-->

Sepasang Siswa Sedang Kampanye Pangan Alternatif


Tampak artis pangan sedang berpose dengan jagung dalam kampanye pangan alternatif di sekitar tembok sekolah (Fotografer: Tristania Silvica, 2022)

www.smapamotan.com - Kampanye Pangan Alternatif, Pangan merupakan sumber daya yang diperebutkan oleh semua kelompok. Mereka saling berebut dalam rangka menjaga kelangsungan hidupnya. Ada yang berperan ingin menguasai bibit, kompetisi budidaya pangan unggulan, penguasaan lahan, pemain tunggal pupuk dan obat-obatan, investasi peralatan olah lahan, monopoli jalur distribusi pangan,  tebas sebelum usia panen, modernisasi pengolahan pasca panen, monopoli harga panen, produksi olah pangan, hingga keragaman dalam membuat produk pangan dengan kemasan dan periklanan yang menarik. Semua itu merupakan ekspresi dalam perebutan sumber daya pangan. 

Pangan dari dulu hingga sekarang masih menjadi barang yang menarik untuk diperebutkan. Pangan tidak hanya urusan bagaimana menanam dan menikmati hasil panen saja. Pangan telah menjadi objek yang mampu menggerakkan struktur sosial yang melampaui batas ruang. 

Dengan isu pangan, banyak kelompok masyarakat bangsa berlomba-lomba mendirikan pusat penelitian atau semacam perguruan tinggi dalam penyilangan bibit unggulan. Dengan isu pangan pula, banyak kelompok masyarakat bangsa yang berlomba-lomba dalam meneliti kandungan gizi dan antioksidannya. Isu pangan juga melesat jauh menjadi tren dan gaya keseharian yang diekspresikan dalam bentuk kuliner khas dan gaya dalam menikmati makanan. Bahkan isu pangan juga memberi sinyal dalam mengukur kekuatan suatu kelompok bangsa dari kemandirian dan kedaulatan pangannya. Mereka yang tidak memiliki stok pangan, cenderung ketir-ketir dan merasa terancam dalam menjaga stabilitas sosial, ekonomi, dan politik dalam menjaga kelestarian kuasanya. 

Karena diperebutkan itulah, pangan telah memancarkan fungsi kesejahteraan yang luar biasa. Lihat saja produk pangan yang ada di pasaran, sebut saja padi. Padi merupakan bahan pangan yang memiliki kelompok pengikut luas. Mulai dari kelompok budidaya, pedagang dan distributor pupuk, penebas, penggiling gabah, penjual beras, penjual tepung, dan penjual aneka jajanan dan makanan dari tepung padi. Diakui atau tidak, semua kelompok tersebut mendapatkan kesejahteraan dari produk pangan. Padi juga telah memberi ruang lapangan pekerjaan dan kreativitas dalam mendorong terbentuknya tatanan sosial  yang harmoni. 

Berangkat dari daya tarik pangan yang melampaui batas itulah, sudah saatnya generasi muda dari setiap kelompok bangsa dimatangkan akan pengetahuan pangan. Satu yang hal yang perlu dikenalkan adalah mengenalkan pangan alternatif untuk dikembangkan dan dilakukan inovasi dalam menjaga stabilitas pangan dimasa mendatang, misal dengan terampil dalam kampanye pangan alternatif yang tersedia di sekitar tempat tinggal. 
Tampak siswa sedang berpose dengan jagung dalam kampanye pangan alternatif di ruang kelas sebuah sekolah (Fotografer: Tristania Silvica, 2022)

Teknik Menyusun Tulisan Kampanye Pangan Alternatif

Pada umumnya tulisan kampanye pangan memuat tentang deksripsi pangan alternatif, jenis pangan alternatif, foto pangan alaternatif, dan foto artis pangan alternatif. Berikut ini merupakan gambaran singkat dalam mengerjakan produk kampanye pangan alternatif dalam bentuk berkas digital.  

Foto Pangan Alternatif

Foto pangan  alternatif merupakan karya seni foto dengan objek pangan. Dalam produksi foto pangan alternatif, dapat dilakukan dengan  menggunakan camera smartphone dan camera DSLR. Foto yang memuat gambar pangan dapat dalam bentuk objek jagung, ketela, padi, ubi, dan lain-lain. 
 
Teknik Foto Pangan Alternatif 

Teknik foto pangan alternatif merupakan sudut pandang keilmuan yang digunakan untuk membantu memproduksi gambar pangan alternatif. Adapun disiplin ilmu yang digunakan adalah fotografi, yaitu teknik melukis di atas cahaya. Teknik sain ini juga kerap disebut mendokumentasikan objek dengan bantuan alat foto berteknologi tinggi. Dalam dunia dokumentasi, hal yang perlu diperhatikan diantaranya; alat potret, cahaya, objek foto, dan pemotret. Teknik sederhana dalam memotret pangan diantaranya; memanfaatkan cahaya  yang baik yaitu menggunakan camera, dan fokuskan memotret pangan alternatif. Semakin canggih teknik foto yang diterapkan, maka semakin bagus hasill foto pangan alternatif yang dihasilkan. 

Edit Foto Pangan Alternatif 

Dalam dunia edit foto pangan alternatif, kita dapat memanfaatkan atau menggunakan berbagai aplikasi foto yang tersedia di playstore smartphone kita. Beberapa aplikasi yang tersedia di playstore seperti PicsArt, Adobe Lightroom, Snapseedd, Canva, dan lain-lain. 
Keterangan: Aplikasi Canva hasil tangkapan layar Enggar Budi Prasetyo, tahun 2022

Foto Artis Tematik Kampanye Pangan Alternatif 
 
Foto artis tematik kampanye pangan alternatif merupakan keterlibatan seseorang (tokoh publik) dalam mengabarkan pangan alternatif dalam bentuk foto. Siapapun dapat memerankan diri menjadi orang yang mengabarkan pangan alternatif. Terlebih foto yang ditampilkan memiliki pesan gerakan menanam, membeli, dan mengkonsumsi pangan alternatif. Melalui foto artis tematik kampanye pangan alternatif ini, masyarakat dapat tergerak mendekatkan kesehariannya dengan pangan alternatif.  

Ide Kreatif: Soepartono
Penulis: Admin
Penyelaras: Mulyadi 
Fotografer: Tristania Silvika 
Berkas tangkapan layar: Enggar Budi Prasetyo