-->

WEDARAN ENDHUL


Penulis: Sulistyaningsih

Assalamualaikum wr.wb. Hallo teman-teman apa kabar??🤗 Pastinya kabar baik dong....semoga sehat selalu, bahagia dan selalu diberi kesehatan Amiiin...

Tulisan saya kali ini untuk memenuhi mata pelajaran Sosiologi. Saya akan mengajak teman-teman untuk mereview produk jajanan khas dalam pembelajaran pemberdayaan komunitas dengan tema mempromosikan jajanan keluarga.

Dalam membuat tulisan ini, saya harus melakukan wawancara kepada para pelaku usaha kecil-kecilan yang berada di sekitar tempat tinggal saya. Ternyata di sekitar tempat tinggal saya lumayan banyak pelaku usaha kecil-kecilan yang memproduksi berbagai jajanan ataupun makanan. Mulai dari usaha produksi susu kedelai, Krupuk gendar, Kripik ketela, Roti, bolu, dan wedaran. Dari berbagai macam usaha kecil-kecilan tersebut, yang akan saya promosikan yaitu wedaran.

Didesa saya, produk wedaran yang di produksi oleh Ibu Lasmini cukup mengantusias saya untuk memperdayakan produknya karena kurang laku, dikarenakan kurangnya kemajuan dalam bentuk pengemasan yang se-adaanya dan pemasaran yang kurang efisien, yang dapat menyebabkan kurang terkenalnya produk wedaran diperosok desa maupun kota. Oleh sebab itulah alasan saya memilih mempromosikan produk wedaran milik Ibu Lasmini. Saya di sini yang akan membantu dalam mendesain kembali produk wedaran milik Ibu Lasmini dengan memberikan label yang menarik agar lebih mudah dikenal masyarakat luas, dan tentunya tidak lupa untuk memberitahu  pemasarannya yang tidak hanya lewat manual saja namun sekarang ini lewat digital marketing yang lebih mudah dijangkau banyak orang.

Kue wedaran adalah kue kering yang banyak dikenal oleh orang-orang. salah satu nama jenis kue kering yang sudah banyak tersebar luas dimana-mana. Kue yang satu ini termasuk dalam jenis kue tradisional asli dari Indonesia. Kue tradisional ini memiliki rasa manis dan gurih. Kue ini sangat disukai mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya kue ini sering digunakan masyarakat desa yang disajikan dalam acara pernikahan yang katanya memiliki simbol tertentu bagi kepercayaan adat jawa, dan juga banyak disajikan saat Hari Raya Lebaran oleh masyarakat setempat.

Namun anda sekarang ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari hidangan wedaran ini, produk ini sekarang sangat mudah untuk dijumpai di tempat anda maupun toko-toko serba guna disekitar anda.
Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal wedaran manis tepung ketan yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

❇NAMA PRODUK:
➡Produk jajanan keluarga yang akan saya ceritakan ini yaitu "WEDARAN ENDHUL".

Wedaran Manis Tepung Ketan inilah yang menjadi pilihan Ibu Lasmini untuk memproduksinya, Ada jug beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari wedaran manis tepung ketan, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan widaran manis tepung ketan yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan sangat istimewa.

❇BERAT PRODUK:
➡Wedaran yang diproduksi oleh Ibu Lasmini juga menyediakan berbagai macam variasi warna dan memiliki cipta rasa manis legit dan gurih. Biasanya wedaran milik Ibu Lasmini juga dikemas dengan berat 60gram (1pcs). 

❇HARGA PRODUK:
➡Harga "Wedaran Endhul" juga sangat terjangkau. Biasanya harga wedaran Ibu Lasmini dibandrol mulai dari harga Rp.18.000,00 per bungkus.

❇UKURAN PRODUK:
➡Ukuran kemasan "Wedaran Endhul"  Sangatlah  bervariasi. Tapi ukuran yang paling sering digunakan yaitu ukuran 20x30.

❇DESKRIPSI PRODUK:

➡ "Wedaran Endhul" sangatlah menarik pembeli. "Rasanya manis legit gurih bikin nagih!!"  Makan wedaran tidak perlu menunggu lebaran tiba, langsung bisa membeli wedaran yang diproduksi oleh Ibu Lasmini  yaitu "Bidaran Wedaran Endhul" . Wedaran ini dibuat dengan bahan ketan yang dimbumbui gula putih dengan cita rasa yang sangat khas daerah. Produk ini dapat bertahan hingga 5 bulan tanpa bahan pengawet buatan.

