-->

KRIPIK KETELA IBU TUKIMI

Penulis: RISHA AULIA EKA PRANANTYA

Halo teman-teman berjumpa lagi. Kali ini saya akan membahas tentang pemberdayaan komunitas yaitu, membantu mempromosikan produk jajanan tetangga saya yang enak dan gurih yaitu kripik ketela.

Ketela merupakan salah satu komoditas pertanian yang sangat baik di komsumsi oleh masyarakat indonesia, ketela dapat juga diolah sebagai bahan makan camilan anak-anak sepeti kripik ketela. 

Kripik ketela adalah makanan yang terbuat dari ketela yang diiris tipis kemudian di goreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak muncul variasi rasa kripik ketela , tidak hanya asin pedas dan manis pedas dikenal sebagai bumbu balado, makanan ini tersebar hampir merata di seluruh pulau Jawa.

Kripik ketela sekarang banyak dijumpai dikalangan masyarakat, salah satunya yaitu didesa saya Desa Pancur, RT 11, RW 01, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang. Penjual kripik ketela didesa saya yaitu ibu tukimi, kripik ketela yang dibuat ibu tukimi banyak sekali yang minat karena rasanya enak,gurih,dan renyah. Tak heran jika kripik ketela digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

~ Berikut adalah produk jajanan kripik ketela buatan Ibu Tukimi

Keripik ketela adalah makanan yang berasal dari sulawesi selatan yang terbuat dari ketela yang diiris tipis kemudian digoreng dengan menggunakan minyak goreng. Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih.


• Identitas produk

Kripik Ketela Ibu Tukimi

• Alamat
Jajanan kripik ketela ini bisa kalian jumpai didesa saya yaitu Desa Pancur, RT 11, RW 01, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang.

• Berat Produk 
Berat produk kripik yang dijual ibu tukimi sekitar 250gram

• Ukuran kemasan
Plastik bening dengan ukuran sekitar 30×15 

• Harga Produk
Harga Kripik Ketela yang dijual ibu tukimi sangat murah, isinya banyak, enak, gurih, dan renyah dijual dgn harga 12ribu per pcs.

|| Komposisi Produk 
Cara Membuat Keripik Ketela Renyah

Bahan:
- 2 kg ketela (bersihkan kulitnya, kupas kemudian iris tipis)

Bahan Rendaman:
- 1 sdt baking soda
- 1 liter air panas (bukan air yang baru mendidih)
- 1 sdt garam
- Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:
1. Cuci bersih ketela yang telah diiris tipis sampai bersih.
2. Siapkan bahan rendaman. Air panasnya bukan yang baru mendidih. Tambahkan garam dan baking soda aduk rata.
3. Masukkan ketela ke bahan rendaman. Rendam kurang lebih 45 menit-1 jam.
4. Tiriskan ketela, kemudian bilas lagi dengan air bersih, tiriskan lagi.
5. Panaskan minyak secukupnya, harus terendam. Goreng ketela sampai kekuningan, sesekali diaduk-aduk supaya matang merata. Setelah matang, langsung taburi bumbu sesuai selera.
6. Keripik ketela renyah siap disajikan.
Kripik Ketela yang dibuat ibu tukimi banyak sekali yang minat karena rasanya enak,gurih,dan renyah. Perkembangan sekarang banyak muncul variasi rasa kripik ketela, tidak hanya asin pedas dan manis pedas dikenal sebagai bumbu balado. Tak heran jika kripik ketela digemari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

Sekian blog dari saya, bila ada salah kata saya mohon maaf, sampai jumpa diblog saya selanjutnya 😊🖐🏻

Wassalamu'alaikum wr.wb

|| PENULIS adalah RISHA AULIA EKA PRANANTYA, Tinggal di desa Pancur, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Kode Pos 59262, dengan alamat surel rishaauliaekapranatya@gmail.com