-->

IPNU IPPNU PAC PAMOTAN

"Kelompok sosial ini didirikan sebagai wadah belajar para kaum wanita, agar mereka bisa belajar dan memperdalam ilmu agama Islam. Selain itu kelompok ini membantu para masyarakat dalam bakti sosial. Contohnya penghijauan, membersihkan selokan, membersihkan rumput liar, dll."


ARTIKEL PENELITIAN, Kami memilih melakukan penelitian kelompok sosial IPNU IPPNU PAC Pamotan,  karena ide dari salah satu anggota kelompok kami yaitu Nurul Khotimah. IPNU IPPNU PAC Pamotan berada di desa Pamotan kecamatan Pamotan kabupaten Rembang.

Kelompok ini mendapat dukungan dari masyarakat sekitar, karena kegiatan yang dilakukan kelompok ini bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Dan kelompok ini mengajarkan beberapa kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kelompok ini dibentuk untuk menyetarakan/menyamakan  derajat kaum wanita dengan kaum lelaki, agar kaum wanita tidak dianggap rendah dan memiliki derajat yang sama dengan kaum lelaki.

Kelompok sosial ini didirikan sebagai wadah belajar para kaum wanita, agar mereka bisa belajar dan memperdalam ilmu agama Islam. Selain itu kelompok ini membantu para masyarakat dalam bakti sosial. Contohnya penghijauan, membersihkan selokan, membersihkan rumput liar, dll.

Selain itu kelompok ini mengadakan acara kumpulan pada malam kamis dan malam ahad. Biasanya acara kumpulan itu diisi dengan diba'an/Membaca berjanjen kadang juga Membaca tahlil.

Setiap adanya acara kumpulan, setiap individu membayar infak dengan sukarela. Sedangkan bila ada rapat bulanan, setiap individu diwajibkan membayar uang kas Rp.5000,00.

Setiap tahun biasanya di adakan MAKESTA( Masa Kesetiaan Anggota). Acara ini di buat sebagai ajang untuk melatih kesetiaan anggota. Dalam ajang ini biasanya banyak di selenggarakan acara, seperti pelantikan anggota baru, out bond, perkenalan anggota PAC satu dengan Lainnya dan masih banyak lagi.

Dengan demikian, kita bisa mengetahui bahwa kelompok sosial IPPNU memberikan banyak dampak positif bagi kaum remaja putri maupun lingkungan masyarakat. Dan kita bisa memanfaatkannya  dari adanya kelompok sosial lIPNU IPPNU PAC Pamotan.

Kelompok sosial ini juga melahirkan generasi muda yang bisa bekerja dengan kreatif dan mandiri, sehingga generasi yang akan datang bisa mengetahui kondisi luar / masalah yang timbul dimasyarakat dan bisa mengatasinya dengan baik dan cermat.



Peneliti: Auliya Nur Laddzatil Fami, Nurul Fitriyah, Nurul Khotimah, dan Saiqotin Niswah
Kelas: XI IPS 1 SMA Negeri 1 Pamotan
Proyek: Tugas Penelitian Sosial Mapel Sosiologi, materi Kelompok Sosial.
Sumber Berkas: blog siswa
Instrumen penelitian: Download
Dokumen wawancara: Youtube
Penyelaras: Suhadi, Guru Sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan