-->

Foto Behind the Scene dan Catatan Proses Kreatif Pembuatan Video Inspirasi

www.smapamotan.com - BTS dan Catatan Proses FilmAtas paksaan dari kolega kerja, Video Inspirasi Pelajar Pancasila ini diproduksi. Beliau adalah Cahyo Punomo, S.Pd, pejabat teras belakang  SMA N 1 Pamotan yang duduk di kursi Waka Kesiswaan sekaligus Guru Bimbingan dan Konseling yang tiap harinya jadi konselor pelajar. Keseharian beliau adalah menjadi guru penggerak (!) di sekolah kami, jauh sebelum Menteri Pendidikan dan Kebuyaan meluncurkan Guru Penggerak. Seandainya saja ada nominasi Guru Penggerak Independen, kami yakin beliau adalah orangnya. Ketika sekolah-sekolah di sekitar kami belum ada yang menggagas tentang Ruang Batik, Ruang Studio, hingga Ruang Pamer untuk proses produksi pembelajaran berbasis produk, beliau sudah menggawangi itu semuanya. Dan alhasil, dengan adanya fasilitas tersebut, kegiatan pembelajaran online dan offline berbasis produk, beres semuanya. Namun anehnya, yang  bersangkutan belum punya produk konseling. Mungkin mengalah, atau mungkin karena yang lainnya.

Singkat cerita, sebelum Pemerintah memastikan hilal terlihat sebagai tanda dimulainya awal Puasa Ramadhan, beliau menemui kami setelah kami meng-upload produk pembelajaran tematik Kurikulum Merdeka pada aplikasi Merdeka Belajar. Berikut linknya https://guru.kemdikbud.go.id/bukti-karya/video/10305?from=share. Produk ini merupakan tindak lanjut dari keikutsertaan BIMTEK Online dan Pendampingan Pemanfaatan Akun Belajar dan Rumah Belajar yang terselenggarakan BPTIK di bulan Maret 2022. Isi dari produk Merdeka Mengajar itu adalah tentang upaya kreatif untuk menjaga dan mewujudkan integrasi sosial adalah hal penting yang perlu dikembangkan. Kami mengangkat media rempah. Dan kami kasih pemantik pertanyaan tentang peranan guru dalam mengulik rempah yang dapat menjadi upaya kreatif dalam menjaga dan mewujudkan integrasi sosial. 

Jujur saja, produk ini hanya sebatas untuk menggugurkan kewajiban bimtek saja. Seperti yang lainnya, agar mendapatkan sertifikat pelatihan. Eh… ternyata beda cerita.

Pada awalnya kami tidak bergeming dengan tawaran pihak sekolah untuk mengikut Lomba Video Inspirasi Profil Pelajar Pancasila. Seperti baisanya, penolakan itu karena hal teknis. Selain itu, pada saat yang sama kami juga sedang ribet melangsungkan pembelajaran berbasis produk dengan tema Rempah dan Integrasi Sosial. Bisa dibayangin kan, betapa sibuknya, hehehe…. Eh ternyata guru penggerak independen ini tidak kurang akal. Diam-diam beliau mengikuti proses pembelajaran kami. Tahapan demi tahapan sedang berlangsung, pembelajaran setidaknya sudah berjalan 45%. Anak-anak yang kami dampingi sudah mulai melakukan observasi di pasar tradisional dengan melibatkan ibunya, dalam mengenal rempah. Pagi itu pembelajaran kami langsungkan di ruang studio, dimana anak-anak sedang proses membuat produk artikel dan video sinematik rempah dan integrasi sosial. Tanpa pamit, beliau nylonong begitu saja memasuki ruang kami. Kemudian apa yang terjadi? Paksaan pada pagi hari itu benar-benar terjadi. Kami dipaksa tanpa pilihan untuk mendaftarkan diri menjadi peserta Lomba Video Inspirasi Profil Pelajar Pancasila. Mulai hari itulah, tahapan ketat dan berdarah-darah kami alami, terlebih disaat perut keroncongan karena puasa.

Kami secara marathon, bersama crew, melangkah dengan tidak pasti. Kerja serampangan, tahapan demi tahapan kadang pas dan kadang banyak mengulangnya. Anggota crew terpilih dengan cepat, karena kami paksa jua. Tiga siswa kami libatkan atas dasar produk artikel dan karya video sinematik yang mendekati original. Mereka adalah mbak Niswa, mbak Afifah, dan mbak Tristan. Untuk cameran merangkap editor adalah mas Budi, staf Tata Usaha SMA Negeri 1 Pamotan yang sedang sibuk-sibuknya kuliah online. Dan kami dibantu mas Mulyadi, tukang kebon yang tidak pernah makan nasi tetapi anehnya tenaganya melibihi pemakan segalanya. Mungkin saja mas Mul iba dengan kami. Sehingga kami dibantu angkat property film. Hadew….

Seminggu berjalan, banyak tantangan silih berganti. Mulai dari kendala ketiadaan asisten cameramen, produksi produk kreatif yang ngak kelar-kelar, rancang waktu pemeran produk, hingga pendanaan terseok-seok. Alhamdulillah, kami mendapatkan rejeki yang berlimpah. Entah doa apa yang dikomat-kamitkan Pak Cahyo, kendala-kendala dalam produksi film terselesaikan dengan cepat. Alhamdulillah sekali lagi, pengambilan gambar minggu kedua, kelar. Hehehe….

