-->

Penilaian Peserta Didik dan Orang Tua Terhadap Guru Mapel


www.sman1pamotanrembang.sch.id - 

Responden Pertama 

Ainnur Ayu Nanda Agustin, XI IPS 1, Kauman Pamotan

Dalam pembelajaran jarak jauh mau tidak mau siswa maupun guru dituntut pintar memanfaatkan TIK untuk pembelajaran daring. Namun, dalam program PJJ tersebut banyak kekurangan yang membuat siswa kurang paham atau bahkan tidak paham maksud dari gurunya. Dari pengalaman yang saya alami, masih ada beberapa kemampuan guru yang harus ditingkatkan untuk mempermudah pembelajaran jarak jauh tersebut. Kemampuan tersebut adalah guru harus bisa pintar dalam memanfaatkan TIK, menggunakan metode pembelajaran yang mudah dan tidak rumit, jika ada murid yang bertanya di wa pribadi maupun grup dimohon dengan hormat untuk dijawab walaupun slow respon gapapa yang penting dijawab, dan saya mengajukan agar bapak/ibu guru sebelum memberikan tugas dimohon menjelaskan materinya dulu baru diberi tugas, karena tidak semua murid bisa mencari penjelasan materinya sendiri di internet. Itu semua merupakan kemampuan yang perlu ditingkatkan oleh bapak/ibu guru dari pandangan saya pribadi.

Responden Kedua

A'isyah Nurus Salamah, XI IPS 3

Disini saya akan memberikan nilai melalui pendapat saya mengenai bagaimana respon guru sosiologi saya yaitu bapak Suhadi selama pembelajaran jarak jauh (PJJ). Berikut 4 hal yang akan saya nilai mengenai respon pak suhadi ± Selama 6 bulan ini belajar PJJ:

Dalam menguasai materi pastinya para siswa siswi akan Bingung selama PJJ ini karena kita tidak memiliki pegangan buku seperti buku paket dan tidak dijelaskan secara langsung atau bertatap muka. Namun pak suhadi memberikan materi dengan baik yaitu dengan menjelaskannya melalui contoh dengan menggambarkan dirinya seperti materi yang baru dipelajari kali ini yaitu mengenai silsilah keluarga. Dengan diberikannya gambaran terlebih dahulu pastinya membuat para siswa siswi lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan.

Dalam mengajar beliau memiliki cara yang unik yaitu dengan menyuruh membuat blogger kepada para siswa siswi. Melalui blogger para murid dapat mengupload tugasnya, dengan cara ini siswa siswi yang tidak paham tugas yang telah diberikan dapat melihat contoh milik temannya yang telah mengerjakan yauitu melalui blogger milik temannya yang sudah mengerjakan sehingga mereka dapat meniru dan termotivasi. Akibatnya mereka yang tidak paham menjadi paham, dengan demikian mereka dapat saling membantu.

Selama mengajar pak suhadi selalu bersikap baik terhadap murid muridnya, bahkan beliau bersikap sopan terhadap yang lebih muda. Ketika saya bertanya apabila saya tidak paham tentang materi yang diberikan beliau selalu mersponnya dengan cepat. Saya bangga dengan guru yang bersikap seperti ini, terkadang banyak guru yang memberikan respon lama saat muridnya bertanya namun berbeda dengan pak Suhadi beliau dengan tanggap langsung merespon setiap kali ada murid yang bertanya.

Hubungan sosial dengan murid muridnya saya rasa baik, karena beliau dengan tanggap membantu murid yang sedang kesulitan. Bahkan beliau memberikan kuota kepada muridnya dan menawari untuk pergi wifian dirumah baca yaitu dipalan kepada anak anak yang tidak mempunyai kuota untuk mengerjakan tugas.

Menurut saya hal yang perlu bapak tingkatkan yaitu meliputi:                    ~ Tingkatkan metode pembelajaran yang bervariasi: 
    Dengan meningkatkan metode pembelajaran yang bervariasi maka akan membuat murid memiliki pemahaman yang mendalam dan menjadikan siswa memiliki pengalaman yang luas

~ Tingkatkan Budaya membaca:
     Dengan memberikan contoh yaitu meningkatkan budaya membaca maka para siswa akan meniru sehingga membuat pemahaman kita semakin luas

~ Menginspirasi
       Selama ini bapak sudah banyak memberikan inspirasi kepada kita, namun ada kalanya jika bapak memberikan inspirasi yang jauh lebih banyak dan menarik maka akan membuat kita semakin bersemangat dan pantang menyerah

Responde Ketiga 

Rily Amelia, XII IPS 5

Guru harus mengetahui tatacara mengajar yang baik, keterampilan mengajar harus sering di-update. Guru harus benar-benar paham dalam mengembangkan pembelajaran.Penguasaan materi penting juga dengan memperbaharui ilmu yang akan diajarkan oleh guru. Materi yang diajarkan juga harus selalu di-update, sebab ilmu pengetahuan mengalami perkembangan sesuai perubahan zaman.Kemampuan ini termasuk pada pengembangan kompetensi profesional. Selain itu, kompetensi kepribadian terutama integritas dalam keilmuan harus ditingkatkan. Kompetensi sosial dituntut pula untuk ditingkatkan. Dan guru harus ekstra sabar dalam menghadapi murid" karena setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Guru harus menginspirasi para murid"nya dan memberi teladan yang baik bagi murid"nya.

