-->

Komunitas Seni Budaya Pamotan


www.sman1pamotan.sch.id - PENELITIAN SISWA, Nama  kelompok tersebut ialah Komunitas Seni Budaya (KSB). Ada salah satunya FBnya yaitu KSB Pamotan. Lokasi kelompok sosial berada Desa pamotan atau ruko pamotan disekitar kawasan wisata dan kuliner pamotan. Kelompok sosial itu memilih lokasi tersebut karena Letak yang strategis, selain itu juga inggin membantu para pedagang yang ada didalam kawasan tersebut. Kelompok sosial tersebut berdiri pada tanggal 6 juli 2019. Manfaat berdirinya kelompok tersebut ialah untuk membantu para pedagang yang ada disekitar ruko agar lebih laris.ketua kelompok tersebut ialah Saiful anwar. Anggotanya berjumlah kurang lebih 66 orang.

Ide berdirinya kelompok sosial tersebut dari para relawan yang berbakat seni.dalam pentas membutuhkan modal 0 rupiah. masalah Pernah, tetapi hanya masalah sepele, diusut sebentar juga beres. Kalau hambatan sejauh ini belum pernah.Sebelum kegiatan dimulai, kami terlebih dahulu menyanyikan lagi indonesia raya setelah itu baru kegiatan. Kegiatan tersebut selalu bermanfaat karena bersifat memadahi atau mempertahankan seni didalam segi kehidupan.syarat peserta baru yang ingin bergabung yaitu memiliki visi atau tujuan yang sama dan memiliki sifat sukarela.

Sebenarnya tidak sulit, kami cuma butuh kekompakan dalam memajukan seni ini. Tanda kekhasan  dari kelompok sosial yaitu RMM (Rutinitas Malam Minggu). Kelompok tersebut memiliki simbol rutinitas malam minggu Karena pentas itu butuh persiapan dan juga karena malam minggu menjadi waktu yang istimewa bagi kalangan masyarakat.Tidak ada aturan tapi jika tapi jika ada yang membuat onar. iya mereka saling menginggatkan satu sama lain.tidak setiap hari karena setiap pentas butuh persiapan dan meating bukan hanya satu atau 2 kali saja

Setiap pentas dimulai dari pukul 19.30 sampai 22.00 WIB. Untuk memadai setiap seni agar berarti bagi kehidupan dan juga mempersatukan tiap seniman.manfaatnya adalah membantu para pedagang agar lebih laris dampaknya membuat perubahan di kalangan masyarakat dalam memahami seni.unggulan unggulan yang ada di dalam kelompok tersebut:mewadai para seniman didalam menyalurkan atau mengembangkan seni,membantu para pedagang.program unggulan terus ditingkatkan : iya kami semua berusaha untuk meningkatkanya agar lebih maju dan baik lagi.

Harapan kedepan agar semua masyarakat sekitar itu mengenal seni,bukan saja pengertian seni saja tetapi memahami secara menyeluruh. Visi misi kedepan meningkatkan seni dan mengembangkan seni agar lebih bagus lagi.rencana kedepan: terus meningkatkan dan mengembangkan seni lebih baik lagi.tidak ada perubahan struktur sejauh ini. Respon masyarakat tidak melainkan mereka mendukung. Iya ada ratusan orang yang memperhatikan tiap kami pentas.tidak kami tak menagih sebesar pun free untuk masyarakat rembang khususnya desa pamotan.


Penulis: Ahmad Nur Fuadi, Efendy Prasetyo, Eka Novitasari, Muhammad Saiful Amri, dan Vara Arum Setyowati. Penulis adalah siswa SMA Negeri 1 Pamotan, kelas XI IPS 4.