❇KOMPOSISI PRODUK:

➡Cara Membuat Kue Widaran Manis dan Renyah - Kue widaran. Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat widaran manis tepung ketan yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Widaran Manis Tepung Ketan dengan memakai 5 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan komposisinya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Widaran Manis Tepung Ketan:
-Gunakan 500 gram tepung ketan putih
-Siapkan 5 butir telur,kocok lepas
-Gunakan Sejumput garam
-Tambahkan air secukupnya
-Ambil 1/2 liter minyak goreng untuk menggoreng

Ambil Balutan Gula :
Gunakan 6 sdm gula pasir (sesuai selera)
Sediakan Sedikit air untuk melarutkan gula (50 ml)
Widaran Manis . Cara Membuat Kue Widaran Manis dan Renyah - Kue widaran adalah salah satu nama jenis kue kering yang sudah banyak tersebar luas dimana-mana. Kue yang satu ini termasuk dalam jenis kue tradisional asli dari Indonesia.

Langkah-langkah menyiapkan Widaran Manis Tepung Ketan:
1.)Dalam wadah,campur tepung ketan,telur dan garam,aduk rata.Tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan bisa di pulung.
2.)Plintir adonan bermacam bentuk sampai habis
3.)cemplungkan langsung ke dalam wajan yg berisi minyak goreng dingin supaya tidak meletus2 saat di goreng nanti.
4.)Nyalakan kompor,goreng dengan api kecil sambil sering di aduk sampai matang berwarna kekuningan.
5.)Angkat.Tiriskan.
6.)Rebus gula dengan sedikit air sampai gula larut.
7.)masukkan widaran yg telah di goreng tadi,aduk rata sampai semua widaran berbalut gula.
8.)Matikan kompor.Angkat.Biarkan dingin baru masukkan ke dalam toples.

Kue widaran memiliki dua jenis rasa yang enak dilidah yaitu kue widaran dengan rasa gurih dan kue widaran dengan memiliki rasa manis.  Widaran termasuk salah satu snack tradisonal Indonesia. Kata ibu mertua saya widaran dulu biasa dibuat atau disajikan untuk acara-acara besar atau hari raya. Kue bugis ketan adalah salah satu resep aneka kue basah kukus yang terbuat dari olahan tepung beras ketan, baik tepung ketan putih atau ketan hitam maupun perpaduannya untuk adonan kulitnya.

Kue widaran gurih memiliki tampilan berwarna kuning dengan tekstur lebih kering daripada widaran manis, rasanya juga asin, gurih, dan renyah. Sedangkan untuk kue widaran versi manis memiliki tampilan yang berwarna warni dengan tekstur yang lebih empuk, agak lengket karena lapisan gula cair diluarnya, dan rasanya yang super manis dijamin makin jatuh hati sama camilan satu ini.

Kue widaran banyak dijual di pasar tradisional, toko oleh oleh, hingga warung dengan bungkusan gram tertentu. Tidak hanya disantap saat lebaran, kue widaran ini juga cocok jadi menu camilan yang dimakan bareng keluarga sambil nonton tv ataupun bersendau gurau.

▶Makanan tradisional wedaran ini harus terus dilestraikan agar tidak memudar oleh perkembangan zaman. Kita sebagai generasi milenial yang harus lebih mengupgreat diri dalam mengembangkan inovasi dan potensi untuk mengembangkan makanan tradisional didaerah kita agar dikenal dipenjuru dunia.

Terima kasih telah membaca blog yang saya tampilkan di sini. Harapan saya kedepannya, olahan Widaran Manis Tepung Ketan yang mudah di atas dapat membantu anda dalam menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!!


Sekian dari saya pamit undur diri mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada penulisan kata yang salah🙏🏻
Wassalamualaikum wr.wb.

Seeyou next time teman-teman  semuanyaaa...
Bye...bye...👋🏻👋🏻👋🏻👋🏻👋🏻

Email:Sulistyani1692@gmail.com
Sekolah:SMA N 1 PAMOTAN
Alamat: DS.Kalitengah Rt.03 Rw.01
Kec.Pancur-Kab.Rembang,Jawa-Tengah.