-->

Mewujudkan SMA Negeri 1 Pamotan Kawasan Tanpa Rokok dan Usaha Berhenti Merokok


www.sman1pamotan.sch.id - (8/10/2019) Partisipasi SMA Negeri 1 Pamotan dalam program Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Usaha Berhenti Merokok (UBM) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah bertempat di Hotel Merdeka, Pati, pada 11 Oktober 2019 mendatang.

baca juga Senam Sehat

Program ini bertujuan untuk mengembangkan perilaku hidup sehat tanpa rokok khususnya di kawasan sekolah. Dalam pelaksanaan program KTR dan UBM ini, SMA Negeri 1 Pamotan bekerja sama dengan berbagai komponen didalam dan diluar sekolah, antara lain: Bekerjasama dengan Wali Kelas, BK, Waka Kesiswaan, Pembina dan Pengurus OSIS, serta Puskesmas Kecamatan Pamotan.

Pengaturan tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR)  di sekolah diatur lebih lanjut dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan  Kebudayaan Nomor 64 Tahun 2015 tentang Kawasan Tanpa Rokok di Lingkungan Sekolah. Kawasan tanpa rokok adalah ruangan  atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, dan/atau mempromosikan rokok.


Seorang Siswa bekerjasama dengan Guru dalam memasang media sosialisasi
Lingkungan sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses pembelajaran atau kegiatan belajar dan mengajar. Mengingat pentingnya sekolah sebagai tempat pembelajaran bagi semua peserta didik, maka  sudah sepantasnya semua pihak di sekolah berpartisipasi dalam mewujudkan sekolah sebagai KTR, sehingga lingkungan sekolah menjadi lebih bersih, sehat, dan  bebas dari rokok.

baca juga Senam Eerobik 

Upaya mewujudkan lingkungan sekolah  sebagai KTR bukan sebuah parkara yang mudah. Tantangan dan hambatan  sekolah untuk mewujudkan lingkungan  sekolah sebagai KTR memang  relatif berat.


Yuli Riyatno, S.Pd (kanan) dan Aris Susanto (kiri) sedang memberikan materi bahaya rokok
Apapun kondisinya, sekolah dengan segala potensi dan kemampuan yang ada harus dapat mewujudkan sekolah sebagai  KTR, agar dapat menciptakan  lingkungan  sekolah  yang bersih, sehat, dan bebas rokok.  Dengan demikian, sekolah menjadi  lingkungan yang memberikan dampak positif bagi upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

Penulis: Aulia Risma Azzahra 
Editor: Aulia Risma Azzahra
Fotografer: Riotama