan masyarakat.