-->

Ujian Online di SMA Negeri 1 Pamotan


www.sman1pamotan.sch.id - SMA Negeri 1 Pamotan menggelar Penilaian Akhir Semester dengan model Ujian Online. Langkah ini diambil dalam rangka membiasakan peserta didik untuk menguasai alat teknologi dan komunikasi di era digital.

"Ya, tahun ini kami menggunakan google formulir yang siap diakses peserta didik dalam ujian akhir semester," ujar KepalaSekolah Fathur Rozi, M.Kom saat menjawab model ujian yang digunakan oleh SMA Negeri 1 Pamotan.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, Ujian Online dalam Penilaian Akhir Semester dilakukan dalam ruang tertutup. Secara teknis, terlihat ujian dilaksanakan seperti biasanya. Hanya saja soal ujiannya diunduh dari google beserta lembar jawabnya.

"Ujian Online PAS kali ini kami gelar dengan ketat. Kami telah menuangkan dalam Tata Tertib Peserta PAS yang mana semua peserta harus mengerjakan dikelas, dan jika peserta ujian mengerjakan diluar ruang ujian, kami anggap tidak hadir," tegas Drs. Didik Pudianto selaku Ketua Panitia Ujian PAS SMA Negeri 1 Pamotan.

Hari pertama ujian online digelar, secara teknis berlangsung dengan lancar. Hanya saja ada satu dua siswa yang masih kurang tepat menuliskan link soal. Terlihat panitia dengan sigap mendampingi peserta.

"Ujian kali ini kami telah menyiapkan dengan baik, salah satunya adalah masalah jaminan keamanan soal yang kami gunakan token, ruang terbatas, dan terdokumentasi dg berita acara," tanda Sri Sukatri, S.Pd selaku Waka Kurikulum.

Ujian online ini ditanggapi cukup antusias para peserta. Muhammad Navi siswa kelas X IPS 4 menanggapi dengan senang karena pengerjaan soal online dapat dikerjakan dengan fokus dan cepat.

Namun beberapa siswa yang mengenakan kacamata terlihat ada kendala. "Mata saya capek melihat hp, enak komputer," pungkas Ni Wayan siswa kelas XII IPS 5.





Penulis: Humas SMA N 1 Pamotan
Fotografer: Humas SMA N 1 Pamotan