-->

MASA LALU UNTUK KESEJAHTERAAN MASA DEPAN

www.smapamotan.com - Rempah Nusantara. Nusantara adalah negeri yang diberkahi.. Dipilih oleh Tuhan Yang Maha Esa sebagai tempat pertama di bumi untuk menumbuhkan rempah.

Tom Pires dalam bukunya yang berjudul "Summa Oriental Que Trata do Mar Roxo ate aos Chins (ikhtisar wilayah Timur : Dari Laut Merah hingga Negeri Cina) mengisahkan pengalamannya selama di Nusantara pada awal abad ke-16. Ia menuliskan "Para pedagang Melayu mengatakan bahwa Tuhan telahmenciptakann Timor utk kayu Cendana, Banda utk Pala, dan Maluku utk Cengkih.. Barang dagangan ini tidak dapat ditemukan ditempat lain kecuali di ketiga tempat ini ".

Rempah-Rempah dan Jalur Perdagangan Global pada ribuan tahun yang lalu, jauh sebelum kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara merupakan sebuah Rute nenek moyang kita dalam menjalin hubungan antar pulau, sukusuku dan bangsa dengan membawa rempah sebagai nilai untuk membangun persahabatan yang membentuk asimiliasi budaya dan diplomasi di setiap persinggahan. Karena Jalur inilah yang pada akhirnya menghubungkan Nusantara dan Dunia. 

Datangnya budaya penutur bahasa Austronesia ke Nusantara sekitar kurang lebih 4500 tahun yang lalulalu dengan perahu menjadi awal pertukaran rempah dan komoditas lain antar pulau di Indonesia Timur.. Budaya mereka inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya budaya Bahari yang melayarkan rempah sampai ke Asia Selatan (India) hingga ke Afrika Timur. Sehingga kedepan, menjadikan jalur rempah sebagai Warisan dunia dirasakan sangat perlu karena dapat menjadi sumber rujukan kekuatan diplomasi budaya untuk meneguhkan Posisi Indonesia sebagai Kekuatan Utama Poros Maritim Dunia.

Penulis adalah Mas Bayu  Nugroho, guru sejarah SMA N 1 Pamotan