-->

Rengginang mBrebes Mili Ibu Muniroh


Penulis: Dewi Lestari 

Halo guys kembali lagi di blog saya,kali ini saya akan membuat blog tentang pemberdayaan komunitas yaitu tentang membantu mempromosikan jajanan tetangga saya.Kali ini jajanan yang akan saya promosikan yaitu rengginang jajanan tradisional yang masih dinikmati hingga saat ini.

Rengginang merupakan sejenis krupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur dibawah panas sinar matahari lalu digoreng dengan minyak goreng yang sudah panas.

Rengginang sudah ada sejak zaman dahulu kala,orang jaman dahulu mengonsumsi sebagai teman makan,tetapi seiring perkembangan zaman rengginang di era modern ini sulit untuk didapati,rengginang saat ini hanya bisa ditemukan diacara tertentu seperti hajatan,sunatan dan acara khusus lainnya.

Meskipun saat ini sudah jarang ada yang membuat rengginang tetapi masih bisa dijumpai,salah satunya yaitu didesa saya yaitu desa Pacing dukuh sendang RT/RW 01/01,Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang.Pembuat rengginang didesa saya yaitu bernama ibu muniroh beliau adalah satu-satunya pembuat rengginang yang ada didesa saya .Rengginang yang beliau buat rasanya berbeda dari rengginang yang lain,ibu muniroh membuat rengginang dengan rasa yang enak ,gurih dan tentunya renyah.Rengginang ibu muniroh sangat cocok dijadikan cemilan sehari-hari bisa juga dijadikan teman untuk makan. 

Ibu Muniroh beliau wanita pekerja keras yang berusia 63 tahun,perempuan asal desa Pacing dalam kesehariannya selain sebagai ibu rumah tangga juga sebagai produsen makanan tradisional rengginang.Kemampuan dalam membuat rengginang diperoleh secara turun menurun dari orang tuanya.Dalam sehari Bu muniroh dapat memproduksi rengginang 20 kilogram itupun jika cuacanya cerah dengan terim matahari yang panas,kalau musim hujan 20 kilogram baru bisa kering sekitar dua sampai tiga hari karena harus dijemur sampe benar-benar kering agar kalau digoreng bisa mekar dan bagus.

Rengginang "mbrebes mili"merupakan rengginang buatan ibu muniroh,selain rasanya yang gurih dan renyah ternyata rengginang ini sangat disegani masyarakat didesa saya.Rengginang buatan ibu muniroh sangat laris manis sehari bisa menjual rengginang kurang lebih 10 kilogram .Tentu rasanya gurih dan enak karena dalam sehari saja bisa habis rengginang segitu banyaknya.


Gambar Rengginang ibu Muniroh yang renyah

Identitas produk: Rengginang ibu muniroh yang renyah dan gurih

Alamat: Rengginang yang rasanya berbeda dari rengginang yang lainnya ini yang rasanya gurih enak dan renyah bisa kalian jumpai didesa saya yaitu desa Pacing ,RT/RW 01/01,Kecamatan Sedan ,Kabupaten Rembang.Kode pos59264.

Berat produk: Berat produk rengginang yang dijual ibu muniroh per pcs yaitu 250 gram isinya lumayan banyak namun harganya murah.

Ukuran kemasan: Kemasan yang digunakan ibu muniroh yaitu kemasan plastik bening  yang Unik agar dapat menarik minat pembeli dengan ukuran plastik 30x15 .

Harga produk: Harga rengginang ibu muniroh sangat terjangkau dan tidak menguras kantong yaitu dijual dengan harga 13 ribu per pcs yang isinya banyak dan rasanya tidak diragukan lagi enaknya.

Komposisi produk: Untuk membuat rengginang ibu muniroh hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan yaitu sebagai berikut:

1.Beras ketan

2.Garam

3.Gula pasir

4.Bawang putih

5.Terasi

6.Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah membuat rengginang:

Pertama beras ketan direndam sampai mengembang ,kemudian dikukus kurang lebih 15 menit .setalah dikukus beras ketan dicampur dengan bumbu bawang putih,garam,gula pasir,dan terasi sampai merata.Setalah itu dikukus lagi sampai matang kemudian dibentuk bulat lalu dijemur.Setalah benar-benar kering kemudian digoreng dengan minyak panas.Lalu di kemas dalam plastik bening.Ibu muniroh mengemasnya masing -masing 1 kilogram beliau menjualnya dengan harga 23 ribu rupiah.Tentu tidak rugi mengeluarkan 23 ribu saja dapat rengginang yang begitu enak,gurih dan renyah.

Kita sebagai generasi muda wajib untuk melestarikan makanan tradisional agar nilai nilai luhur tidak luntur salah satunya yaitu rengginang.Apalagi di jaman modern ini ada berbagai varian macam rengginang yang diinovasikan menjadi berbagai rasa contohnya yaitu rengginang udang.

Penulis adalah Dewi Lestari, email: dewilstr508@gmail.com, alamat desa pacing ,kecsedan ,kab Rembang. Saat ini sedang sekolah di SMA N 1 Pamotan.