-->

MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR


Pupuk Organik Cair, Menjelang siang beberapa siswa kelas XI Jurusan IPS menuju pelataran Ruang Pamer. Mereka membawa botol plastik yang berisikan cairan berwarna kuning. Adalah POC atau Pupuk Organik Cair. 

Pupuk cair ini merupakan larutan dari hasil fermentasi bahan-bahan organik yang berasal dari sisa makanan yang kandungan unsur haranya beragam. Setiap siswa diharapkan memiliki keterampilan membuat pupuk cair. Tujuannya supaya siswa dapat memanfaatkan sisa-sisa makanan rumah tangga untuk dibuat menjadi pupuk. 

Berikut adalah cara membuat pupuk organik cair atau POC. 

Pertama, membuat bakteri baik dari jamur nasi basi. Ambillah nasi satu genggam tangan, kemudian simpan ditempat sejuk hingga muncul jamurnya. Biasanya membutuhkan waktu tiga hari. 

Kedua, setelah jamur nasi basi sudah siap, segera siapkan tumbukan kunyit. kedua, kunyit ditumbuk lumat dengan ditambah air satu gelas, dengan saring tumbukan kunyit. 

Ketiga, campur semua bahan yang telah disiapkan. masukana semua bahan pada ember, mulai dari jamur nasi basi, air kelapa, air cucian beras, tetes tebu/gula, garam, moto, dan air kunyit. Setelah itu, udek bahan yang sudah ada diember selama tiga menit. 

Keempat, masukan bahan yang tercampur didalam botol aqua. tutup rapat selama satu minggu agar terjadi proses fermentasi. Segera taruh botol ditempat yang sejuk. Jangan lupa setiap sore  hari, tutup botol dibuka untuk kekeluarkan gasnya selama 10 detik. 

Kelima, jangan lupa selalu membuka tutup botol agar tidak terjadi ledakan. Jika kalian ragu terjadi ledakan, kalian dapat membuka sedikit tutup botol agar gas fermentasi dapat keluar setiap saat. 

Keenam, cium bau botol setelah satu minggu. Jika bau botol beraroma tape ketan( terasa seger), maka proses fermentasi berhasil. jika tidak ada tanda tanda yang demikian, maka proses fermentasi dimungkinkan gagal. Jika terjadi demikian, maka perlu dilakakukan proses pengulangan  dari awal. 

Ketujuh, setelah satu minggu fermentasi dan  aroma khas tape ketan, maka cairan dibotol siap digunakan untuk pupuk organik cair. Bawa botol yang berisikan pupuk organik cair ke sekolahan untuk kalian gunakan memupuk tanaman dalam polybag. 

Penulis adalah Mulyadi, Jurnalis muda smapa.com