-->

Literasi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial - Seri Literasi Digital

www.smapamotan.com - Literasi Digital Konflik Sosial, Ralph Dahrendorf: Teori Konflik: Otoritas dan Perubahan Struktur.

Ralph Dahrendorf: Teori Konflik: Otoritas dan Perubahan Struktur

Menurut Ralph Dahrendorf, perubahan sosial tidak melulu karena kapital, tetapi karena otoritas. Berikut ini merupakan video yang menguraikan gagasan Teori Konflik Otoritas dan Perubahan Struktur oleh Dr. Dede Syarif. 

Teori Dahrendorf ini menarik untuk digunakan menganalisis keadaan struktur pemerintah saat ini. Berpuluh-puluh tahun umur pemerintahan, dan berpuluh kali ganti presiden. Jika menggunakan teori konflik dan perubahan struktur milik Dahrendorf, harusnya sudah banyak terjadi perubahan. Namun tampaknya, baru kali ini pemerintah menggunakan otoritasnya untuk melakukan perubahan. Mungkin saja, fungsi otoritas gaya Dahrendorf dibajak oleh sebuah otoritas yang berkuasa. Atau malah mungkin, waktu berpuluh-puluh tahun itu tidak memahami fungsinya. Saat berkuasa, otoritas benar-benar tidak memiliki kesadaran objektif dan kesadaran subjektif dalam melakukan perubahan. 

Rayuan maut Dahrendorf ini cocok dinegoisasikan kepada para pejabat pemerintah dan wakil rakyat. Dengan pilar demokrasi dimana partai politik menjadi pintu masuk dalam kuasa, mereka dapat menggunakan otoritas menjadi pemajuan perubahan. 

Terimakasih