Responden Keemapat

Khoirul Fitriyani [12, XII IPS 5]

Menurut saya pak suhadi adalah guru yang sangat mengutamakan komunikasi antara murid dan gurunya. Contohnya ketika saya kesusahan atau kesulitan dalam mengerjakan tugas pak Suhadi dengan berbesar  hati untuk membantu saya dengan lewat telpon. Dan ketika saya diajar oleh beliau saya sekarang menjadi lebih mengenal berbagai metode pembelajaran dari mulai untuk membuat blog mengupload video di YouTube.

Responden Kelima 

Susi Angraeni [31, XI IPS 4] 
Kemampuan guru yang perlu ditingkatkan
1. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
2. Menggunakan berbagai macam media/alat peraga

Responden Keenam 

Fitri Wahyuningsih [11, XI IPS 4] dan Nida Kamilatunuha [22, Xl IPS 4]
Kemampuan guru yang perlu ditingkatkan:
1. Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. 
2. Memberi teladan. 
3. Meningkatkan rasa peduli kepada peserta didik. 
4. Tidak membeda bedakan

Responden ketujuh 

Nur Afifah Fitriani [25, XI IPS 4]
Kemampuan guru yang perlu ditingkatkan
1. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
2. Menggunakan berbagai macam media/alat peraga

Responden kedepalan 

Sugiana [30, XI IPS3]
Harapan Peserta Didik terhadap Guru:
1)Kemampuan guru yang perlu ditingkatkan.
2)Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran Membimbing peserta didik memanfaatkan TIK untuk kegiatan yang positif.
3)Menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi.
4)Menggunakan berbagai macam media/alat peraga.
5)Meningkatkan budaya membaca. 6)Meningkatkan rasa peduli kepada peserta didik.
7)Menginspirasi.
8)Komunikatif.
9)Memberi teladan.
10)Tidak membeda-bedakan.
11)Mengembangkan bakat dan minat.
12)Mengikuti perkembangan zaman.
13)Memperbaharui pengetahuan.
Responden kesembilan 

Nur Afifah Fitriani [25, XI IPS 4]
Kemampuan guru yang perlu ditingkatkan
1. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran
2. Menggunakan berbagai macam media/alat peraga
Responden kesepuluh 

Widya Nuraini [31, XI Ips 2]
Menurut saya, Harapan peserta didik terhadap guru yaitu menjadi guru yang baik yang selalu sabar dalam mengajari murid-muridnya dengan penuh keikhlasan, tidak membeda bedakan muridnya,memberikan teladan yang baik. Harapan yang diinginkan siswa biasaya mempengaruhi kelancaran proses pembelajarannya.Jika harapannya terpenuhi ,maka siswa akan belajar dengan tenang,semangat ,dan penuh motivasi.Sebaliknya jika harapannya tidak terpenuhi,maka proses belajarnya akan terhambat.🙏

Responden kesebelas

Novita Eka Wulandari [24, XI IPS 4]
Semoga bisa menjadi guru yang lebih baik lagi, tambah sukses kedepannya, dan tetap semangat untuk mengajarkan, serta menerangkan Sosiologi bagi para siswa nya

Responden keduabelas 

Suratmi [ Wali murid dari Ainnur Ayu Nanda Agustin, Kauman Pamotan]

Saya sebagai orang tua dari salah satu siswa SMA N 1 Pamotan berterima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah membimbing anak saya baik di sekolah langsung maupun belajar lewat online. Harapan saya kepada bapak/ibu guru semoga dengan adanya PJJ, bapak/ibu guru tetap bisa membimbing anak saya walaupun hanya lewat HP. Bagaimanapun caranya yang penting anak kami bisa mengikuti pelajaran bapak/ibu guru yang bersangkutan. Dan semoga bapak/ibu guru bisa menggunakan cara pembelajaran yang mudah dan tidak rumit agar mempermudah pembelajaran. Karena saya pribadi sebagai orang tuapun gak seberapa paham tentang teknologi. Dan semoga bapak/ibu guru bisa lebih sabar dalam mendidik anak saya dan murid-muris yang lainnya. 
Responden ketigabelas  

Juadi [wali murid dari KHOIRUL FITRIYANI, Gendongan RT 03 RW 08 Desa Pamotan]

Menurut saya yang saya amati dari pembelajaran bapak guru sudah baik. Walaupun pembelajaran yang terbatas dan tidak bisa bertatap muka tetapi saya lihat bapak mengutamakan komunikasi untuk media penyampaian pembelajaran jarak jauh.Sehingga anak saya dapat mengerjakan tugas sesuai deadline yang bapak berikan .

Responden keempatbelas 

Sunarti (Nennek, Wali murid dari  Rily Amelia, Karangtengah Pamotan]

Harapan orang tua kepada guru yaitu guru harus mampu menjadi orang tua bagi murid"nya.Belajar dengan jarak jauh atau belajar di rumah secara teknologi dan informasi, siswa sangat cepat mendapatkan pembelajaran asal sudah bisa menggunakan alat teknologi tersebut. Akan tetapi ada yang hilang dalam pembelajaran anak tersebut yaitu dari aspek sikap menjadi tumpul karena kurang sentuhan pembelajaran akhlak secara langsung. Tidak semua pembelajaran bisa dilakukan dengan daring yakni pembelajaran dan pembinaan akhlak yang harus langsung bersentuhan antara guru dan muridnya. Dan pengajaran  akhlak diajarkan dengan contoh teladan selanjutnya diikuti oleh siswanya.