-->

Penginderaan Jauh dalam Pengelolaan Terumbu Karang

www.smapamotan.com -  Penginderaan Jauh dalam Pengelolaan Terumbu Karang, artikel ini memuat tentang dua hal. Pertama, pemetaan tutupan terumbu karang dan pengumpulan sampel lapangan. Kedua, pengaruh lingkungan terhadap perubahan tutupan terumbu karang. 

Terumbu karang adalah ekosistem yang dibangun oleh biota laut.  Ada perbedaan antara terumbu karang dengan karang terumbu. Terumbu karang adalah sebuah komunitas bentik yang hidup pada sutract dasar berkapur, dimana termasuk didalamnya jeni-jeni moluska, krustaseae, ekhinodermata, polikhaeta, porifera, dan tunikata serta biota-biota lain seperti padang lamun dan alga.  Sedangkan karang terumbu adalah suatu ekosistem hewan karang dan biota lain penghasil kapur hidup.  Area terumbu karang biasanya dipengaruhi oleh pasang surut dan kecerahan perairan. Dua faktor ini menjadi perhatian ketika akan melakukan pemetaan terumbu karang. 

Bagimana cara mengumpulkan data terumbu karang ketika menggunakan metode penginderaan jarak jauh?  Area yang dikumpulkan terumbu karangnya adalah area-area dangkal. 

Saat penginderaan jarak jauh, pastikan cahaya matahari dalaam keadaan penuh. Keberadaan cahaya matahari menjadi penting. Adapun keberadaan atmosfer dan perairan berpasir dapat dikoreksi dengan mengenakan teknologi penginderaan jarak jauh yang digunakan, 


*Layanan Studi Banding Studio SMA Pamotan* 

Form Pengajuan Studi Banding Studio SMA Pamotan 

https://forms.gle/4oSbXAeFgoE4x1vg6

Form Respin Studi Banding Studio SMA Pamotan 

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1qgGUp_UY0Asf4SAIvjGoA7UnzumWPORiF9lGxcbOIKk/edit?usp=sharing