-->

Ruang Pamer SMA Negeri 1 Pamotan

SMA N 1 Pamotan memiliki ruang Pamer. Nahhh dalam materi pembelajaran kali ini kita akan membahas mengenai integrasi sosial ,melalui media rempah-rempah. 

Yukkk kita belajar lebih banyak tentang rempah-rempah rempah. 


Nah di pembelajaran kali ini para siswa disuruh membawa rempah - rempah dalam proses pembelajaran.
Berikut ini rempah-rempah yang dibawah siswa diantaranya kemiri, merica, daun salam, kluwek, kayu manis, kapulaga,  pala cengkeh, jinten, bawang putih, bawang merah,  dan lain-lain. 
Rempah rempah merupakan kekayaan alam indonesia yg menjadi faktor penarik bangsa bangsa barat datang ke indonesiaRempah rempah tersebut di manfaatkan bangsa bangsa barat.
Pastinya kalau tau dong manfaat rempah -rempah. 
Iya benarr..... rempah- rempah dapat menambah cita rasa pada masakan. Tak hanya itu saja rempah-rempah juga memiliki manfaat yang banyak lagi lohh contohnya obat-obat tradisional, memberikan perlindungan bagi tubuh dari resiko penyakit , dan lain-lain. 

Gambar diatas merupakan salah satu jenis rempah-rempah dalam bentuk .lukisan rempah-rempah juga memiliki hubungan dengan tematik integrasi sosial.lukisan rempah rempah adalah cara yang kreatif dan tanpa limbah. Dengan melukisnya kita memiliki ikatan masyarakat untuk membudidayakannya. 
Tak hanya itu saja. Batik rempah-rempah  ini memiliki pesan yang kuat terhadap integrasi sosial, dengan menggunakan batik tulis yang bermotif rempah diharapkan kita dapat mengenal rempah-rempah  sedekat mungkin, karena rempah memiliki khasiat untuk masakan, kesehatan, kosmetik, jual beli, dan masih banyak lagi. Jika kita menggunakan batik rempah-rempah seolah-olah kulilt kita di bangun dari pengetahuan dari rempah-rempah . 

Rempah-rempah adalah bagian tumbuhan yang digunakan sebagai bumbu, penguat cita rasa, pengharum, dan pengawet makanan yang digunakan secara terbatas. Rempah adalah tanaman atau bagian tanaman yang bersifat aromatik dan digunakan dalam makanan dengan fungsi utama sebagai pemberi cita rasa.

Berikut merupakan pembelajaran mengenai rempah-rempah. Sekian pembelajaran integrasi sosial. semoga pembelajaran kali ini bermanfaat  dan menginspirasi pembelajaran berikutnya. 

Mari kita budidayakan rempah-rempah dengan baik!!!! 

Penulis adalah Nurmanissa Putri, saat ini sedang duduk di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Pamotan
Keterangan: Artikel ini juga tayang di link berikut, https://nurmanissa123.blogspot.com/2022/05/ruang-pamer-sma-n-1-pamotan.html