-->

Group Khadroh Maknahayat Desa Sidorejo


www.sman1pamotan.sch.id - PENELITIAN SISWA, Khadroh adalah suatu kegiatan yang menarik dan dilakukan oleh anak muda, tua, maupun anak kecil. Khadroh tersebut yaitu  Maknahayat  dari desa Jumput, Pamotan. Khadroh salah satu kegiatan anak muda yang dipunyai oleh desa jumput.

Ada banyak kegiatan yang sudah dilakukan oleh pemuda di desa jumput termasuk group khadroh. Group tersebut sudah mempunyai dampak positif,album,dan lain sebagainya. Keistimewaan yang dipunyai dari group tersebut yaitu bisa mencerminkan atau bisa memberi contoh yang baik kepada desa jumput maupun diluar desa itu dan bisa meningkatkan lagi santunan sholawat lebih terdepan.

Group khadroh Maknahayat adalah salah satu kegiatan perkumpulan remaja yang dilakukan oleh anak-anak desa di Sidorejo. Group khadroh   Maknahayat  di desa sidorejo, pamotan. Di dirikan pada tanggal 21 april 2009,Pada waktu hari lahirnya R.A Kartini. Nama ketua dari group khadroh Yaitu Ahmad Nur Hakim.Nama anggota grup  yaitu   Maknahayat  ada mas mujid, mas nasib, mas Hakim, mas anam, mas anwar, mas mubim, mas an'am ,mas lukman, mas heru, mas apip, dan lain lain. Adapun nama salah satu sosial media dari anak perkumpulan group khadroh yaitu: Hakim al hamid. Bendahara yaitu mas mujib. Nama pencetus grup hadroh maknawiyah adalah nur khozid, modal yang dibutuhkan grup hadroh kurang lebih 1,5juta. Model tersebut didapatkan dari semulanya mencari sendiri namun sekarang dari kesadaran rakyat dibantu oleh rakyat rakyat di Desa Sidorejo Pamotan.

Melatarbelakanginya adalah mendekatkan diri kepada Allah swt dan bisa menciptakan lagu-lagu sholawatan.Adapun syarat ketentuan yang ada di group Maknahayat  diantaranya harus disiplin dan niat. Simbol di gruop khadroh adalah seragam dulu merah sekarang abu-abu dan putih. Aturan kelompok, diantaranya tepat waktu dan disiplin. Kegiatan yang sudah dilakukan yaitu di Desa Sidorejo Kec. Pamotan. Mereka melakukan kegiatan ini karena untuk mengisi acara-acara tertentu diantaranya: Maulud Nabi, Aqiqoh anak kecil, dan acara keagamaan yang lain. Mereka melakukannya dengan cara mempersiapkan dahulu dengan melakukan latihan yang secara mantap. Manfaat dan dampak yang mereka terima yaitu diantara lain mendapatkan berkah, pahala dan mengurangi dosa itu manfaat yang mereka dapatkan,selanjutnya dampaknya yaitu bisa mencontohkan ke masyarakat yang lebih baik dan memberi santunan pemuda yang baik maupun soleh solehah. Adapun kendala yang mereka terima yaitu nevers: ketika mau tampil menunjukkan karya yang kita sudah dapatkan,adapun cara yang bisa mengatasi itu semua adalah minum air putih dan baca basmallah dan percaya diri. Adapun bukti waktu mereka tampil yaitu berupa foto dan video. Rencana kedepannya untuk khadroh  Maknahayat  yaitu supaya bisa membuat album-album yang lebih baik lagi dan terciptaan group tersebut. Harapan kedepannya menjadikan group tersebut lebih terkenal oleh banyak masyarakat luar dan menjadikan group ini lebih baik.Mereka mendapatkan respon dari masyarakat dengan berbeda beda ada yang mendukung dan ada yang tidak.

Group khadroh Maknahayat  perlu lebih semangat buat latihan supaya orang memandang group maknawiyyah ini lebih baik dari group lainnya. Jangan sampai bubar trus maju untuk masadepan group khadroh  Maknahayat.

Penulis: Endang Setyowati, Bintang Cahyani Putri Permata Sari, Rani Afrianti, Joko Setiawan, dan Sholahuddin Yusuf (Siswa Kelas XI IPS 2, SMA Negeri 1 Pamotan)