-->

Cerita Perjalananku Saat Mengunjungi Gerabah Balongan

Pada hari Rabu, 05 Oktober 2022 kemarin, SMA N 1 PAMOTAN mengadakan acara Learning Tour mata pelajaran sosiologi. Learning tour tersebut mengunjungi salah satu desa di daerah Kragan, yaitu Desa Balong Mulyo. Desa Balong Mulyo adalah desa yang terkenal di kawasan Kragan karena memiliki sejarah dan wisata yang cukup populer. Kegiatan Learning Tour ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran siswa dan untuk meningkatkan pengetahuan praktis siswa maupun siswi. Kegiatan Learning Tour ini kita akan melakukan wawancara atau interview mengenai pembuatan Gerabah Balongan.

Siswa maupun siswi SMA N 1 PAMOTAN berkumpul di sekolah pada pukul 07.00 WIB. Disana kita semua langsung disuruh berkumpul dan berbaris dengan rapi guna mengecek kelengkapan anggota dan absensi perkelompok dan per kelas. Setelah kegiatan tersebut lalu kita berdoa, yang mana kegiatan berdoa sebelum berangkat menuju lokasi.

Setelah kegiatan berkumpul, kami lalu mulai memasuki bus yang sudah disiapkan. Setiap kelas masing-masing mendapatkan jatah dua bus. Setelah semua sudah memasuki bus masing-masing, lalu kami memulai perjalanan menuju lokasi yaitu Desa Balong Mulyo. Selama perjalanan diisi dengan obrolan dan candaan teman teman didalam bus. Ini merupakan pengalaman yang menyenangkan.

Setelah perjalanan selama sekitar 30 menit, kami akhirnya sampai pada tujuan dengan selamat. Setelah semua telah turun dari bus, kami lalu berkumpul diantara pemukiman warga untuk menuju rumah warga yang akan diwawancarai. Cuaca hari itu sangat bagus, tidak mendung namun juga tidak sangat panas.

Disana kami diarahkan oleh Bapak Ali Nashihin dan seorang wanita muda yang bertugas menunjukkan arah rumah warga yang akan dikunjungi untuk wawancara. Kelompok kami mendapatkan nomor urut kelompok 7 dengan mengunjungi rumah Ibu Sumiah. Kami memasuki samping rumah Ibu Sumiah yang digunakan untuk membuat gerabah.

Setelah acara wawancara kami semua menuju lokasi Pantai Balongan dengan menaiki transportasi bus. Satu persatu bus sudah sampai dan teman teman semua turun dari bus. Saat pertama kali turun kami langsung disapa oleh hamparan pasir dan udara yang sejuk, pohon-pohon banyak berjejeran dengan tinggi menambah suasana makin nyaman. Bunyi deburan ombak menjadi suara favorit saat mengunjungi pantai. Kami langsung diarahkan oleh Bapak Suhadi untuk menuju aula utama Pantai Balongan guna acara sarasehan bersama Bapak Ali Nashihin.

Bapak Ali mulai menjelaskan satu persatu mengenai gerabah, Desa Balung Mulyo dan mengenai Pantai Balongan ini. Setelah sesi pembicaraan, Bapak Ali mengajak para siswa untuk melakukan sesi tanya jawab, beberapa pertanyaan yang dilontarkan para siswa mulai dijawab Bapak Ali dengan jelas dan terperinci. Yang menanyakan pertanyaan juga mendapatkan hadiah berupa rujak, sangat menyenangkan bukan? kami semua menikmati learning tour kali ini.

Sesudah acara sarasehan yaitu makan siang bersama dan akan dilanjutkan oleh bersantai santai dipantai. Makan bersama mulai dinikmati oleh siswa dan para guru, mereka makan di gazebo, dan kursi depan warung. Mereka semua makan bersama orang orang terdekat dan saling canda tawa. Seusai makan para siswa dibebaskan untuk bermain disekitar pantai. Wahh semua siswa terlihat sangat bahagia dengan kegiatan learning tour kali ini. Waktu demi waktu berlalu hingga menunjukkan pukul 14.00 WIB, sehingga kami harus kembali pulang ke sekolahan.

Siswa mulai memasuki bus yang sebelumnya ditumpangi sesuai dengan nomor urut bus berdasarkan kelas.

Sesudah mengecek kelengkapan anggota kami langsung jalan pulang, dijalan juga diisi dengan canda dan tawa dari teman-teman, sangat menyenangkan. Tak terasa kemudian kami sampai di sekolah dan turun dari bus. Sesudah turun kami semua langsung pulang ke rumah masing-masing karena merasa lelah dan letih. Namun, itu semua menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Itu adalah rangkaian kegiatan selama learning tour kali ini. Semoga kedepannya kami bisa melaksanakan pembelajaran learning tour lagi ke tempat yang asik dan menyenangkan. Kami merasa bangga dengan SMA N 1 PAMOTAN yang sudah melaksanakan pembelajaran learning tour yang sangat bagus sekali.

Disusun oleh Diana Kiki Rismawati, Diyah Evita Sari, Lilis Ikroatus Saadah, M. Rizky, Rahmadhana Y.A, Nila Nihayatul Husna, Nofita Sari, Qoimatus Sa'diyah, Riananta Lintang Mubarok, Safinatun Najah, Syafa'atul Udzma, Wahyu Diana M.T, dan Yosefa Hera Iswandari.