-->

Pedoman Pertanyaan tentang Asal Usul Keluarga yang Mendiami Desa

1.       Lakukan kunjungan ke rumah tokoh desa/ sesepuh desa! Lakukan wawacara!

2.       Tanyakan dan mintalah cerita tentang asal usul terbentuknya masyarakat desa kalian! Tanyakan siapa/ keluarga siapa yang pertama kali tinggal di desa ini!

3.       Tanyakan dan mintalah cerita, dari keluarga pertama tersebut, menurunkan berapa keluarga lagi!

4.       Tanyakan dan mintalah cerita, dari penduduk yang ada di desa, ada berapa keluarga besar yang mendominasi menjadi penduduk desa kalian!  

5.       Tanyakan dan mintalah cerita, apakah sejak dulu hingga sekarang, yang menjadi kepala desa atau lurah memiliki ikatan keluarga besar yang ada di desa kalian!

6.       Tanyakan dan mintalah cerita pula, apakah sejak dulu hingga sekarang, yang menjadi perangkat desa memiliki ikatan dengan keluarga besar yang ada di desa kalian!

7.       Mintalah cerita apakah selama ini pernah terjadi konflik antar keluarga besar? Apa yang diperebutkan? Bagaimana proses perebutannya? Siapa yang menang dan sipa yang kalah? Apa dampak dari konflik antar dua keluarga besar?

8.       Tanyakan dan mintalah cerita, apakah yang memiliki tanah luas di desa kalian memiliki hubungan dengan ikatan keluarga besar yang ada di desa kalian!

9.       Selain berasal dari keluarga desa, penduduk desa biasanya juga berasal dari pendatang. Tanyakan dan mintalah cerita tentang orang luar dari mana saja tinggal dan menikah dan membangun keluarga di desa kalian?

10.   Tanyakan, hingga sekarang, keluarga siapa yang kerabatnya paling banyak di desa kalian!

11.   Dll