-->

SCRIPT PODCAST PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PUNJULHARJO (PANTAI KARANGJAHE)


SCRIPT PODCAST PERUBAHAN SOSIAL
. Assalamualaikum wr.wb. Selamat pagi pemirsa. Salam sejahtera  untuk kita semua. Salam merdeka belajar.

Alhamdulillahirobbil'alami. Pada hari rabu 07 September 2022 pukul 09.00 pagi, tepatnya berada di studioSMA NEGERI 1 PAMOTAN, kami studio SMAPA kedatangan tamu special dari Desa Punjulharjo Rembang. Dalam bayangan kami, mendengar kata punjulharjo atau karang  jahe  langsung bertuju pada wisata pantai karang jahe. Sebuah suguhan menarik sambil melihat ombak  dan bermain pasir serta tempat untuk santai dan juga bisa bermain ATV,  juga ada banyak permainan di wisata tersebut.

Pagi ini narasumber yang kita undang sudah datang, beliau adalah Mas Ali Mustofa, sosok perintis Desa Wisata Pantai Karangjahe, Rembang.  

Selamat pagi mas Ali Mustofa? ( narasumber mengangguk dan tersenyum )

Boleh memperkenalkan diri mas, katanya sekarang sudah jadi perangkat desa ya? ( narasumber memperkenalkan diri dan ekspresi terbuka  dan tersenyum )

Ok  mas.  Boleh cerita mas tentang asal usul pantai karang jahe? Kok bisa seramai itu sampai-sampai kaluar dari jalan raya parkirnya sampai di pantura, cerita awalnya gimana mas?  (presenter sembari menghadap ke narasumber sambil mempersilahkan) (narasumber menjawab) 

Perihal nama karangjahe sendiri mas, apakah karena ada kebun jahenya atau karena ada ekossitem karang yang tumbuh jahenya atau gimana mas?  (narasumber menjawab) 

Kalo boleh tahu, untuk awal meyakinkan masyarakat kan tidak mudah mas. Gimana caranya? (narasumber menjawab)

Apakah ada pihak yang tidak setuju dalam menciptakan wisata karangnjahe mas? (narasumber menjawab, lalu presenter bertanya lagi  kalau ada apa alasanya, narasumber menjawab lagi tentang alasan tersebut)

Mas Ali tadi malem saya coba buka-buka mas Ali di Youtube, ternyata mas Ali pernah mengikuti lomba Wana Lestari Penyuluh Kehutanan Masyarakat, dimana mas Ali menghijaukan pantai yang gersang. Itu ceritanya gimana mas kok bisa ikut lomba? (narasumber menjawab) 

Wow luar biasa. Pasti bangga dong masyarakat karangjahe memiliki pemuda seperti mas Ali. Menjadi pelopor wisata pantai Karangjahe. Mas Ali klo boleh tahu, apa sih pandangan mas ali terhadap perubahan social itu sendiri? Apakah perubahan itu sebuah keniscahyaan atau kemustahilan? (narasumber menjawab) 

Mas ali, klo boleh tahu, siapa sih tokoh nasional yang menjadi inspirasi mas? Atau malah karena pola asuh orang tua yang membuat mas Ali hebat seperti ini? (narasumber menjawab) 

Sebelum cerita apa saja yang berubah setelah ada wisata pantai karangjahe. Mas Ali pemuda sekeren ini pernah punya pacar berapa mas? (narasumber menjawab) 

Untuk meyakinkan pacar mas Ali kemudian menikah, apakah modal mas Ali saat itu? Apakah karena janji cinta suci sehidup semati atau karena pertolongan dukun mas? (narasumber menjawab) 

Ok mas Ali, kita Kembali ke jalan yang benar. Mas Ali, apa yang berubah pertama kali Ketika wisata karang jahe di buka untuk umum? (narasumber menjawab) 

JIKA belum detail, TANYAKAN INI untuk pendalaman

Apa yang berubah???

[Apakah carapandang masyarakat terhadap pantai berubah?]

[Apakah keseharian masyarakat berubah]

[Apakah sistem mata pencaharian/ lapangan pekerjaan masyarakat juga berubah?]

[Apakah pendapatan masyarakat kemudian berubah?] 

[Apakah orientasi Pendidikan masyarakat berubah?]

Ini terkait edukasi kepada warga masyarakat yang memiliki potensi wisata ya mas Ali. Menurut mas Ali, langkah apa yang perlu dilakukan agar sebuah desa memiliki potensi wisata yang ramai seperti di Karangjahe? Ayo mas buka rahasianya dong? Hehehe (narasumber menjawab) 

Mas ali, untuk mengelola desa wisata kan tidak mudah. Dari pengalaman mas ali, gimana cara mengatur masyaratkat agar tidak terjadi konflik, dan masyarakat tetap mendapatkan keuntungan dari keberadaan wista karangjahe? (narasumber menjawab) 

Jika suatu ketika terdapat perebutan antar warga, gimana solusinya mas?  (narasumber menjawab) 

Hal yang tidak kalah penting ketika sebuah desa menjadi desa wisata adalah perihal bagi hasil dengan desa. Untuk wisata karangjahe berapa juta mas menyumbang pendapatan asli desanya? (narasumber menjawab) 

Hal menarik yang ingin kami ketahui lagi adalah ketika pada masa pandemi. Kita tahu semua bahwa semua tempat wisata ditutup. Bagaimana keadaan masyarakat karangjahe saat itu mas? (narasumber menjawab) 

Mas Ali, mempertahankan kebaikan jauh lebih susah. Maksudnya mempertahankan wisata karangjahe bermanfaat untuk perubahan masyarakat tentu juga susah. Menurut mas Ali, apa yang perlu diperhatikan dalam menyikapi perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik? (narasumber menjawab) 

Pertanyaan terakhir, apakah mas Ali yakin bahwa wisata karangjahe masih menjadi potensi desa unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat? (narasumber menjawab) 

Ok, selanjutnya closing statement ya mas. Perihal peran anak muda dalam kontribusinya dalam perubahan social desanya. Anak-anak muda harus bagaimana? (narasumber menjawab) 

Ok…. Demikian podcast hari ini semoga bisa bermanfaat bagi pemirsa dan masyarakat sekitar terutama pada siswa siswi  tentang pemajuan wisata karang jahe , sampai ketemu dipodcast berikutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Penulis Script adalah Suhadi, guru sosiologi SMA Negeri 1 Pamotan