-->

Penerimaan Tamu Ambalan Bimasena dan Arimbi

Suasana pendirian tenda dalam kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Bimasena dan Arimbi (Fotografer: Zabraja, 2022)

www.smapamotan.com- Penerimaan Tamu Ambalan,  adalah kegiatan adat Ambalan Bimasena dan Arimbi Gudep 077/078 SMA Negeri 1 Pamotan dalam rangka penerimaan tamu Pramuka Penggalang akan menuju Pramuka Penegak. Kegiatan dilangsungkan selama tiga hari (12-14/08) di Lapangan SMA Negeri 1 Pamotan. Dalam Penerimaan Tamu Ambalan tersebut dibuka langsung oleh Kamabigus Kak Soepartono, M.Pd. 

Kamabigus atau Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan, Kak Soepartono, M.Pd saat menyematkan tanda peserta Penerimaan Tamu Ambalan (Fotografer: Zabraja, 2022)

"Karena adik-adik kelas X itu kan dari Penggalang yang akan menuju golongan Penegak, menurut adat ambalan Bimasena dan Arimbi itu sebagai tamu, maka kita hormati dengan upacara dan kita suguhi dengan materi-materi kepenegakan," ujar Didik Pudianto Ketua Gudep 077 SMA Negeri 1 Pamotan. 

Sejumlah 288 Calon Penegak sebagai Tamu Ambalan yang berasal dari seluruh siswa kelas X. Kegiatan penyambutan dengan menggelar Upacara Tamu Ambalan dan kegiatan renungan.  

"Adik-adik kelas X siap menjadi anggota Gudep SMA Negeri 1 Pamotan 077/078, menjadi lebih siap menjadi Anggota Gudep, dan mempunyai kecakapan intelektual dan keterampilan di bidang kepramukaan," harap Ketua GUdep 077 kepada Tamu Ambalan usai upacara.  Pramuka ke depan harus dapat mengikuti perkembangan jaman dan kedepan jamannya teknologi, ya mengikuti teknologi, tetapi harus tetap menjiwa karakter Pancasila," harap Didik Pudianto. 
Tampak hadir tamu undangan beserta Andalan Ranting Kecamatan Pamotan dalam kegiatan Renungan Ulang Janji di SMA Negeri 1 Pamotan  (Fotografer: Zabraja, 2022)

Dalam kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan Bimasena dan Arimbi juga digelar Kegiatan Ulang Janji. Kegiatan Ulang Janji dipimpin langsung oleh Kamabiran Pamotan, Kak Sarmadi, S.Pd., M.Si selaku Pembina Upacara. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kapolsek Pamotan dan Danramil Pamotan selaku Anggota Mabiran, serta segenap Andalan Kwaran Pamotan. Kegiatan Ulang Janji merupakan kegiatan renungan tentang apa yang sudah kita lakukan dan apa yang sudah kita berikan untuk Nusa dan Bangsa. 


Penulis: Tim Jurnalis Bimasena dan Arimbi
Editor: Humas SMA Negeri 1 Pamotan 
Fotografer: Zabraja (Siswa Kelas XI MIPA 2)
Penyelaras: Mulyadi Sukoco