-->

Roll Banner Unit Produksi Media Pembelajaran

www.sman1pamotan.sch.id - Roll Banner merupakan bagian dari media sosialisasi yang diperuntukkan pada ruang terbatas. Bentuknya yang menarik, mudah penyimpanan dan pemasangannya, kerapkali dipilih menjadi alat menyampaikan pesan di beberapa lembaga dan layanan publik.

Roll Banner pada awalnya merupakan pengembangan dan modivikasi dari x-banner. Banner berdiri ini pada awalnya adalah inovasi dari banner dinding. Pemasangan dan penggunaan banner dinding yang terbatas pada peletakan pesan di dinding, kemudian diinovasi kembali. Banner yang dulunya terbatas hanya ditempel didinding ini kemudian dikasih kaki penyangga. Dengan diberikan kaki penyangga, banner kemudian dapat dipindah lokasi dan kegunaannya.

Namun dalam perkembangannya, x-banner mengalami penyempurnaan. X-banner yang dipandang masih ribet pemasangannya, dan masih memakan tempat saat menyimpannya itu, perlu disederhanakan lagi. Terlebih kerapkali terjadi kerusakan fisik banner karena pada saat menggulung tidak pas. Pada saat itulah muncul ide untuk desain penyempurna, yaitu model banner yang dapat digulung bersamaan dengan kaki penyangga nya. Model yang demikian itulah, disebut kemudian roll banner.

Secara fisik, roll banner terdiri dari roll penggulung yang menyatu dengan kaki. Roll penggulung inilah yang fungsinya untuk menggulung lembar banner. Agar banner dapat berdiri, roll banner ditambahi dengan pipa berdiri yang berguna untuk sandaran banner. Dan untuk menyempurnakan lembar banner agar presisi, bagian atasnya diberikan pengait gulung kecil yang terhubung fungsi dan ukurannya dengan roll bagian bawah. Dengan penampakan  fisik yang demikian itulah, roll banner semakin dinamis penggunaannya, mudah pemasangannya, dan cukup savety dalam menjaga isi banner agar tetap dalam kondisi bersih, aman, dan mempesona, setiap roll banner dilengkapi juga dengan tas ukuran kecil berbahan kasa.

Berikut ini merupakan contoh produk roll banner yang diperuntukkan unit produksi media pembelajaran.


(Foto roll banner yang isinya langkah-langkah produksi video pembelajaran)


(Foto roll banner yang isinya standar operasional prosedur produksi video pembelajaran untuk guru)


(Foto roll banner yang isinya standar operasional prosedur produksi video pembelajaran untuk siswa)

Penulis: Sri Suhadi