-->

Putri Bakery (Cake & Bakery)

Penulis : Sintia Pratamaningrum 

Hai teman-teman kita kembali lagi berjumpa dengan tulisan saya. Nah kali ini saya membahas tentang produk digital yaitu membantu mempromosikan produk jajanan tetangga. Jajanan tetangga yang saya pilih adalah roti yang bertekstur empuk, lembut dan tentunya enak.

Dari berbagai macam jenis usaha produk tetangga, yang akan saya promosikan yaitu roti.
Roti ini di produksi oleh Bu suprat. Beliau adalah seorang pengusaha "Cake & Bakery" yang bertempat di Desa Sumberagung Kecamatan Pancur, tepatnya di Dukuh Posongo. Usaha Bu Suprat ini di rintis sejak beliau masih muda/belum menikah hingga saat ini dengan nama usaha "Putri Bakery". Kini usahanya kian meningkat, apalagi dengan adanya promosi secara online yang dilakukan oleh anak-anaknya. Sekarang penjualannya tak hanya dititipkan ke warung-warung dan ke Pasar Pamotan, melainkan sudah tersebar luas hingga ke luar kota. 

Oleh karena itu, beliau mulai membuat inovasi-inovasi baru yang mampu menarik banyak konsumen, salah satunya paket hantaran. Di musim-musim pernikahan atau khitanan, omset beliau naik pesat hingga berkali-kali lipat. Semakin naik usahanya, beliau juga memutuskan untuk membesarkan tempat produksi, menambah peralatan produksi, bahkan sampai transportasi produksi. Yang semula hanya bertempat produksi seadanya dan transportasi motor/pinjam pick up tetangga, kini sudah mempunyai rumah produksi yang sangat luas, alat produksi yang semakin canggih, dan transportasi produksi sendiri salah satunya mobil dan pick up.

Apasih roti?? Iyah roti, pasti tidak familiar ditelinga kita kan? Apakah kalian sudah tau tentang sejarahnya roti? Sudah tau apa belom? Nah kalo belum yuk simak penjelasannya berikut ini.

Siapa sih yang tidak mengenal roti? Roti merupakan adonan berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, obat roti, pengembangan roti kemudian dioven. Mungkin roti merupakan olahan pangan tertua, karena terkenal sejak zaman dahulu sampai sekarang. Olahan pangan yang satu ini mengandung karbohidrat dengan tekstur lembut dan empuk. 

Banyak macam-macam olahan roti seperti biskuit, donat, roti tawar, roti gandum, roti sobek, roti bakar dan masih banyak lagi olahan roti. Isiannya juga beraneka macam seperti selai coklat, selai strawberry, selai nanas, selai kacang, selai blueberry, chocolate banana, abon dan masih banyak lagi. Selain nasi, roti juga salah satu makanan banyak dikonsumsi, yang dijadikan sebagai menu sarapan pengganti nasi, karena kandungan karbohidrat sama seperti dengan nasi. 

Roti juga dapat mengganjal rasa lapar, terbuat dari olahan gandum yang satu ini yang memiliki karbohidrat yang cukup bikin kenyang. Bahkan buat orang yang ingin diet atau sibuk (seperti sekolah, bekerja), roti menjadi makanan yang praktis, karena mudah untuk dibawa kemana. Tekstur pada roti yang lembut dan empuk banyak digemari oleh kalangan anak-anak maupun orang tua. 

• Nama produk
Produk jajanan tetangga yang saya ambil adalah Putri Bakery (Cake & Bakery)

Putri Bakery (Cake & Bakery) ini diproduksi oleh Suprapti atau yang sering kami panggil dengan nama Bu Suprat. Bu Suprat adalah seorang penjual roti, desa Sumberagung Pancur (gang depan masjid masuk 100 m), RT/RW: O3/01, No. Hp : 0813 2521 6255, kode pos 59262.

• Berat produk
Roti yang diproduksi Bu Suprat berbagai ukuran mulai dari sedang maupun besar dan juga aneka banyaknya varian mulai dari roti coklat, roti pisang, roti nanas, roti strawberry, roti bolo-bolo coklat, roti bolo-bolo pisang, donat, roti untuk acara ulang tahun. Roti yang saya pilih adalah sedang dengan berat 250 gram.

• Harga produk
Harga roti "Putri Bakery (Cake & Bakery)" sangat murah. Biasanya roti Bu Suprat dibandrol menyesuaikan ukuran dengan harga Rp 1000, Rp 5000, Rp 7000, Rp 10.000 per kardus.

• Ukuran produk
Ukuran "Putri Bakery (Cake & Bakery) beraneka ragam menyesuaikan kebutuhan konsumen. Saya memiliki ukuran sedang dengan panjang 50×5.

• Deskripsi produk
Pendeskripsian tercantum pada Putri bakery (Cake & Bakery) sangatlah unik. Karena pemilihan kalimat yang istimewanya terletak pada nama Putri. Nama tersebut diambil dari nama anak perempuannya Bu Suprat. Hal itulah yang terkesan dalam produksi tersebut, karena mudahnya di ingat oleh para pelanggan.

• Komposisi produk
Bahan untuk membuat roti "Putri bakery (Cake & Bakery)" sangat mudah. Diantara sebagai berikut:

-Tepung terigu
-Gula pasir
-Mentega
-Telur
-Ragi

Selepas itu campurkan tepung terigu, gula pasir, mentega, telur, obat roti, pengembangan roti, aduk hingga tercampur. Kemudian bentuk menjadi bulat letakkan pada loyang yang sudah diolesi dengan minyak, biarkan sebentar hingga mengembang. Setelah itu masukkan kedalam oven tunggu hingga matang. 


Bentuknya (beraneka ragam) menyesuaikan kebutuhan konsumen, tekstur (hari pertama-kedua) masih lembut, (hari ketiga-kelima) lumayan.

Roti banyak dijumpai seperti di warung, pasar, maupun pemesanan online, serta dijual dengan harga yang ramah kantong. Tekstur empuk, lembut pada roti bikin orang nggak berhenti makan karena setiap gigitan pada roti membuat isinya melebur menjadi perpaduan yang nikmat.

Kita sebagai kaum milenial diusia produktif harus mampu mengembangkan inovatif, kaya ide, dan kreatif untuk memperkenalkan dan melestarikan makanan tradisional maupun modern agar tidak hilang begitu saja, tanpa merubah ciri khas aslinya.

Sekian dari saya mohon maaf jika ada salah kata, dan terimakasih telah berkunjung di blog saya, sampai jumpa di blog selanjutnya, akhir kata bila taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Penulis Sintia Pratamaningrum, tinggal di desa Sumberagung, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang, Kode Pos 59262, Alamat surel sintiaprtamaningrum@gmail.com.