-->

Hariku Yang Keren Bersama Guruku


www.sman1pamotanrembang-Holla. 9 September 2020. Aku Hima. Presenter dari studio SMA N 1 Pamotan. Hari ini adalah hari yang sangat keren. Bukan berarti hari sebelum-sebelumnya nggak keren. Tapi hari ini lebih. Biasanya materi yang dibawa hanya sebatas sharing aja. Tapi kali ini nggak. Kali ini aplikatif sekali. Sebelumnya, biar aku ceritakan sebabnya.

8 September 2020, tuing muncul notifikasi dari grup kalau akan ada rekaman bareng Ibu Guru Kimia SMA N 1 Pamotan, Ibu Sri Lestari S.Pd. Waw. Sangat mengejutkan. Rasanya seneng banget akhirnya bisa buat konten bareng Beliau. Bentar-bentar. Biar aku jelaskan. Bu Tari adalah guru kimia di SMA N 1 Pamotan, terdengar biasa saja. Tapi bagiku lebih. Beliau adalah salah satu dari sekian banyak list guru favorit yang aku buat. Bisa dibayangkan tidak? Ketika kalian akhirnya bisa buat konten bareng idola kalian? Pasti seneng banget dong. Haha. Ngomomg-ngomong aku suka sekali dengan kimia. Dari 16 mata pelajaran, yang paling aku favoritkan adalah kimia. Yaa, karena kimia itu unik. Kimia bisa buat suatu perubahan. Dan yang paling penting kimia itu menyenangkan.

Hari ini rasanya dopamine yang ada dalam diriku meningkat drastis. Praktikum bersama ibu guru favorit dan membahas mata pelajaran favorit juga. Rasanya sangat mengagumkan. Awalnya aku agak canggung. Secara Bu Tari, yang terkenal oleh teman-teman merupakan salah satu guru paling disiplin di SMA Pamotan. Takut salah kata, salah bicara, atau bisa-bisa salah melakukan. But actually, pikiranku salah. I do that. Dan ga ada yang harus di khawatirkan gitu loh. Awalnya deg-deg an banget, sampai cari informasi ke Kakak tingkat, Raikhan Noer yang juga sering melakukan sebuah podcast bareng orang-orang penting. Gimana caranya menyampaikan informasi, atau menanyakan sebuah pertanyaan dengan baik dan benar. Se-khawatir itu diriku akan salah. Kata kak Raikhan aku disuruh rilex aja. Enjoy that moment bareng Bu Tari, gausah gerogi, jangan gugup dan gaboleh takut salah. Makasih kak Raikhan, hehe.

Aku, adalah satu-satunya siswa yang paling beruntung yang bisa praktek langsung sama Bu Tari. Mon maaf yah teman-temankuu. Ini aku pamer loh, diluar video itu, aku dan Bu Tari juga melakukan praktek reaksi lain yang kalian nggak tahu haha. Dan betapa beruntungnya aku, bisa tahu materi lain yang kalian nggak tahu juga. Nunggu informasi aja ya, yang penting kan aku udah tahu duluan haha, bercanda. Yang jelas hari ini sangat menakjubkan. Dapet ilmu baru, pengalaman baru, dan pasti itu sangat menunjang diriku yang sangat ingin menjadi seorang ahli kimia, lebih tepatnya ke bidang penelitian haha. Baru tahu caranya penyepuhan atau pelapisan besi, saat Cu2SO4 di elektrolisis dengan Cu(s) dan Fe(s), perubahan warna pada Na2SO4 saat ditambah PP dan di beri aliran listrik, dan KI yang memiliki warna berbeda di anoda serta katoda nya. Lebih tepatnya, aku memiliki kesempatan pemahaman yang lebih. Karena aku melakukannya secara langsung.

Dari sini aku tahu. Memang praktek lebih memorable daripada materi haha. Yang bisa materi belum tentu bisa praktek seperti diriku kan? Bersyukur banget hari ini bisa tau KaPoKaRed, bisa punya gambaran sedikit tentang Volta dan bisa tanya secara langsung pada ahlinya, tentu. At last aku bisa buat kesimpulan. "Pertemuanku dengan seseorang akan selalu menghadirkan sebuah pelajaran. Ilmu baru dan karakter baru. Semua job dan konten yang sudah aku lakukan, membuat aku lebih percaya kalo manusia hidup harus aktif, bukan pasif dan tidak mau keluar dari zona nyaman." Jadi presenter adalah tantangan tersendiri bagi diriku. Bertemu orang-orang dengan jabatan yang tinggi, bahkan saat temanku hanya bisa melihat lewat gambar, aku bisa melihat secara langsung, bahkan aku bisa berbincang dengan beliau-beliau. Sering di katain manusia sibuk yang gak bisa santai. Sorry nih ya, aku bukan sibuk. Tapi produktif. Beda dong. Sekali lagi aku mau bilang, intinya daya tarik pada konten kali ini sangat keren bagiku, dan pastinya ada hal dariku yang nggak akan pernah bisa kalian rasakan.


Terimakasih
Sincerely,

Hima