-->

Tertarik Mengamati Bakul Pentol, Ada Hubungan Apa Siswa Ini dengan Bakul Pentol?


www.smapamotan.com - Namanya Syafa'atul Udzma, siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pamotan berhasil melakukan pengamatan terhadap bakul pentol. Fokus dari pengamatannya adalah mengidentifikasi hubungan sosial utama dan hubungan sosial penyangga yang dilakukan bakul pentol dalam masyarakat dukuh Ropoh desa Pancur kecamatan Pancur. 

Alumni MI al-Hamidiyyah Pancur ini menemukan delapan profesi yang berhubungan langsung dengan bakul pentol. Delapan profesi sosial tersebut diantaranya bakul pasar, bakul sembako, bakul tahu, bakul banyu, bakul pitik, tukang seleb, bakul bumbon, dan bakul sayuran. Siswa yang pernah sekolah di SMP Negeri 1 Pancur ini juga menemukan 64 profesi yang berhubungan secara tidak langsung dengan bakul pentol. 

baca juga artikel Pola Interaksi Bakul Pentol

Tertarik mengamati bakul pentol,  sebenarnya ada hubungan apa siswa ini dengan Bakul Pentol? Syafa'atul Udzma mengaku memilih mengamati bakul pentol karena untuk mengamati pola hubungan sosial bakul pentol cukup mudah.

"Kan kalo bakul pentol itu pasti berinteraksi sama banyak orang, trs kalo bakul pentol pengamatannya mudah soale kan banyak yang berprofesi jd bakul pentol," pengakuan Syafa'atul Udzma. 

Penulis: Admin 
Sumber berkas: Syafaatul Udzma