-->

Angkat Produk Lokal, SMA Pamotan Buka Show Room Produk UKM

www.smapamotan.com - Pengunjung dan siswa melihat showroom produk UKM di SMA Pamotan yang mulai dibuka Kamis (9/12/2021). (suaramerdeka.com/Mulyanto Ari Wibowo)

REMBANG, suaramerdeka-muria.com- SMA Negeri Pamotan membuka showroom usaha kecil menengah (UKM) Kamis (9/12/2021).

Pembukaan Show Room UKM itu ditandai dengan pameran produk UKM di halaman sekolah.

Kepala SMA Negeri Pamotan, Fatkhur Rozi mengatakan, pembukaan Show Room UKM itu merupakan salah satu bentuk kepedulian sekolah terhadap lingkungan sekitar.

Dia mengatakan di lingkungan SMA Negeri Pamotan banyak berdiri UKM.

''Kami sebagai salah satu SMA satu-satunya di Kecamatan Pamotan berusaha membantu mempromosikan dan mengangkat produk UKM yang ada di sekitar sekolah. Kami berharap dari upaya ini, produk UKM di sekitar sekolah bisa semakin berkembang dan maju,'' jelas dia.

''Sementara ini showroom menempati salah satu ruangan di sekolah. Ke depan kami berharap bisa membuat showroom yang lebih besar di lingkungan sekolah. Sehingga bisa menampung lebih banyak produk UKM di Kecamatan Pamotan,'' jelas dia.

Guru Ketrampilan Prakarya dan Seni Budaya SMA Negeri Pamotan, Nur Rohman mengatakan pembukaan showroom ini juga merupakan salah satu usaha sekolah untuk menghubungkan siswa dengan pelaku UKM di sekitar sekolah.

''Sehingga siswa memiliki pengetahuan terkait produk UKM. Ke depan, kami mendorong siswa untuk membuat produk sendiri,memasarkan produk dan membangun relasi pemasaran antar pelaku UKM,'' tegas dia.

Selain membuka showroom UKM, SMA Negeri Pamotan Kamis siang juga menggelar Kelas Inspirasi Menganyam dengan menghadirkan perintis Kampung Ciu, Burhan.

Burhan selama ini dikenal membangun Kampung Ciu dengan anyaman dari bambu. Anyaman bambu produk Pamotan itu sudah merambah ke berbagai daerah di Jawa Tengah. 

Sumber: Artikel ini telah tayang di website Suara Merdeka