-->

PERKEMAHAN PELANTIKAN PRAMUKA PENEGAK BANTARA (P4B)


Pamotan - Pramuka SMA Negeri 1 Pamotan yang tergabung dalam Ambalan Bimasena – Arimbi Gudep 07.077 – 07.078 SMA Negeri 1 Pamotan kembali menciptakan generasi penerus kepramukaan dengan melaksanakan kegiatan Perkemahan Pelantikan Pramuka Penegak Bantara (P4B) selama tiga hari sejak tanggal 16 hingga 18 Juni 2023 

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan Ambalan Bimasena – Arimbi dalam menciptakan generasi baru Kepramukaan yang diikuti oleh 110 peserta Calon Penegak Bantara, 30 Panitia, serta 3 Pembina. Peserta Calon Penegak Bantara dikelompokkan menjadi 11 sangga yang terdiri atas 4 sangga Pa dan 7 sangga Pi. Sebelum dilantik menjadi anggota penegak Bantara, peserta calon Bantara telah melewati berbagai tahapan untuk mengujikan diri sebagai syarat menjadi anggota penegak Bantara, yaitu dengan menyelesaikan Syarat-Syarat Kecakapan Umum (SKU) Pramuka Penegak sehingga berhak menggunakan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara. SKU Penegak Bantara terdiri dari 23 poin yang mengandung 5 (lima) unsur area pengembangan yaitu Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik.

Pelaksanaan P4B ini berlangsung secara hikmat. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari 2 malam ini, dibuka pada 16 Juni 2023 sore yang dihadir Kakak Kamabiran, POLSEK Pamotan, DANRAMIL Pamotan, Kepala UPT Puskesmas Pamotan pada upacara pembukaan. memiliki banyak pembekalan untuk menjadi anggota penegak Bantara dan pada malamnya diisi Ka Kwarran Pamotan dengan materi LDK oleh Kak Sudadi.

Keterangan: Kepala UPT Puskesmas Kecamatan Pamotan tampak sedang memberi materi gaya hidup sehat ala Pramuka di era kekinian [fotografer: Kak Aries Setiawan, 2023]

Pada hari kedua, setelah sholat subuh berjamaah dilanjutakan ngaji bersama dilakukan oleh Kak Nur Khamid. Selanjutnya makan bersama dan senam bersama untuk menambah semangat kakak- kakak memulai kegiatan.

Setelah senam bersama, yaitu dengan materi kepramukaan yang diisi oleh Pak Kapolsek Pamotan, kak Danramen Pamotan dan SBH Pamotan secara bergilir selanjutnya dilanjutkan jelajah siang / uji SKU yang menyusuri area sekitar Pamotan dengan berbagai pos- pos yang ada, yaitu pos pbb, pos sandi, pos menaksir lebar sungai dan tinggi pohon, pos halang rintang, pos pengetahuan umum, dan terakhir pos tali temali. Jelajah siang dilakukan oleh kakak calon penegak bantara dengan penuh semangat.

Malamnya, dilanjutkan Api unggun dan pentas seni oleh kakak- kakak calon penegak bantara. Setelah api unggun dan pensi dilakukan pemantapan.Setiap acara berlangsung secara disiplin dan tertib. Selain itu, kebersamaan selalu diutamakan untuk menciptakan keharmonisan dalam Ambalan

Kegiatan ini bertujuan untuk mensyukuri atas segala ciptaan tuhan, meningkatkan sikap nasionalismedan rasa tanggung jawab, mengembangkan persatuan dan kesatuan di kalangan Pramuka, serta memberi kepada mereka kegiatan yang bersifat kreatif, inovatif dan produktif yang mengarah kepada bentuk kepedulian terhadap sesama dan lingkungan. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi ajang untuk melatih kemandirian dalam menjalankan kehidupan.

Keterangan: Sesi foto bersama usai kegiatan berlangsung, tampak Pramuka Ambalan Bimasena-Arimbi sedang pose foto bersama [fotografer: Kak Aries Setiawan, 2023]

Kegiatan ditutup pada 18 Juni 2023 oleh Kak Aries Setiawan, selaku Pembina Pramuka Ambalan Bimasena-Arimbi. Dalam penutupan ini juga dilantiknya penegak bantara oleh Kepala SMA Negeri 1 Pamotan. Sebagai tanda simbolis, pelantikan dilakukan calon penegak bantara, pengucapan Tri Satya dan pemasangan TKU Bantara.

Jurnalis adalah Aries Setiawan, S.Kom, Pembina Pramuka Ambalan Bimasena-Arimbi