-->

LAPORAN PENELITIAN KONFLIK SOSIAL PENCURIAN MOTOR

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Atas semua kehendaknya, saya berhasil menyelesaikan laporan penelitian dengan tepat waktu yang berjudul "Laporan Penelitian Konflik Sosial Pencurian Motor". 

Penyusunan laporan penelitian ini ditulis berdasarkan wawancara langsung dengan narasumber kami yaitu bapak A.Y. Ghozali, S.H selaku bapak Polisi dari POLSEK Pancur. Isi dari laporan ini yaitu bertuliskan tentang wawancara kami dengan kepolisian POLSEK Pancur. Penulis berharap, pemaparan dalam isi penelitian sederhana ini bisa mempermudah pembaca untuk mengetahui tentang informasi terkait konflik sosial pencurian motor yang sedang terjadi.

Penulis menyadari bahwa hasil penelitian yang dibuat masih jauh dari kata sempurna, dan memiliki kekurangan dari berbagai aspek. Untuk itu, penulis menerima kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan laporan penelitian ini.

1. Latar Belakang

Pada umumnya setiap orang menginginkan tatanan hidup yang makmur dan adil. Dengan terciptanya tatanan masyarakat tersebut akan menjadikan  kehidupan masyarakat yang aman. Maka di dalam tatanan masyarakat harus ada keseimbangan dalam tatanan masyarakat antara lapangan pekerjaan dan aturan yang mengayomi. Sehingga tidak terjadi hal yang menyimpang dalam masyarakat seperti halnya pencurian. Dalam laporan kali ini kami akan membahas mengenai tindak kriminal dalam hal kasus pencurian sepeda motor, dalam hal ini banyak faktor yang melatarbelakangi pencurian, seperti faktor khusus dan faktor teknis.

# Faktor Khusus : 
Faktor khusus yang melatarbelakangi terjadinya pencurian sepeda motor Namun pada faktanya hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang diimpikan karena faktanya kurangnya lapangan pekerjaan dan kurangnya keterampilan masyarakat, membuat terjadinya kesenjangan sosial antar masyarakat sehingga menimbulkan rasa isi antar masyarakat sehingga terjadilah pencurian.

# Faktor Teknis 
Sehingga untuk mewujudkan kehidupan yang aman dan meminimalisir terjadinya kasus pencurian tersebut maka dilakukan penelitian tentang kasus pencurian sepeda motor dengan harapan dapat mengetahui motif, cara serta tujuan dari pencurian tersebut.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian konflik sosial dan integrasi tersebut adalah bagaimana proses pencurian itu terjadi dan alasan atau sebab apa yang mendasari pelaku melakukan pencurian tersebut.

Penulis adalah Diana Kiki Rismawati (7), Diyah Evita Sari (9), Riski Rahmadhana Y.A (18), Putri Nur Diah Ayu (24), Qoimatus Sa'diyah (25), Riananta Lintang Mubarok (26), Safinatun Najah (28), Septian Rizki  Hariyanto (30), Syafa'atul Udzma (31), Teguh (32), Citra Yunita Steviani (35).