-->

Ketoprak Tresno Budoyo


www.sman1pamotan.sch.id - PENELITIAN SISWA, Kami telah melakukan wawancara terhadap kelompok ketoprak tresno budoyo di  desa Tempaling kec. Pamotan Kab. Rembang. Tepatnya pada tanggal 15 September 2019 dirumah bapak Akwandi, yang merupakan pendiri dari Ketoprak Tresno Budoyo. Bapak Akwandi, beliau juga mantan kepala desa dari desa tersebut.

Ketoprak tempaling berdiri pada tanggal 26 Agustus 2016. Ketoprak tresno budoyo ini di sutradarai oleh bapak Akwandi. Dan yang mempunyai ide untuk mendirikan ketoprak tersebut adalah karang taruna dan didukung oleh para seniman serta para masyarakat desa Tempaling.

Mereka bermotivasi untuk uri-uri warisan budaya leluhur yang ada di Jawa Tengah. Modal utama untuk mendirikan ketoprak tresno budoyo ini di dapat dari penarikan semua warga Tempaling serta relawan-relawan yang suka kebudayaan ketoprak. Dan tanggapan untuk warga desa Tempaling yaitu sangat-sangat mendukung.Tujuan dari mendirikan ketoprak tersebut adalah untuk melastarikan kebudayaan dan untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya Jawa. Untuk biayanya sekali main sekitar 14.000.000 dalam satu hari satu malam.



Penulis: Alfiatus S, Anita, Nanda Yoga S, R.Galuh Adi U, Rissa Hartanti, dan Safira Widiana N. Penulis adalah siswa kelas XI IPS, SMA Negeri 1 Pamotan.