-->

Garang Asem Bandeng

 

Garang Asem merupakan makanan khas Grobogan, Jawa Tengah. Namun seperti banyak sajian lain di Indonesia, Garang Asem kemudian mengalami beberapa perubahan, sehingga ada banyak variasi sajian Garang Asem yang bisa Anda temukan di Jawa Tengah dan daerah-daerah lain. Garang Asem yang 'asli' biasanya tidak menggunakan santan, sehingga kaldunya bening. 

Sedangkan, Garang Asem ayam dari Solo kuahnya tidak bening, karena menggunakan sedikit santan atau kocokan telur ayam. Garang Asem dari Yogyakarta lain lagi, karena tidak hanya menggunakan santan, tetapi juga menggunakan daging cincang yang dibentuk bola-bola kecil, dan bukan menggunakan daging ayam kampung seperti Garang Asem dari Grobogan. Selain itu, masih banyak variasi sajian Garang Asem yang bisa Anda temukan di Indonesia.

Cara pembuatan garang asem sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, tentu saja ada beberapa faktor yang harus jadi perhatian Anda untuk bisa membuat Garang Asem yang segar dan lezat, yaitu:

untuk menyiapkan Garang asem bandeng:
  1. Siapkan ikan bandeng (potong2, cuci dan beri jeruk nipis)
  2. Ambil Sereh geprek
  3. Ambil Lengkuas geprek
  4. Siapkan secukupnya Belimbing wuluh
  5. Siapkan secukupnya Cabe rawit utuh
  6. Gunakan Tomat
  7. Gunakan Garam
  8. Ambil Gula
  9. Siapkan Penyedap (optional)
  10. Siapkan Bumbu halus :
  11. Ambil Bawang merah
  12. Sediakan Bawang putih
  13. Ambil biji Cabe merah besar buang
  14. Gunakan secukupnya Jahe
  15. Gunakan secukupnya Kunyit
Cara membuat Garang asem bandeng:
  1. Uleg bumbu sereh dan lengkuas geprek. lalu tumis Hingga harum. Dan masukkan ikan bandeng. Lalu tambahkan air secukupnya dan masukkan belimbing wuluh.
  2. Bumbui dengan gula garam dan penyedap jika suka. Jika dirasa pas dan sudah mendidih masukkan tomat 
  3. Garang asem siap disajikan… 😊

Garang asem daging merupakan jenis sayur dengan bahan dasar daging. Garang asem yang terpengaruh budaya Tionghoa ini langsung dimasak dan dihidangkan ke dalam mangkuk. Garang asem merupakan makanan tradisional khas Jawa Tengah. Garang asem adalah masakan olahan ayam yang dimasak menggunakan daun pisang dan didominasi oleh rasa asam dan pedas.


Penulis: Ahmad Hilmi Fuad (4), Artika Zahra Rahma Sari (6), Avi Putra Arianto (7), Doni Setiawan (9), Fadia Eka Syafira (12), Fadila Maida Nuraini (13), Galih Riwanto (15), Irma suci Nurhayati (16), Irna Wati (17), Lailatul fitriyah (19), Naila Nuraeni Safitri (25), Siti syafa'ati (33). 

Keterangan: Atrikel ini juga tayang di https://kelompok1ips4.blogspot.com/2022/05/olahan-masakan-garang-asem-bandeng.html