-->

RANCANGAN PEMBELAJARAN LEARNINGTOUR PENELITIAN PERUBAHAN SOSIAL

www.smapamotan.com - Learningtour Penelitian Perubahan Sosial, merupakan rancangan pembelajaran materi penelitian perubahan sosial yang dikemas dengan model kunjungan ke masyarakat yang terdapat potensi wisatanya. Rancangan pembelajaran yang dimaksud adalah menitikberatkan pada skenario pembelajaran yang dapat memfasilitasi para siswa untuk melakukan kegiatan penelitian sosial. Dalam tulisan ini, diharapkan menjadi bahan literasi digital yang dapat mendorong dan mengantarkan proses belajar siswa untuk mencapai indikator pencapaian kompetensi, yaitu; (1) mengidentifikasi perubahan sosial, (2) mengumpulkan data tentang bagaimana proses terjadinya perubahan sosial, (3) menganalisis dampak perubahan sosial, dan (4) menyaji dan mengkomunikasikan secara apik tentang sebuah perubahan sosial yang terjadi di masyarakat. 

Rancangan pembelajaran learningtour penelitian perubahan sosial ini terbagi dalam tiga tahap, yaitu pra learningtour, pelaksanaan learningtour, dan tindalanjut learningtour. 

PRA LEARNINGTOUR

Pralearningtour merupakan rangkaian kegiatan penelitian perubahan sosial yang difokuskan untuk memahami materi perubahan sosial. Adapun kegiatan pembelajaran yang dilakukan diantaranya; menyusun kontrak belajar bersama, mengundang aktor sosial dalam podcast, literasi digital perubahan sosial, penyusunan instrumen penelitian sosial, dan pembelakalan etika penelitian sosial.  

Menyusun kontrak belajar bersama 

Kontak belajar merupakan kesepakatan bersama terhadap rencana pembelajaran penelitian perubahan sosial.  Kontrak belajar biasanya berisikan kaidah-kaidah tentang bagaimana proses pembelajaran diberlangsungkan. Siapa saja yang mengikuti pembelajaran, kapan dan dimana proses pembelajarannya, bagaimana peran siswa, bagaimana peran guru, bagaimana prosesnya, sumber materi apa yang digunakan, media pembelajaran apa yang dipakai, model penilaian yang digunakan, bagaimana model remidialnya jika belum tuntas, hingga apa saja sanksi yang dikenakan jika terjadi pelanggaran saat proses pembelajaran. Diharapkan melalui kontrak belajar, dapat mendorong terwujudnya pencapaian kompetensi  

Mengundang aktor sosial dalam podcast 

Dalam materi penelitian perubahan sosial, hal yang terpenting adalah mengetahui aktor sosial yang mendorong perubahan sosial itu terjadi. Aktor sosial merupakan anggota masyarakat yang menggerakkan pikiran, sikap, dan keterampilan anggota masyarakat lain dalam mewujudkan tatanan sosial yang diimpikan. Melalui aktor sosial perubahan sosial inilah, informasi sebuah perubahan sosial dapat diketahui. Informasi awal yang dapat digali saat podcast dengan aktor sosial diantaranya; aspek sejarahnya, aspek geografinya, aspek ekonomi, aspek seni dan budayanya, aspek teknologinya, dan aspek-aspek lain yang berhubungan dengan proses terjadinya perubahan sosial suatu masyarakat. Secara teknis, aktor sosial dapat diundang dalam kegiatan podcast atau diskusi. Proses podcast dapat didokumentasikan sedemikian rupa untuk dijadikan sumber belajar dalam bentuk digital.  

Literasi digital perubahan sosial 

Dokumentasi podcast dengan aktor sosial dalam bentuk file digital serta dokumentasi yang relevan (video, foto, dan liputan) dapat digunakan untuk sumber literasi digital para siswa. Secara teknis, para siswa dapat diberikan link dokumentasi digital ke gawai masing-masing, beserta lembar literasi yang dipadukan dengan indikator pencapaian kompetensi. Kegiatan literasi digital sebaiknya dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung. Proses pendampingan literasi digital secara ketat dan berulang-ulang diharapkan dapat menumbuhkembangkan tradisi membaca secara kritis. Proses pendampingan literasi digital ini juga diharapkan dapat membangun etika penggunakaan gawai secara tepat dan mengurangi perilaku menyimpang dalam dunia maya. 

Penyusunan instrumen penelitian perubahan sosial 

Instrumen penelitian perubahan sosial merupakan kegiatan mengidentifikasi hal apa saja yang perlu diamati dan hal apa saja yang perlu ditanyakan terkait dengan proses terjadinya perubahan sosial. Penyusunan instrumen ini melibatkan berkas sumber belajar yang telah diberikan dan diproseskan dalam kegiatan pembelajaran dan kegiatan lieterasi digital di kelas. Secara umum, instrumen penelitian perubahan sosial dapat berisikan tentang pedoman pengamatan dan wawancara yang dapat mengumpulkan data tentang apa saja yang melatarbelakangi perubahan sosial, faktor-faktor yang mendorong perubahan sosial, aktor perubahan sosial, proses terjadinya perubahan sosial, dampak perubahan sosial, masalah perubahan sosial, konflik perubahan sosial, integrasi sosial, hingga jaring pengaman sosinya. Berbagai hal itu dapat diidentifikasi terlebih dahulu agar dalam proses penelitian perubahan sosial mendapatkan data yang lengkap. 


Pembelakalan etika penelitian sosial 



PELAKSANAAN LEARNINGTOUR

Pelaksanaan learningtour merupakan rangkaian kegiatan penelitian perubahan sosial yang difokuskan untuk  mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang bagaimana proses terjadinya perubahan sosial. Adapun kegiatan pemeblajaran yang diakukan diantaranya; melakukan pengamatan perubahan sosial, wawancara perubahan sosial, presentasi data lapangan, dan kunjungan wisata yang diduga mendorong terjadinya perubahan sosial.  

1. Pengamatan dan wawancara perubahan sosial 
2. Sarasehan penelitian perubahan sosial 
3. Wisata edukasi 

TINDAKLNJUT LEARNINGTOUR

Tindaklanjut learningtour merupakan rangkaian kegiatan penelitian perubahan sosial yang difokuskan untuk menyususn laporan dan mempublikasikan hasil penelitian sosial. 

1. Penyusunan laporan penelitian sosial 
2. Publikasi hasil penelitian sosial 
3. Kritik dan saran 

Penulis adalah Suhadi & Indarti PN, guru sosiologi SMA N 1 Pamotan