-->

Mengenal Bahan Pangan UWI

www.smapamotan.com - Uwi,  adalah Tanaman memanjat, mencapai tinggi 10 m, daunnya berbentuk bundar telur, bentuk umbinya beragam, ada yang bulat, pipih panjang ataupun menjari, daging umbi berwarna putih ungu atau gading, di beberapa daerah digunakan sebagai bahan pangan utama. 

Masyarakat Jawa menyebut Uwi dengan beberapa sebutan. Antara lain, gembili (Dioscorea esculenta), gembolo (Dioscorea bulbifera), sosohan (Dioscorea pentaphylla), dan gadung (Dioscorea hispida). Ada juga, Jenis uwi dinamai berdasarkan bentuk dan juga warna.  

Hasil dari penelitian LIPI (saat ini Namanya BRIN), kandungan nutrisi uwi lebih baik dibanding umbi-umbian lainnya seperti kentang, ubi jalar dan ubi kayu. Uwi berpotensi menjadi pangan alternatif yang menyehatkan, terutama untuk mereka yang menerapkan diet ketat atau penderita diabetes.
Klasifikasi ilmiah

Kingdom         : Plantae
Subkingdom : Tracheobionta
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Subkelas         : Lilidae
Orde : Liliales
Famili : Dioscoreaceae
Genus : Dioscorea. L
Spesies : Dioscorea alata L

Uwi juga merupakan makanan pokok masyarakat. Kuncup daunnya juga dapat dimasak dengan berbagai cara sebagai bahan makanan tambahan. Uwi dapat diproses sebagai tepung atau serpihan/potongan-potongan tipis; merupakan sumber tepung minor. Kultivarnya dengan umbi yang berwarna ungu digunakan dalam pembuatan es kream dan permen. Di Papua Nuigini, Uwi kerap kali digunakan dalam upacara adat. Adapun rasa Uwi memiliki rasa mulai dari yang hambar hingga manis dengan tekstur pulen. 

Dari hasil penelitian sementara diketahui jika kandungan kalori uwi (Dioscorea alata) sebesar101 kal, perotein 2,0 gr, lemak 0,2 gr, karbohidrat, 19,8 gr, kalsium 45 mg, fosfor 280 mg, besi 1,8 mg, vitamin B1 0,10 mg, vitamin C 9 mgr, air 75,0 gr. Dengan kandungan nutrisi yang lengkap tak heran bila uwi kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Uwi disebut memiliki berbagai macam kegunaan, seperti untuk kosmetik dan keperluan pengobatan, yang dapat dikembangkan di sektor industri. Berikut beberapa manfaat uwi: mengontrol tekanan darah, merawat kesehatan tulang dan gigi, menyapu bersih radikal bebas, mencegah diabetes, menurunkan berat badan dan obesitas, dan mencegah kanker. 

Sumber Tulisan 
  • Manfaat Uwi Bagi Kesehatan dan Tips Konsumsinya dalam  https://idnmedis.com/manfaat-uwi   
  • Ubi kelapa dalam https://id.wikipedia.org/wiki/Ubi_kelapa#cite_note-vlsm-1  
  • Uwi dalam https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Ubi%20kelapa 
  • Mengenal Manfaat Uwi untuk Kesehatan, Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes https://www.merdeka.com/jabar/mengenal-manfaat-uwi-untuk-kesehatan-pengganti-nasi-bagi-penderita-diabetes-kln.html 
  • Menggali Potensi Uwi, Umbi yang Kaya Khasiat http://lipi.go.id/lipimedia/menggali-potensi-uwi-umbi-yang-kaya-khasiat/19356 
  • Winarti, Sri, et al. "Karakteristik dan Profil Inulin Beberapa Jenis Uwi (Dioscorea Spp.)." Agritech: Jurnal Fakultas Teknologi Pertanian UGM, vol. 31, no. 4, 2011, doi:10.22146/agritech.9647. 
  • Produksi dan Karakteristik Tepung, Pati dan Lendir dari Umbi Uwi (Dioscorea alata). https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/96213