-->

Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 10 adalah Kewirausahaan Olahan Makanan Rempah


Tema proyek penguatan profil pelajar Pancasila kelas 10 adalah kewirausahaan olahan makanan rempah. Dilakukan adalah pembekalan tentang pembentukan karakter profil Pelajar Pancasila dilanjutkan dengan pembentukan kelompok tiap siswa terdiri dari 2 sampai 4 siswa. Kelompok menentukan tema olahan makanan yang akan dibuat. Ide produk dan alasan pemilihan produk tersebut. Pembuatan proposal dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Proposal berisi perencanaan usaha olah makanan, analisa pasar, proses produksi, perencanaan perhitungan break even point, penjualan. Pada tahap pembuatan proposal kelompok mempresentasikan kepada fasilitator jika dimungkinkan ada perbaikan maka proposal untuk dibenahi oleh anggota kelompok tersebut.


Sebelum membuat produk yang akan dijual tiap kelompok membuat prototype produk untuk dilakukan evaluasi penyajian produk dan kemasan. Pendamping dan fasilitator akan memberikan refleksi dan umpan balik dari prototype produk olahan makanan rempah, kualitas produknya, sampai pada tahap quality control produk yang bisa diterima oleh pasar. Untuk target pasar kelompok juga membuat tagline dan flayer yang akan digunakan dalam kemasan dan pembuatan strategi media sosial untuk pemasaran online nya.

Penulis: Moch Nurrohman (Guru PKWU SMA N 1 Pamotan)
Penyelaras & Fotografer: Mulyadi (Crew Jurnalistik SMA N 1 Pamotan)