-->

SEBATANG TEBU MENJADI GULA MERAH

Pada tanggal 27 Agustus 2019, Smapa Quadigris Documenta (Tim dokumentasi SMA N 1 Pamotan) melakukan identifikasi dan penelitian di Brak Tebu desa Sukoharjo, Sulang, Rembang, Jawa Tengah. Dengan beranggotakan Novita Eka Wulandari,  Mocammad Satrio Pratama, Aulia Risma Azzahra.


Smapa Quadigris Documenta
(Fotografer By Suhadi)
Ternyata Batang tebu yang biasa diolah menjadi gula pasir atau gula putih, juga bisa diolah menjadi gula merah, atau biasa orang Rembang menyebutnya Gula Gethok.


(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)

Ini adalah tempat pembuatan tebu menjadi gula merah yang disebut Brak Tebu. 


Brak Tebu adalah Tempat pemrosesan batang tebu menjadi gula merah. Di tempat ini ada empat tahap pemrosesan. Yang pertama adalah proses pemerasan batang tebu menjadi air gula, yang kedua adalah proses perebusan air gula menjadi gula merah, yang ketiga adalah proses pendinginan agar gula merah yang semula panas dan agak mengental menjadi mengeras sehingga dapat dicetak dan dipotong menjadi barang yang lebih kecil, sedangkan yang keempat adalah proses penimbangan dan pengemasan.


Pemerasan Air Tebu
(Fotografer By Moch. Satrio Pratama)
Diproses pertama ini para pekerja memeras tebu menjadi air gula menggunakan pemeras yang menggunakan mesin penggiling bermesin diesel. Air gula yang terperas selanjutanya ditampung disebuah wadah yang selanjutnya dialirkan  menggunakan pompa air ke bak perebusan gula.