-->

Jangan Pernah Takut Mencoba, dan Selalu Percaya Diri - Podcast Ekspektasi Siswa SMA

Penulis: Niswatin Afifah

Siang (25/01) tadi saya dan rekan sekelas (Kumaidah) di ajak guru kami untuk melakukan podcast. Ya, saya dan rekan menerima ajakan tersebut meskipun belum pernah mencoba melakukan podcast. 😂

Sampai di studio Smapa, kami nggak tau mau ngelakuin apa. Terus kami di minta berbicara di depan kamera layaknya seorang wartawan. 

Wah kegiatan tadi membuat kita kaget tapi seru. Untuk menambah pengalaman, kami juga di ajari melakukan cara merekam. Nah dari acara tadi saya dan rekan tidak mengetahui gimana awal melakukan podcast. Selanjutnya kami diberi tahu, dan kami di ajak podcast. 

Merupakan satu hal yang tak kan saya lupakan, Karena apa? Karena pertama kali masuk di studio Smapa. Kedua mengetahui cara berbicara di depan kamera. Ya meskipun salah terus😂 kan belajar. Ketiga saya dan rekan kaget kedatangan alumni dari SMA negeri 1 Pamotan yang aktif dalam podcast dan sangat lancar berbicara di depan kamera. Wah diri kami makin takut karena latihan kami di awasi langsung sama yang sudah jago dalam podcast juga😂. Juga kami saling berkenalan.

Dia adalah mbak Fifi Aulia dan mbak Hima. Mbak Fifi menjadi Narasumber. Dan mbak Hima menjadi presenter. Dalam podcast, mbak Fifi mengatakan ekspektasi adalah sebuah parameter yang mana bisa membuat kita bisa termotivasi yang mana bisa membuat kita menjadi termotivasi. Tapi sayangnya, menurut mbak Fifi, ekspektasi ini bisa membuat kita kecewa karena ekspektasi kita yang terlalu berlebihan pada diri sendiri dan orang lain.

Setelah panjang lebar, mbak Hima kasih penutup dalam Podcast. Mbak Hima bilang, imbangi ekspektasi dengan kemungkinan terburuk yang akan terjadi. Kita tidak akan pernah bisa mengatur manusia lain untuk berekspektasi terhadap kita, namun kita dapat mengatur ekpektasi kita terhadap orang lain. Lakukan apa yang membuatmu nyaman, karena orang yang berekspektasi jahat tidak akan peduli dengan ketidaknyamanan yang kamu rasakan. Teruslah berharap dan mengusahakan hal baik, karena waktu tidak akan menghianati prosesnya. Dan setiap pilihan punya alasan, setiap pilihan punya resiko.



Dari kegiatan podcast tersebut, kakak alumni kami bercerita tentang ekspetasi. Beh dari percakapan yang panjang tersebut terdapat satu kalimat yang saya jadikan motivasi yaitu jangan pernah takut mencoba, dan selalu percaya diri. 

Jika ada kesempatan lagi saya mau belajar melakukan podcast lagi hehehe. Sepenggal cerita yang dapat saya ceritakan dari kegiatan siang tadi yang sangat panjang dan seru.

* Penulis adalah siswa SMA negeri 1 Pamotan saat ini sedang duduk di bangku kelas X1 jurusan IPS.

Keterangan: Segera tayang, podcast dengan tema ekspektasi dalam Podcast SMA Pamotan.