-->

Biaya Hidup PJJ (Pelajaran Jarak Jauh ) Di Masa Pandemi Covid


Di masa pandemi ini banyak warga yang sangat kesulitan ntah itu mau bepergian atau melakukan kegiatan seperti tahlilan,jammah dan lainnya apalagi dengan perekonomian. keluargaku pun merasakan dampaknya contohnya saya yang mau masuk sekolah pun terhambat karena adanya pandemi ini . Tidak itu saja gaji bapak saya pun juga terhambat , jadi bapak saya harus memutar otak untuk bisa menyukupi kebutuhan keluarga saya ,beliau bekerja pamsimas atau lebih dikenal untuk saluran air ya itu pekerjaan sampingannya . Bukan hanya untuk mencukupi kebutuhan keluarga bapak saya juga haruas menyiapkan uang untuk keperluan saya yang harus melakukan daring atau pjj . Tidak hanya itu saja bapak saya juga harus mentransfer uang ke mbak saya yang kuliah di semarang , sebenarnya bapak saya sangat terbebani saya tahu dari raut mukanya tapi bapak saya tidak pernah mengeluh dan terus berusaha mencari uang asalkan itu halal contohnya kerja di sawah .

Tetapi saya masih bersyukur bapak saya masih bisa bekerja di tengah pandemi ini . Kalau ibu saya beliau hanya ibu rumah tangga , mulanya ibu saya ikut kerja di sawah tapi ibu saya mendapatkan musibah yang tak pernah kami pikirkan sekeluarga ibu saya mendapat musibah patah tulang dan belum bisa bekerja sampai sekarang karna masih memakai tongkat dan belum berani melepas tongkatnya ,tapi aku tetap bangga dengan ibu saya beliau menerim Lapang dada berapa pun penghasilan bapak saya.

Pengeluaran di keluarga saya kalau di hitung lumayan banyak lah belum kebutuhan untuk makan kita itung satu hari mungkin 15.000 - 20.000 belum lagi untuk membeli paket data per minggu nya saya menghabiskan 1gb dan harganya 27.000 dan bapak saya harus mentransfer uang ke mbak saya yang kuliah di semarang kalau ini tidak menentu karena kadang kalu punya uang dikirim 500.000 dan kalau belum ada uang dikirim 150.000  masih ada pengeluaran lagi yaa seperti gas 20.000 air minum galon 5000 untuk sabun mungkin kalau beli bebarengan habis 15.000  kalau jajan saya jarang sekali jajan ya karena mau meringankan beban bapak saya  san cukup disini semoga kita semua di beri keselamatan ,kesehatan  , rizki dari Allah swt

Pesan saya
Jaga jarak
Hindari kerumunan
Selalu jaga kebersihan
Sekian dari saya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nb: (Yang foto itu contohnya mau buat aliran air harus di bor dulu jalannya dan yang aku foto itu mas aku dia di rumah karna sedang skripsi dan di rumah tidak ada kerjaan jadi kakak ku ikut bantu- bantu bapakku )

Penulis: Lailatul Fitriya (Siswa SMA Negeri 1 Pamotan, Kelas XII IPS5)