-->

Kuliner Lebaran

www.sman1pamotanrembang.sch.id - Artikel Siswa, Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadhan, seluruh umat muslim dengan suka cita menyambut Hari Raya Idul Fitri. Momen ini umumnya diisi dengan silaturahmi dengan berkunjung ke kerabat dekat, tetangga, teman dan keluarga besar untuk sekedar bersalaman bahkan hingga bersantap  lontong/ ketupat secara bersama-sama. 

Dengan adanya pandemi Covid-19 selama ini  dimana setiap orang dianjurkan untuk di rumah saja. Sehingga beberapa tradisi lebaran  harus ada yang ditunda seperti, mudik ke kampung halaman, dan kumpul- kumpul dengan banyak orang. Meski kita tidak lagi dianjurkan untuk melakukan kegiatan tersebut saat Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita tidak perlu khawatir , karena libur lebaran di rumah akan tetap asik , seru dan bermakna bersama keluarga inti.

Berbicara soal kuliner khas lebaran di Indonesia, ketupat dan lontong merupakan  salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Saking populernya makanan khas Lebaran Indonesia satu ini, ornamen ketupat bahkan menjadi bagian dari dekorasi hari Lebaran yang cukup populer. 

Untuk melengkapi santapan ketupat di hari  Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam. Makanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

Kuliner lebaran ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat kita cukup ahli dalam menguasai jenis masakan apa dan kapan kuliner itu perlu disajikan dalam ruang makan keluarga. Melalui film kuliner lebaran ini, kita diingatkan kembali bahwa sejatinya setiap keluarga selalu menyayangi sanak dan kerabatnya. Melalui film ini pula, secara berkala kita diingatkan kembali bahwa bangsa kita memiliki identitas makanan yang mampu menggerakkan jalinan kerukunan, jalinan kebersamaan, dan jalinan ketaatan sosial secara bersama-sama. Bagaimana tidak, walaupun pada saat ini dalam keseharian kita telah dijejali aneka kuliner dari negeri antah-berantah, tetapi ketika moment lebaran tiba, kuliner kita akan menjadi jenis masakan yang rumah tuannya. Mulai dari nasi kupat, sayur ayam opor, sate, rendang, gudangan, dan aneka pepes ikan, selalu menghiasi meja makan kita. Kuliner lebaran ini juga seakan tampil menjadi benteng kuliner nusantara, seiring bombardir kuliner transnasional di era gbobal. Sebuah kuliner yang membumi, kuliner lebaran. 

Selamat Hari Raya Idul Fitri 🙏🙏🙏

Oke Guys,,,,, sekian blog singkat dari saya, mohon maaf apabila ada kekurangan.

See You,,,,, sampai jumpa di blog saya selanjutnya ya.....

Penulis: Novita Eka Wulandari
Email  : novitaeka989@gmail.com
Alamat: Palan, Rt04 Rw01, Pamotan, Rembang, Jawa Tengah.

Sumber: https://novitaekawulandari212.blogspot.com/2021/05/kuliner-lebaran.html