Memasuki tahapan pascaproduksi atau editing, H-3 hari penanggalan memasuki cuti lebaran. Kami tidak mampu membendung perayaan tradisi lebaran. Apa yang kami hawatirkan benar-benar terjadi. Mas Budi dan crew gelepotan dan sempoyongan mengejar hasil edit sebelum lebaran. Sungguh kami semua merasakan apa yang sedang terjadi. Lebaran kami harus terisi dua ruang. Satu ruang untuk melangsungkan silaturohmi, di ruang lain kami harus sigap berkoordinasi di group untuk bekerja secara online. Alhamdulillah, Kepala Sekolah kami yang baru seumur jagung juga mensupport dengan baik. Terimakasih pak Anton atas support dananya untuk produksi produk pembelajaran yang agak mahal. Jangan kapok ya pak Anton.  

Alhasil, video lomba akhirnya final. Tahapan mulai dari Pengembangan Ide, Pra Produksi, Produksi, dan Pascaproduksi telah berhasil kami lalui. 

Video ini adalah hasil kerjasama, kerja keras, dan partisipasi aktif warga sekolah dalam menyambut layanan pembelajaran yang berkualitas.

Akhirnya, semoga video ini menjadi alternative pilihan gaya dalam melangsungkan pembelajaran berbasis produk, yaitu pembelajaran dengan menggunakan Kurikulum Merdeka dan sekaligus pembelajaran yang membentuk Profil Pelajar Pancasila.  

Oh iya, kami ucapkan terimakasih kepada pak Bayu, pak Anwar, pak Nurrohman, dan pak Muchadi yang sudah bela-belain menjadi pemeran pendukung dalam film ini. Dan tak lupa, Bendahara Kesiswaaan  bu Eko yang baik hati dalam hal cuan dan cuan. Dan juga ibu kurikulum, ibu Ari, yang sigap memajukan waktu pameran karena rencana awal berbarengan dengan Musyawarah Dewan Guru Untuk Kelulusan. Berikut ini adalah kenangan indah kami saat membuat Video Inspirasi Profil Pelajar Pancasila.

Untuk catatan eksklusif tiga siswa selama memproduksi film ini, dapat dibaca di link berikut. Sungguh seru sekali membaca pengalaman dari blog kalian semuanya.

https://catatantristania1205.blogspot.com/2022/04/peranku-dalam-lomba-project-filem.html

https://niswatulmardiyah.blogspot.com/2022/04/peran-saya-dalam-lomba-project-inovasi.html

https://niswatinafifah.blogspot.com/2022/04/proses-pembuatan-film-profil-pancasila.html

https://www.smapamotan.com/p/portofolio-rempah-dan-integrasi-sosial.html 

Selamat menapaki pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka Belajar.  Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberkati kita semua, menjadi Insan Merdeka yang berkarakter Pancasila. Salam Merdeka Belajar. Salam Merdeka Mengajar. 

Pengembangan Ide 

Foto: Diskusi di Gazebo 

Deskripsi: Waka Kesiswaan, guru, siswa dan crew film membaca pedoman lomba, menentukan jenis cerita, genre, format, dan penulisan skenario 

Pra Produksi  

Foto; Diskusi di Ruang Literasi 

Deskripsi: Waka Kesiswaan, guru, siswa dan crew film melakukan analisis naskah ( analisis akarakter, analisis costum, analisis setting/ latarm analisis property), analisis, penentuan lokasi, perekrutan crew dan penyewaan peralatan, desain produksi 

Produksi 

Foto : pembelajaran materi di kelas, siswa diskusi dengan guru sejarah, siswa diskusi dengan guru seni budaya, siswa diskusi dengan guru PKWU, siswa diskusi dengan guru seni lukis, siswa produksi makanan rempah, siswa produksi lukisan rempah, siswa produksi presentasi produk, siswa pameran produk, siswa produksi artikel, dan siswa produksi sinematik. 

Deskripsi: Cerita dari Waka Kesiswaan, guru, siswa dan crew film selama proses pembuatan film Profil Siswa Pancasila SMA Negeri 1 Pamotan  



Foto : pembelajaran materi di kelas, siswa diskusi dengan guru sejarah, siswa diskusi dengan guru seni budaya, siswa diskusi dengan guru PKWU, siswa diskusi dengan guru seni lukis, siswa produksi makanan rempah, siswa produksi lukisan rempah, siswa produksi presentasi produk, siswa pameran produk, siswa produksi artikel, dan siswa produksi sinematik. 

Deskripsi: Cerita dari Waka Kesiswaan, guru, siswa dan crew film selama proses pembuatan film Profil Siswa Pancasila SMA Negeri 1 Pamotan  

Pascaproduksi 

Foto: proses editing, penataan suara, penambahan efek, musik latar, colour grading, foto diskusi pra tayang, foto diskusi bedah film.  
Deskripsi: Crew film saat melakukan editing film  






Foto: proses editing, penataan suara, penambahan efek, musik latar, colour grading, foto diskusi pra tayang, foto diskusi bedah film.  
Deskripsi: Crew film saat melakukan editing film  

Penayangan Film 

Foto: penayangan film, pengirim film ke panitia lomba 













Foto: penayangan film, pengirim film ke panitia lomba 


Penulis adalah Suhadi, Guru Sosiologi dan Pemeran dalam film Membumbui Pelajar Pancasila bersama tiga Siswa SMA Negeri 1 Pamotan yaitu Tristan, Niswa, dan Afifah.