-->

Rancangan Naskah Podcast Selamat Datang

Penulis: Puji Himatl Ulya 

Opening...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Halo teman-teman Gimana nih kabarnya di rumah? Semoga tetap sehat selalu dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Esa. Aamiin yaa Rabbal Aalamiin. Oke teman-teman di sini ketemu lagi bareng Aku, Puji Himatul Uliya, di podcast SMAPA. 

Nah pada podcast kali ini kita kedatangan tamu yang luar biasa spesial, ada yang bisa nebak engga ni? Hehe. Yak, Beliau adalah, Kepala SMA Negeri 1 Pamotan yang Baru. Wait, sebelum itu, izinkan Hima untuk memaparkan sedikit gambaran pada spesial podcast kali ini.

Content/ Narasi 

Kedudukan seorang pemimpin. Dalam ruang lingkup sebuah instansi, struktur dan urutan pengelompokan individu adalah sebuah hal yang penting. Pengelompokan yang terstruktur itu saling terikat, berhubungan, dan mengayomi satu sama lain. Dalam lingkungan sekolah, peran seorang kepala sekolah tentu sangat berpengaruh dalam pembuatan kebijakan yang akan diimplementasikan kepada warga sekolah. Tanpa seorang kepala, kecil kemungkinan sebuah struktur bisa berjalan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. 

Di dunia yang semakin maju dan berkembang ini, peningkatan mutu dan karakter seorang pendidik dan anak didik merupakan hal yang sangat penting, maka dari itu diperlukan seorang pemimpin atau kepala yang bisa memberikan solusi dan ide kreatifnya dalam sebuah program untuk dijalankan bersama.  Sebagai warga sekolah, mengenal seorang kepala sekolah merupakan hal yang harus, karena dengan begitu tidak akan ada rasa tenggang yang cukup jauh antara kepala dengan warganya. 

Selamat Datang Kepala kita yang baru, Selamat menjalankan Tugas, dan Selamat menuangkan ide dalam program-program unik selanjutnya. Inilah Kepala SMA Negeri 1 Pamotan yang baru, Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. 

baca juga artikel Skenario Posdcast

Pertanyaan
  • Profil Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. mulai dari kecil kemudian menjadi guru hingga menjadi Kepala Sekolah
  • Konsep leadership yang dimiliki Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd.  hingga berhasil menjadi Kepala Sekolah
  • Visi dan Misi Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. selaku Kapala SMA Negeri 1 Pamotan  
  • Dari Visi Misi yang dipaparkan, kira-kira program apa yang akan Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd.  luncurkan di SMA Negeri 1 Pamotan 
  • Program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang yang akan diterapkan di SMA Pamotan dalam rangka mewujudkan visi dan misi Sekolah 
  • Program unggulan apa yang akan diterapkan oleh Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. di SMA Negeri 1 Pamotan, termasuk konsep detailnya
  • Kesan pertama kali Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. datang di SMA Negeri 1 Pamotan 
  • Harapan Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd. kepada Warga Sekolah, khususnya peserta didik
Closing 

Tidak terasa sudah cukup lama ya saya berbincang dengan Bapak Soepartono, S.Pd., M.Pd., selaku Kepala SMA Negeri 1 Pamotan yang baru. Banyak sekali pelajaran yang dapat kita ambil dalam podcast ini. Tentu saja, bukan hanya mereka yang mempunyai jabatan yang dapat melakukan semua hal yang telah kita bincangkan hari ini, tapi semua orang bisa melakukan hal yang sama jika mau berusaha. 

Bukan hal mudah untuk menjadi seorang pemimpin, semua itu adalah pilihan dan jalan hidup yang sudah kita sepakati. Pada podcast kali ini, berat rasanya untuk disudahi. Tapi harus saya cukupkan, karena waktu juga terus berjalan. Untuk itu, Saya Puji Himatul Uliya undur diri, kembali ke kalian dan sampai jumpa. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.