-->

Profil SMA Negeri 1 Pamotan

Profil SMA Negeri 1 Pamotan

SMA negeri 1 Pamotan merupakan sekolah berlokasi di jalan .Raya Lasem Km 01 Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang . Pada periode pertama SMA Negeri 1 pamotan dipimpin oleh Bapak Drs. Sunarno (1992-1997) selaku kepala sekolah. Periode kedua Dra. Feronica Suharni (1997-1999), berikutnya Drs. Ach Mualif (1999-2002), dilanjutkan Dra. Pusmi Indiati (2002-2017), dilanjutkan Bapak Sukarno, M. Fis (2017-2019) , dilanjutkan Bapak Fatkhur Rozi, S. Pd, M. Kom (2019-2022), dan sekarang (tahun 2022) dijabat Bapak Soepartono,M.Pd. 

Tenaga Pendidik di SMA negeri 1 Pamotan semuanya telah berijazah S1,  dan  terdapat lima tenaga pendidik yang berijazah S-2.  Secara umum pengajarnya telah memiliki sertifikat profesi pendidik. Dari segi sarana dan prasarana mempunyai 24 ruang kelas yang sudah dilengakapi dengan AC dan LCD untuk mendukung kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik. SMA Negeri 1 Pamotan juga sudah dilengkapi dengan fasilitas Laboratorium Biologi, Laboratorium Kimia dan Laboratorium Fisika untuk praktek pembelajaran IPA. Sedangkan untuk mengembangkan kemampuan di bidang komunikasi dan produk pembelajaran sudah tersedia Laboratorium TIK,  Laboratorium Batik yang dilengkapi dengan jaringan internet. 

Dalam rangka mendorong tumbuh-kembangnya produk dan karya siswa, SMA Negeri 1 Pamotan juga telah menyediakan fasilitas penunjang yaitu Ruang Multimedia, Ruang Pamer, dan Kebun Obat dan Tanaman Pangan . Tetapi sebagai tantangannya intake peserta didik masih dibawah rata-rata. Kondisi intake peserta didik adalah tantangan dalam layanan pendidikan. Secara umum. gambaran mengenai sekolah dapat dilihat dari tabel-tabel di bawah ini.

Data Siswa SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023

Kelas

Jumlah kelas

Jumlah siswa

Kurikulum

X

8

288

Kurikulum Merdeka

XI IPA

3

107

Kurikulum 2013

XI IPS

5

178

Kurikulum 2013

XII IPA

3

104

Kurikulum 2013

XII IPS

5

174

Kurikulum 2013

Jumlah siswa keseluruhan

24

852

 

  

Data Guru SMA Negeri 1 PamotanTahun Pelajaran 2022/2023

Jenis

Jumlah Guru

Sertifikasi

Guru PNS

34

33

Guru P3K

7

2

Guru GTT

6

-

Guru tanpa SK

1

 

Jumlah guru keseluruhan

48

43

  

Data Tenaga Kependidikan SMA Negeri 1 Pamotan Tahun Pelajaran 2022/2023

Petugas Laboran

1

PTT

Petugas Perpustakaan

1

PTT

Petugas Tata Usaha

7

2 PNS, 5 PTT

Petugas Keamanan

2

2PTT

Penjaga Malam

2

2PTT

Petugas Admin Dapodik

1

1PTT

Petugas Kebersihan

4

2 PTT,2 Outsorsing

Jumlah keseluruhan

18

 

Jika melihat pada karakteristik sosial budaya, sebagian besar siswa SMA Negeri 1 Pamotan berasal dari kalangan sosial ekonomi bawah menengah ke atas yang masih mementingkan identitas dan budaya sebagai bangsa Indonesia. SMA Negeri 1 Pamotan mengintegrasikan pendidikan karakter dan Profil Pelajar Pancasila ke dalam semua aspek kegiatan dan pembelajaran.

SMA Negeri 1 Pamotan mempunyai program kewirausahaan yang dijadikan unggulan khususnya membatik ,jadi mempunyai keunggulan /branding kewirausahaan membatik yang akan dikembangkan menjadi trademark di masyarakat. Anak anak dibekali membatik yang bila nanti lulus maka bisa mengembangkan keahlianya dalam membatik. Kelas X yang akan naik kekels XI harus sudah membatik untuk seragamya di kelas XI.

Untuk sarana dan prasarana secara umum, SMA Negeri 1 Pamotan memiliki fasilitas cukup memadai dalam mendukung proses belajar mengajar. SMA Negeri 1 Pamotan memiliki Tenaga Pendidik sebanyak 48 orang  yang cukup kompeten dalam pembelajaran dan dalam penggunaan teknologi. Untuk jumlah pelajar tahun pelajaran 2022/2023 ada sebanyak 852 orang. Dalam pelaksanaan pembelajaran SMA Negeri 1 Pamotan kelas X menggunakan Kurikulum Merdeka, sedangkan kelas XI dan XII menggunakan kurikulum 2013. Untuk kelas XI dan XII terdapat 2 kelompok minat dalam mata pelajaran peminatan yang disediakan yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Terdapat juga program-program unggulan yang dipergunakan untuk menambah layanan pendidikan kepada siswa.

Profil SMA Negeri 1 Pamotan

Untuk karakteristik Sosial dan Budaya Lingkungan Sekolah adalah mayoritas siswa berlatar belakang dari lingkungan masyarakat pedesaan dari kalangan sosial ekonomi menengah ke bawah yang masih memegang tradisi dan budaya setempat sebagai bangsa Indonesia. Mayoritas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan bertempat tinggal dengan jarak masih terjangkau dengan jarak tempuh kurang lebih 10 menit sampai 60 menit. SMA Negeri 1 Pamotan memiliki dan membiasakan budaya disiplin waktu, tertib ibadah, 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), jum’at bersih, jum’at sehat, doa bersama dan kepedulian sosial pada seluruh warga sekolah. Latar belakang ini mendasari keinginan orangtua untuk menyekolahkan anak mereka di sekolah untuk meningkatkan pendidikan agar lebih baik dari orang tua dengan harapan dapat menjadi bekal hidup mereka.

Dengan melihat latar belakang sosial budaya dan untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi siswa, SMA Negeri 1 Pamotan dilengkapid kemampuan bidang IT serta batik.

Selain latar belakang sosial budaya di atas, SMA Negeri 1 Pamotan mempersiapkan siswa yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri atau swasta, serta menyiapkan siswa untuk siap bekerja bagi yang tidak studi lanjut. Selain bimbingan untuk masuk perguruan tinggi juga menyiapkan.

Sumber: Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan SMA N 1 Pamotan, Tahun Pelajaran 2022/2023