-->

Percobaan Asam Basa by @puspito rizky


www.sman1pamotanrembang.sch.id - Pelajaran Kimia, Pengalaman saya melakukan percobaan asam basa. 

Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih kepada Ibu Guru Kimia kami, Ibu Sri Lestari, S.Pd yang telah membimbing kami selama pembelajaran online selama ini. 

Pada materi asam basa yang menjadi salah satu kd dalam pembelajaran kimia kelas 11 ini. Kami diperintahkan untuk melakukan percobaan indikator asam basa alami. Pada saat akan melakukan peecobaan indikator alami ,saya sangat antusias sekaligus bingung. Dikarenakan mencari indikator alami asam basa yang ada di sekitar rumah ,itu mudah mudah susah.sebenarmya saya melakukan 2 kali percobaan yang mana salah satunya gagal .

Pada percobaan 1 saya menggunakan bayem serta wortel .pada percobaan tsb. Ekstrak bayem tidak berubah warna ketika di masuk kan kedalam larutan asam maupun basa. Dan ekstrak wortel juga tidak terlalu bisa mengeluarkan perbedaan warna yang mencolok. Dari percobaan pertama saya ini saya sempat males untuk mengulangi lagi karena percobaan tsb sudah saya rekam,edit,dan sudah saya unggah di YouTube. Namun ,karena masih ada waktu tenggat ,jadi saya berusaha untuk bisa secepatnya mencari bahan lain yng dapat digunakan sebagai indikator alami. Disinialah ada sebuah pemikiran bahwa saya bisa minta indikator seprti bunga dari teman saya.

Karena dirumah saya memang tidak terdpat bunga. Jadi.ketika waktu hampir maghrib saya chat teman yang kira" punya bunga di sekitar rumahnya. Singkat kata saya memperoleh bunga tsb .yng kemudian saya buat untuk percobaan kedua. Pada percobaan kedua ini saya menggunakan bunga gambyong dan temulawak. 

Waktu perekaman dan saat menuangkan ekstrak bunga gambyong dan temulawak kedalam larutan cuka maupun sabun. Percobaan saya berhasil karna di sana terjadi perubahan warna yang mencolok dari kedua larutan. 

Dan hal tersebut membuat saya excited...

Penulis: @puspito_rizky