-->

Pohon Kehidupan Desa Pranti

Pohon Lontar, Pohon Kehidupan Desa Pranti, kec. Sulang, kab. Rembang, Jawa Tengah

 www.sman1pamotan.sch.id - Pada hari Selasa, 3 September 2019 Tim Dokumentasi SMA N 1 Pamotan (Smapa Quadigris Documenta) melakukan penelitian di kebun Lontar Desa Pranti kec. Sulang kab. Rembang.

Deretan Pohon Lontar di Desa Pranti Tampak Gagah Hingga Sekarang
( Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Pohon Lontar atau biasa disebut Pohon Siwalan adalah pohon yang tumbuh subur di Desa Pranti. Disana pohon tersebut adalah pohon perekonomian bagi penduduk setempat. Pohon ini agak mirip dengan pohon kelapa dimana pohon ini besar dan menjulang tinggi.
 Pohon yang berakar serabut, pohon juga sangat kuat yang dapat mencegah erosi yang disebabkan aliran air yang mengikis tanah . Batang yang besar dan tinggi juga berguna untuk bahan membuat rumah kayu, contohnya sebagai bahan pembangunan rumah yang sering disebut Kayu Glugu sebagai penopang (saka) didalam rumah maupun penopang atap rumah.

kunjungi jugaBuah Siwalan Pohon Lontar

Daun Lontar dan Petani yang Sedang Memanen Hasil
( Fotoger By Moch. Satrio Pratama)
















Daunnya yang lebar dan berbentuk seperti kipas besar juga bermanfaat sebagai alat untuk mencetak gula merah gula gethok atau yang disbut dengan kerek, selain itu daun nya juga berfungsi sebagai wadah untuk mengambil air, Adapun ruas daun nya diantara dua ruas daun bisa dijadikan sebagai lidi. Dan daun yang masih muda dapat digunakan untuk Janur yang dapat digunakan untuk membuat ketupat dan dumbeg.

Klik Full Artikel